Berita Wisata

Gua Pundong Jepang, saksi bisu keberadaan tentara Jepang di Indonesia

Liputan6.com, Yogyakarta – Gua Jepang Pundong terletak di dua kabupaten, yaitu Kabupaten Bantul dan Kabupaten Gunungkidul. Gua ini merupakan bagian dari peninggalan sejarah perjuangan bangsa Indonesia.

Mengutip Budaya.kemdikbud.go.id, terdapat 20 gua Jepang di lokasi ini. Dari 20 itu, 16 di antaranya berada di Dusun Ngreco dan Poyahan, Desa Seloharjo, Kecamatan Pundong, Kabupaten Bantul. Sedangkan 4 lainnya berada di Kecamatan Purwosari, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta.

Pada tahun 1942, pasukan Jepang memasuki wilayah Indonesia. Mereka bertujuan untuk membangun hegemoni di kawasan Asia Timur Raya.

Kebijakan pemerintahan Jepang didasarkan pada semboyan 3A, yaitu Jepang adalah pemimpin Asia, Jepang adalah penguasa Asia, dan Jepang adalah cahaya Asia. Masuknya tentara Jepang ke Indonesia diawali dengan pendaratan Jepang di Balikpapan pada tanggal 20 Januari 1942.

Selain itu, Jepang menduduki Pontianak, Martapura, dan Palembang. Sedangkan di Jawa, Jepang pertama kali mendarat di Eretan pada 1 Maret 1942 dan menduduki Yogyakarta pada 5 Maret 1942.

Pada masa pendudukan, tentara Jepang banyak membangun daerah pertahanan, baik di pegunungan (Kaliurang), daerah pesisir (Parangtritis), maupun di daerah lain yang dianggap strategis (lapangan terbang Maguwo dan sekitarnya). Sarana perlindungan dan pertahanan yang dibangun oleh militer Jepang di kawasan pesisir Yogyakarta berupa gua.

Saat ini gua tersebut disebut gua Jepang. Gua Jepang terbuat dari beton bertulang dengan pintu kayu.

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button