Berita Wisata

Goa Lagoon yang Eksotis di Waikelo Sawah Pulau Sumba, Berikut Rute Menuju kesana

TEMPO.CO, Jakarta – Liburan dengan mengunjungi Nusa Tenggara Timur (NTT), anda akan menemukan pulau eksotis yang sangat menakjubkan yaitu Pulau Sumba. Tidak hanya menampilkan keindahan pantai, Sumba juga memiliki objek wisata mirip gua bernama Waikelo Sawah. Waikelo Sawah adalah sebuah laguna buatan di dalam gua yang terletak di Kabupaten Sumba Barat Daya, Provinsi Nusa Tenggara Timur.

Sebelumnya Waikelo Sawah merupakan bendungan yang dibangun oleh Camat Lele Umbu Zogara untuk irigasi dan pembangkit listrik pada tahun 1976. Bendungan bening ini memiliki lebar 4 meter dan tinggi sekitar 3 meter. Air yang keluar dari mulut goa terlihat seperti air terjun yang jernih. Aliran air berasal dari mata air murni.

Destinasi wisata favorit

Panorama indah hutan hijau juga bisa dilihat dari bendungan ini. Tak heran, Waikelo Sawah menjadi destinasi wisata favorit untuk dikunjungi saat musim kemarau, yakni Februari hingga Maret. Pengunjung bisa menikmati dinginnya air jernih yang mengalir dari mulut goa. Namun, Anda harus berhati-hati saat berenang di pintu masuk goa, karena arusnya cukup kuat. Debit air mencapai 1.000 liter per detik. Untuk alasan keamanan, pengunjung disarankan untuk menikmati air terjun hanya dari tepi mulut goa.

Suasana Waikelo Sawah juga menyegarkan karena dikelilingi oleh pepohonan yang rimbun dan persawahan penduduk setempat. Apalagi ada jembatan di depan mulut goa yang cocok dijadikan spot foto dengan setting alam yang berbeda. Lokasinya bisa di goa yang eksotis atau di area persawahan yang asri.

Keberangkatan: Sumba NTT Libur, 10 Tempat Wisata Ini Wajib Dikunjungi

Di sekitar Waikelo Sawah juga terdapat kolam ikan air tawar seperti nila, lele dan karpel. Secara spesifik gua ini terletak di Desa Tema Tana, Kecamatan Wewewa Timur, Kabupaten Sumba Barat Daya, Nusa Tenggara Timur.

Jalan Menuju Waikelo Sawah

Rute menuju Goa Waikelo Sawah harus menempuh jarak sekitar 33 kilometer dari pusat kota Tambolaka. Perjalanan menuju lokasi dapat ditempuh dalam waktu kurang lebih 40 menit dengan kendaraan bermotor. Kondisi jalan menuju lokasi juga sudah beraspal, namun beberapa titik di sekitar lokasi masih berupa kerikil.

Tidak ada kendaraan umum menuju lokasi, sehingga pengunjung yang ingin mengunjungi Waikelo Sawah dapat menggunakan jasa ojek dari Tambolaka atau menyewa kendaraan dari kota. Begitu juga dengan fasilitas umum lainnya.

Waikelo Sawah buka 24 jam sehari sepanjang minggu untuk tamasya. Untuk bisa masuk dan menikmati keindahan kawasan Waikelo Sawah, pengunjung tidak diharuskan membeli tiket masuk. Ketentuan berlaku sepanjang minggu, termasuk akhir pekan dan hari libur nasional.

NABILA RAMADHANTY PUTRI DARMADI

Baca juga: Usulan Sumba jadi provinsi jadi destinasi wisata unggulan

Selalu update informasi terbaru. Saksikan berita terbaru dan berita pilihan dari Tempo.co di channel Telegram “Tempo.co Update”. Klik https://t.me/tempodotcoupdate Ikuti. Pertama, Anda perlu menginstal aplikasi Telegram.

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button