Tempat Wisata

Gua Garunggang Besar: harga tiket, foto, lokasi, fasilitas dan tempat

Salah satu destinasi wisata di Bogor yang mungkin belum banyak dikunjungi orang adalah Goa Agung Garunggang. Ya, sesuai dengan namanya, pengunjung tempat wisata ini disuguhi pemandangan alam berupa bongkahan batu unik dan tentunya gua tersembunyi.

Namun untuk menuju lokasi cukup sulit. Bagi anda yang ingin berkunjung ke tempat tersebut disarankan untuk menggunakan kendaraan roda dua saja, karena jalan menuju Goa Agung Garunggan hanya bisa dilalui oleh kendaraan roda dua. Jika mengandalkan kendaraan roda empat, Anda harus melanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki dari tempat parkir hingga loket tiket yang menempuh jarak kurang lebih 1,5 kilometer. Kemudian dari ticket point menuju Goa Agung Garunggang sekitar 2 kilometer. Perjalanan sebenarnya cukup melelahkan. Namun jangan khawatir, semua rasa lelah itu akan terbayar dengan pemandangan unik yang ditawarkan Goa Agung Garunggang.

Deretan bebatuan unik tersebut mampu memukau mata dan membawa pengunjung ke kehidupan lampau. Bisa dibilang tempat ini menyerupai candi atau lebih spesifiknya sebuah situs, karena bebatuan di sini disusun sedemikian rupa sehingga memiliki bentuk yang unik. Di lokasi ini juga terdapat Batu Gantung yang menjadi tempat berfoto bagi pengunjung karena keunikan batu tersebut. Terdapat juga kolam renang yang terbentuk secara alami.

Tempat ini cukup unik dan berbeda dengan tempat wisata goa alam pada umumnya. Pasalnya, gua yang ada di lokasi ini tidak terlihat langsung saat Anda memasuki kawasan wisata ini. Pintu masuk gua terbuka secara vertikal pada saat ini. Untuk memasuki gua ini pengunjung harus menggunakan tangga yang disediakan oleh pemilik objek wisata ini. Sebenarnya ada 4 gua di tempat ini namun hanya 1 gua yang bisa dijelajahi itupun harus ditemani oleh pemandu.

Di dalam goa yang cukup sempit dan gelap ini konon terdapat jalur air dan rangkaian goa yang terhubung hingga ke Tasik. Menjelajahi gua ini tidak memakan waktu lama karena terdapat celah sempit di ujung gua yang jarang dijamah atau dijelajahi. Menurut sejarah, situasi di celah ini cukup berbahaya sehingga pengunjung tidak disarankan untuk memasuki celah sempit tersebut. Di kawasan wisata alam ini tidak hanya terdapat bebatuan, goa, dan kolam pemandian alami saja, namun juga beberapa tempat keren dan unik yang wajib anda kunjungi yaitu air terjun mini, labirin mini serta berbagai bentuk bebatuan yang sangat unik yang tentunya dapat mempercantik kawasan tersebut. keindahan destinasi wisata ini.

Bagi Anda yang masih ragu dalam memilih tempat wisata atau ingin mengunjungi tempat wisata yang berbeda dan unik, Goa Agung Garunggang bisa menjadi salah satu tujuan wisata Anda. Dan tentunya bagi anda pecinta alam, mengunjungi tempat wisata ini adalah suatu keharusan.

Lokasi dan akses menuju Goa Agung Garunggang

Tempat wisata unik tersebut salah satunya terletak di Cigobang, Desa Karang Tengah, Kecamatan Babakan Madang, Sentul, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Tempat yang bisa dijadikan patokan untuk menuju kawasan wisata ini adalah Jungle Land dan Leuwi Hejo. Jika sudah sampai di Sentul, ikuti petunjuk menuju hutan belantara lalu petunjuk menuju desa. Di sana Anda akan menemukan spanduk atau papan penunjuk arah menuju Goa Agung.

Jam buka dan tarif masuk Gua Garunggang Besar

Jika anda ingin mengunjungi Pura Gua Agung Garunggang, jam bukanya adalah pukul 08.00 hingga 16.00. Bagi anda yang ingin mengunjungi tempat wisata unik ini tidak dipungut biaya masuk alias gratis. Namun, bagi Anda yang ingin menjelajahi gua tersebut harus menyewa pemandu atau orang yang Anda percaya di lokasi ini. Sekali lagi, tidak ada biaya tetap untuk menggunakan layanan panduan ini, tetapi Anda dapat membayar berapa pun yang Anda inginkan.

Baca juga: Air Terjun Cibaliung, tempat wisata alam dengan paket wisata lengkap

Tips Berwisata ke Gua Garunggang Besar

  • Persiapkan diri Anda secara sehat dan miliki stamina yang cukup untuk menjelajahi tempat wisata ini.
  • Usahakan untuk mencapai tempat ini hanya dengan kendaraan roda dua, karena jalan menuju lokasi gua ini hanya dapat dilalui oleh kendaraan roda dua. Jika mengandalkan kendaraan roda empat, jarak yang harus ditempuh adalah berjalan kaki lebih jauh.
  • Usahakan juga untuk mengunjungi tempat ini pada saat cuaca cerah atau pada musim kemarau karena jika hujan jalan menjadi licin karena masih belum beraspal.
  • Bawalah perbekalan secukupnya dan jangan lupa membawa senter jika ingin menjelajahi gua.
  • Selalu menjaga alam dengan tidak merusaknya dan tidak membuang sampah sembarangan.

Galeri foto Gua Garunggang Besar

Gua Garunggang Besar
Jelajahi Goa
Tempat foto
Berburu foto di bawah batu
Berburu Foto di Goa
Spot foto di atas batu

Source: www.tempatwisata.pro

Related Articles

Back to top button