Berita Wisata

Gili Iyang, destinasi wisata dengan kualitas oksigen terbaik kedua di dunia

Liputan6.com, Madura – Kabupaten Sumenep di Jawa Timur memiliki pantai dengan kapasitas oksigen terbaik kedua di dunia. Pantai tersebut adalah Gili Iyang, sebuah pulau kecil di antara gugusan pulau di sebelah timur Pulau Madura.

Mengutip laman indonesia.go.id, Gili Iyang merupakan tempat terbaik untuk merasakan segarnya udara di Indonesia. Pasalnya, kadar oksigen di wilayah ini mencapai 20,9%, melebihi wilayah lainnya.

Tak heran jika pulau yang terletak di bagian timur Sumenep ini juga dijuluki Pulau Oksigen. Keputusan menjadikan Gili Iyang sebagai objek wisata dengan kandungan oksigen terbaik kedua di dunia bukan tanpa alasan.

Hal ini bermula dari penelitian yang dilakukan oleh National Institute for Space Research (Lapland) pada tahun 2006 mengenai kualitas udara di pulau tersebut. Lapan mencatat, dari 17 titik yang diuji, kadar oksigen di Gili Iyang adalah 20,9%.

Singkatnya, dalam volume 1 liter udara bebas terkandung 0,209 liter oksigen. Persentase ini dinilai lebih baik dibandingkan kondisi atmosfer di wilayah lain di Indonesia.

Tingkat oksigen yang dapat ditoleransi normal untuk memenuhi kebutuhan pernapasan adalah antara 19,5 dan 22,0%. Kadar oksigen di bawah 19,5% dapat menyebabkan kekurangan oksigen yang disebut hipoksia.

Dari gambar tersebut dapat dikatakan kualitas udara di tempat wisata Madura Gili I yang artinya sangat bersih. Udara bersih Gili Iyang juga didasarkan pada minimalnya kandungan zat pencemar udara seperti karbon monoksida, nitrogen oksida atau sulfur dioksida.

Jakarta dinyatakan sebagai kota paling tercemar di dunia melalui AirVisual, tidak seperti pulau Madura, Gili Iyang.

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button