Tempat Wisata

Goa Tanding, menyaksikan keindahan alam bumi di Gunung Kidul

Goa Tanding, menyaksikan keindahan alam bumi di Gunung Kidul
Harga tiket: Rp10.000, Jam beroperasi: 06.00 – 16.00 WIB, Alamat: Judul 2, Seropan, Bejiharjo, Kab. Karangmojo, Kab.Gunung Kidul, DI Yogyakarta; Map: Periksa lokasinya

Wisata alam menjelajahi gua bisa menjadi salah satu alternatif liburan yang seru, unik dan nyentrik. Apalagi di Yogyakarta yang terkenal dengan wisata sejarah seperti Candi Prambanan. Gua Tanding merupakan salah satu destinasi alam paling menarik di Jogja.

Wisata gua alam kini semakin luas dan menawarkan banyak wahana seru yang wajib Anda coba. Simak ulasan lengkapnya di bawah ini.

Tiket Arung Jeram Gua Tanding Gunung Kidul Jogja (TC)

Daya tarik Goa Tanding

Daya tarik Gua TandingFoto Goa Tanding di Google Maps

✦ Tur Goa dengan perahu kecil

Pesona wisata gua rupanya menjadi nilai plus di kawasan Gunung Kidul, Yogyakarta. Gua Tanding juga terkenal dengan aktivitas penjelajahan gua yang unik, terutama dengan menggunakan perahu karet. Benar sekali karena perjalanan menjelajahi goa adalah melalui air atau sungai yang ada di dalam goa.

Objek wisata ini unik dan menarik bahkan dinilai fenomenal. Pasalnya, tak kalah indahnya dengan beberapa gua di sekitarnya. Daya tarik menjelajahi gua dengan perahu karet sendiri menjadi nilai plus yang tak tergantikan.

Apalagi mengingat intensitas perjalanan dan keindahan alamnya. Terbatasnya aktivitas dan olah raga di atas perahu karet membuat penjelajahan Gua Tanding semakin menantang. Dan pengalaman mendayung melewati gua bersama tim tidak ada bandingannya di mana pun.

✦ Pemandangan luar biasa ke dalam perut bumi

Siapa bilang gua selalu gelap dan menakutkan? Kesan tersebut akan hilang ketika Anda melewati dan merasakan keseruan jalur gua yang sejuk ini. Gua Tanding lebih besar dari Gua Pindul. Kemudian dihiasi dengan ornamen stalagmit dan stalaktit yang indah.

Keindahan alam tersebut semakin terpancar dari pantulan senter dan lubang atap di permukaan air. Selain itu, gemerlap kristal dari gua yang memiliki ketinggian 4 hingga 11 meter ini menghiasi mata. Belum lagi pergerakan perahu karet melewati gua sempit selebar 4-8 meter, pemandangan semua pengalaman berpadu menciptakan momen tak terlupakan.

Hotel murah di Gunung Kidul

✦ Cerita yang cukup unik

Kisah nama Goa Tanding sendiri cukup unik. Pasalnya, nama ini berasal dari Mbah “Harto Tanding” yang konon merupakan orang pertama yang menemukan jalan menuju gua tersebut. Menurut warga sekitar, gua ini ditemukan saat mereka sedang menggali sumur.

Konon, pintu masuk dan keluar gua ini awalnya harus melalui sumur Mbah Harto. Namun setelah beberapa lama menyadari kalau tampilan gua ini tak kalah indahnya dengan Gua Pindul, akhirnya dilakukan pengeboran lubang tambahan untuk memberikan oksigen dan menambah potensi wisata.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat Gua TandingFoto oleh Bunda Raksya di Google Maps

Lokasi destinasi wisata alam sejuk ini sebenarnya cukup strategis yaitu di dekat Gua Pindul. Lebih spesifiknya di Dusun Gelaran II. Yakni di sebuah desa di Kecamatan Karangmojo, Gunung Kidul, Yogyakarta. Bahkan bisa dibilang Goa Tanding merupakan salah satu kawasan yang paling dikenal wisatawan Jogja.

Untuk jalurnya sendiri, kondisi jalannya bagus. Apalagi mengingat kawasan sekitarnya merupakan kawasan wisata terkenal. Hal ini memudahkan untuk mengakses dan menemukannya, meskipun Anda hanya memiliki peta online.

Jalur yang paling umum sebenarnya lewat jalan Wonosari-Jogja. Anda bisa meluncur melalui jalur provinsi dan menuju Bundaran Siyono melalui Bukit Bintang. Tidak perlu bingung karena nantinya Anda akan menemukan rambu-rambu jalan menuju wisata tersebut.

