Berita Wisata

G20 Summit jadi pilihan destinasi wisata unggulan di Badung Bali

TEMPO.CO, Jakarta – Bali akan menjadi tuan rumah delegasi dari negara-negara G20 pada KTT atau KTT G20 pada 15-16 November 2022. Kegiatan internasional ini diharapkan dapat mempertemukan 38 pemimpin dunia dan 60 menteri dari negara-negara anggota G20.

Secara keseluruhan, diperkirakan 6.500 peserta dari 20 negara akan menghadiri KTT G20 mendatang. Banyaknya peserta yang hadir tentunya akan meningkatkan jumlah potensi kunjungan wisata ke Bali khususnya Badung yang kebetulan juga memiliki beberapa tempat wisata yang siap menjadi tuan rumah delegasi G20.

Empat pilihan destinasi wisata di Badung

Museum Pacifica Bali, Kuta Selatan

KTT G20 di Bali akan dibarengi dengan pembentukan beberapa acara sampingan yang terbagi dalam 11 kelompok kerja. Satu dari lokasi Digunakan untuk acara sampingan ini adalah Museum Pasifika yang terletak di Kuta Selatan.

Bagi wisatawan yang menyukai fasilitas wisata edukasi, destinasi ini merupakan tempat yang cocok untuk dikunjungi. Dikenal sebagai museum seni terbesar di Asia-Pasifik, Museum Pasifika memamerkan lebih dari 600 karya seni oleh 200 seniman dari 25 negara. Tidak hanya nilai sejarah dan sejarah, di tempat ini pengunjung dapat menambahkan sekilas seni dan budaya melalui artefak budaya Asia Pasifik yang dipamerkan, termasuk keanekaragaman budaya Indonesia.

Garuda Wisnu Kencana, Kuta Selatan

Salah satu tempat wisata paling populer di Bali, Taman Budaya Garuda Wisnu Kencana (GWK) akan menjadi salah satu tempat makan malam delegasi KTT G20. Tempat wisata yang menaungi patung seniman I Nyoman Nuarta ini akan dikunjungi selama kegiatan berlangsung dari tanggal 15 hingga 16 November.

Mengutip situs resmi Taman Budaya Garuda Wisnu Kencana, patung GWK menggambarkan Dewa Wisnu menunggangi seekor elang. Dalam mitologi Hindu, Dewa Wisnu dianggap sebagai pelindung alam semesta. Dia ditemani oleh seekor elang yang melambangkan kesetiaan dan pengabdian. Sedangkan Kencana berarti emas dan keduanya dihiasi dengan mahkota mozaik emas.

Patung I Nyoman Nuarta ini dikenal sebagai salah satu patung tertinggi di dunia. Apalagi di sini mereka menyelenggarakan pertunjukan budaya seperti tari Kecak dan tarian tradisional Bali di teater GWK Amphi. Kemudian pengunjung juga bisa mengunjungi Lotus Pond, Indraloka Garden dan Tirtha Agung jika ingin mendapatkan spot foto yang bagus.

Pantai Pandawa, Kuta Selatan

Pantai Pandawa menawarkan pemandangan dengan hamparan pasir putih yang luas. Suasana pantai ini juga sangat khas Bali dengan adanya patung lima ksatria Panca Pandawa sebagai penjaga pantai. Banyak aktivitas yang bisa dilakukan di pantai ini, seperti berselancar, paralayang di Timbis Flying Site, yoga dan wisata alam di Taman Budaya Gunung.

Desa wisata Carang Sari, sore hari

Banyak hal yang bisa dilakukan saat mengunjungi Desa Wisata Carang Sari, seperti trekking, arung jeram di Lembah Sungai Ayung, dan jalan-jalan ke perkebunan cokelat. Desa wisata ini juga terkenal dengan akulturasi budaya Bali dan Cina. Hal ini terlihat dari berbagai atraksi budaya seperti tari topeng tugek carangsari, tari hanoman dan barong landung. Jika ingin sambil belajar sejarah, jangan lupa untuk mengunjungi Tugu I Gusti Ngurah Rai yang juga ada di desa ini.

Selain destinasi wisata tersebut, tentunya masih banyak tempat wisata di Bali yang siap menyambut delegasi KTT G20. Sebagai destinasi wisata global, Pulau Dewata siap menawarkan yang terbaik untuk para tamunya.

NABILA RAMADHANTY PUTRI DARMADI

Baca juga: Saran Kementerian Perhubungan untuk orang-orang yang terbang ke Bali selama KTT G20

Selalu update informasi terbaru. Saksikan berita terbaru dan berita pilihan dari Tempo.co di channel Telegram “Tempo.co Update”. Klik Update Tempo.co untuk mendaftar. Pertama, Anda perlu menginstal aplikasi Telegram.

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button