Berita Wisata

Gerbang Pleret adalah gerbang sejarah Islam oleh Mataram Tourisme

KORANBERNAS.ID, BANTUL — Dinas Pariwisata Kabupaten Bantul menyelenggarakan Lomba Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) tahun 2023.














Ada tujuh nominasi yakni Pokdarwis Pleret Maju, Pokdarwis Sapto Langit, Mangunan, Pokdarwis Gadingasri, Srigading, Pokdarwis Wijirejo, Pokdarwis Pesona Trimurti, Srandakan, Pokdarwis Caturharjo dan Pokdarwis Manding, Sabdodadi.

“Dari verifikasi awal tujuh Pokdarwis secara administratif, tiga Pokdarwis pertama sudah terbentuk, yakni Pokdarwis Pleret Maju, Sapto Langit, dan Gadingasri yang dinilai di lapangan hari ini oleh tim juri,” kata Joko Surono, Penanggung Jawab Pengembangan ekonomi kreatif. dan Bidang Sumber Daya Pariwisata saat penilaian di Gerbang Pleret, Kamis (19/1/2023).







Kegiatan ini mengikuti program dukungan tahunan untuk Bantul, kota kreatif dunia.

Ditunjukkan bahwa ada tiga aspek penting evaluasi, yaitu kelembagaan, program kerja dan kinerja. Nantinya juara 1 akan mendapat Rp 12,5 juta, juara 2 mendapat Rp 10 juta dan juara 3 mendapat Rp 7,5 juta.







Menurut Joko, saat ini terdapat 58 Pokdarwis di Bantul dengan 47 desa wisata yang telah didaftarkan, baik yang masih embrio, berkembang maupun maju.







Lurah Pleret, Taufik Kamal mengatakan, gapura Pleret diresmikan pada September 2022, untuk menumbuhkan semangat menyatukan wisata minat khusus, wisata sejarah dan wisata alam di wilayah ini.

Seperti diketahui, di kawasan kuno Pleret pernah berdiri kerajaan Islam Mataram.

“Jadi Porte de Pleret ini semacam tempat berkumpul. Wisatawan dipersilakan datang ke sini, nanti ada petugas yang menjelaskan dan mengantar wisatawan mau kemana,” katanya.

Gerbang Pleret dilengkapi dengan area parkir, kafe, warung makan dan studio mini yang mewakili proyeksi film atau profil wisata daerah.

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button