Cek tiket Gua Pindul Jogja

Biaya masuk dan jam buka

Tiket masuknya sendiri tidak mahal, hanya berkisar Rp 10.000 saja. Namun, lain halnya jika Anda memang tertarik menjelajahi Goa. Berbagai paket tersedia dengan harga yang sesuai dan layanan yang disertakan. Jadi pilih saja sesuai kemampuan dan budget yang tersedia.

Berapa banyak uang yang harus Anda keluarkan? Biaya paket biasanya dimulai dari Rp 150.000 dengan aktivitas utama adalah arung jeram di Goa Tanding. Namun ada juga beberapa paket wisata yang mencakup aktivitas icebreaker dan aktivitas grup dengan harga hingga Rp 1 juta per orang.

Kegiatan yang menarik

Aktivitas seru di Gua TandingFoto Goa Tanding di Google Maps

1. Jelajahi Goa Tanding dengan perahu kecil

Jika Anda mencari aktivitas seru, menjelajahi Goa Tanding bisa menjadi pilihan. Bayangkan berjalan melewati gua yang panjangnya mencapai 460 meter dan penuh air untuk dijelajahi. Lokasinya yang sempit namun dihiasi keindahan alam tetap menjadikan gua ini menarik bagi wisatawan.

Menjelajahi gua keren ini diperkirakan memakan waktu sekitar 1 jam 30 menit. Menariknya, Anda juga akan merasakan pengalaman mendayung perahu di arus yang tenang dan melakukan sedikit arung jeram. Namun Anda tidak perlu khawatir hari menjadi gelap dan tidak bisa mengendalikan perahu.

Pasalnya, Anda akan ditemani pemandu berpengalaman yang siap mengarahkan sampan dan memberikan pendampingan. Pemandu juga membawa senter dan lampu depan yang terang. Jadi jika Anda takut dengan ruangan yang gelap dan sempit, Anda tidak perlu khawatir.

2. Berfoto dengan keindahan alam bumi

Keindahan langit gua yang dihiasi sedimen alami dan kristal yang memantulkan cahaya memberikan kesan yang luar biasa. Hal ini menciptakan kesan langit berbintang. Tak heran jika banyak wisatawan yang singgah untuk mengambil foto dan mengabadikan keindahan alam ciptaan Tuhan.

3. Terapi ikan di kolam alami

Apakah Anda ingin aktivitas yang tenang setelah menjelajahi gua? Tak perlu khawatir, pihak pengelola objek wisata Goa Tanding juga menyediakan wahana terapi ikan. Letaknya di permukaan, sekitar 20 meter dari pintu masuk gua. Kolam ikan yang digunakan masih sangat asli dan airnya jernih.

4. Keluar

Outbound fun building merupakan salah satu kegiatan yang ditawarkan dalam paket wisata. Biasanya, kegiatan ini mengajak rombongan wisatawan untuk bekerja sama dalam permainan dan aktivitas seru. Kegiatan outbound sederhana seperti Jungle Gym dan kegiatan kelompok.

5. Bermain dengan air

Jangan hanya terkesima dengan keindahan alam gua-gua yang tersedia. Dengan persetujuan dan izin rekan Anda, Anda juga diperbolehkan terjun ke air sungai yang ada di dalam gua.

Pada dasarnya air di dalam gua memiliki kedalaman hingga 2 meter dengan arus tenang. Oleh karena itu, cukup aman untuk menjajal dinginnya perairan Sungai Goa Tanding.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Fasilitas Gua TandingFoto oleh Rhomadony di Google Maps

Untuk sebuah wisata yang beresiko dan tidak murah, fasilitas yang ditawarkan pun tidak main-main. Bahkan bisa dibilang kualitasnya profesional. Apa yang akan kamu dapatkan? Setidaknya perangkat keselamatan sudah cukup.

Dalam paket wisata Anda akan mendapatkan semua perlengkapan dasar seperti pakaian atau jaket pelampung. Helm, sepatu bot karet, dan pemandu wisata tersedia. Dalam hal keamanan, Anda juga mendapatkan asuransi keamanan.

Selain itu, ketika membeli paket wisata Gua Tanding, Anda mendapatkan pilihan 1x makan. Jadi cukup lengkap walaupun sederhana. Bagaimana dengan infrastruktur umum? Terdapat toilet, parkir gratis, serta titik awal dan akhir yang menunggu untuk menghibur wisatawan.

Berlibur ke Goa bisa menjadi salah satu aktivitas unik di luar wisata Jogja yang sudah terlalu mainstream. Anda akan disuguhi keindahan alam yang masih alami serta aktivitas seru yang unik dan menantang. Jadi jangan hanya diam di pusat kota saja! Ayo kunjungi Gua Tanding yang keren ini!

Source: www.itrip.id

Related Articles

Back to top button