Tempat Wisata

Gua Selarong, gua bersejarah dengan panorama air terjun yang menakjubkan di Bantul

Temukan keindahan sejarah dan panorama air terjun yang menakjubkan di Goa Selarong, situs bersejarah yang mencakup Goa Kakung dan Goa Putri di Bantul.

Harga tiket: Rp6.000, Jam beroperasi: 08.00-17.00 WIB, Alamat: Masa Gedug, Kecamatan Guwosari. Iklan, distrik. Bantul, DI Yogyakarta; Map: Periksa lokasinya

Gua Selarong merupakan salah satu tempat wisata di Bantul Yogyakarta yang keberadaannya selalu dikaitkan dengan tempat-tempat bersejarah dan hal-hal mistis. Banyak orang yang memanfaatkan gua ini sebagai tujuan wisata religi. Dahulu, gua ini berfungsi sebagai tempat menyendiri Pangeran Diponegoro.

Kemudian juga dijadikan markas perang gerilya melawan Hindia Belanda. Lokasi ini dipilih karena tempat tinggalnya diserang dan dibakar oleh Hindia Belanda. Pengunjung yang biasa mengunjungi gua ini karena ingin mengenang kisah pertempuran Pangeran Diponegoro.

Dengan begitu, Anda yang berwisata ke Gua Selarong dijamin bisa lebih memahami sejarahnya. Gua ini tidak hanya kaya akan sejarah tetapi juga menawarkan keindahan yang tiada habisnya. Oleh karena itu, tidak heran jika tempat ini menjadi salah satu tempat wisata paling terkenal di Tanah Air.

Daya tarik Gua Selarong

Shutterstock Atraksi Gua SelarongFoto oleh AntxPhotoStock di Shutterstock

Lokasi curam

Kompleks Gua Selarong terletak di kawasan bukit kapur dengan ketinggian sekitar 35 m, lokasi gua ini sendiri cukup terjal sehingga untuk menuju kesana harus menaiki beberapa ratus anak tangga yang jaraknya sekitar 400 m. Selarong ini bisa dibilang sempit karena lebarnya hanya sekitar 3 m.

Sedangkan tingginya sendiri bahkan tidak mencapai 2 m, panjang gua sekitar 3 m, gua yang dijadikan markas Pangeran Diponegoro ini berbentuk bukit batu dan berlubang dua. Konon kedua lubang ini merupakan tempat persembunyian Pangeran Diponegoro saat dikejar Hindia Belanda.

Periklanan. Gulir untuk melanjutkan membaca.

Udara di kawasan Goa segar

Saat anda menginap di kawasan Gua Selarong yang sangat terkenal ini, anda akan terkesima dengan sejuknya udara. Pasalnya di sana terdapat air terjun dan juga terdapat pepohonan hijau subur di sana. Sehingga suasana yang tercipta di area tersebut terasa sangat menyenangkan.

Tak heran jika sebagian besar pengunjung datang ke sini yang tinggal di kawasan perkotaan padat penduduk. Udara segar di tempat ini membuat setiap orang bisa bersantai dan melupakan permasalahan sehari-hari.

Gua Kakung dan Gua Putri

Terdapat dua gua lainnya yang masih menjadi bagian dari Gua Selarong. Kedua gua tersebut tak lain adalah Goa Kakung dan Goa Putri yang turut memamerkan keindahannya.

Alamat dan rute menuju lokasi

Shutterstock Alamat Goa SelarongFoto oleh AntxPhotoStock di Shutterstock

Gua Selarong terletak di Kabupaten Bantul, Yogyakarta, Jawa Tengah. Lebih spesifiknya di Kembangputihan, Guwosari, Kecamatan Pajangan. Untuk menuju gua sebaiknya hanya menggunakan kendaraan pribadi karena tidak ada angkutan umum yang mencapai lokasi.

Jarak gua dengan kota Yogyakarta hanya 30 km dengan waktu tempuh sekitar 45 menit. Anda bisa menggunakan jasa sewa mobil yang tersedia di Yogyakarta jika ingin perjalanan Anda lebih nyaman dan aman.

Jika memulai dari titik nol km menuju lokasi gua, perjalanan hanya memakan waktu sekitar 32 menit dengan jarak tempuh sekitar 12,7 km. Dari titik nol km arahkan kendaraan ke arah timur melalui Jalan Panembahan Senopati, kemudian ada perempatan yang berbelok ke selatan melalui Jalan Brigjend Katamso.

Setelah itu terus lurus hingga menemukan perempatan, belok barat menuju Kalan Mayjend Sutoyo dan ke selatan menuju Jalan Panjaitan. Jadi dari Jalan Panjaitan Anda sampai pada sebuah perempatan.

Ke arah barat menyusuri Jalan Suryodiningratan lalu lurus terus hingga melewati Jalan Bantul. Kemudian belok ke arah barat melewati Jalan Selarong hingga sampai di Jalan Goa Selarong yang berarti sudah sampai di tempat wisata.

Biaya masuk dan jam buka

Harga masuk Goa Selarong bisa dibilang murah yakni 6.000 rupee. Biaya tiket berlaku setiap hari pada hari Senin hingga Minggu dengan jam operasional mulai pukul 08.00 hingga 17.00 WIB.

Dengan hadiah tersebut, setiap pengunjung dapat melihat keseluruhan isi gua yang merupakan markas besar Pangeran Diponegoro pada zaman dahulu. Selain tiket masuk, pengunjung juga dikenakan biaya parkir kendaraan pendamping.

Untuk kendaraan roda dua atau sepeda motor harus membayar biaya sebesar 2.000 rupiah. Parkir kendaraan roda empat berupa mobil dikenakan biaya sebesar Rs 5.000. Sedangkan parkir bus akan sedikit lebih mahal yaitu 10.000 rupiah.

Kegiatan yang menarik

Hal yang dapat dilakukan di Gua Selarong dari ShutterstockFoto oleh Ani Fathudin di Shutterstock

1. Menikmati keindahan Gua Selarong

Maksud banyaknya pengunjung yang datang ke Gua Selarong tak lain adalah karena pesona keindahan alamnya yang banyak menyita perhatian. Gua ini merupakan destinasi wisata yang lekat dengan sejarah dan Pangeran Diponegoro. Saat memasuki kawasan wisata Anda akan disuguhkan patung Pangeran Diponegoro di atas kuda dan peta wisata.

Setelah itu Anda harus berjalan kaki sejauh 200 meter dan menaiki tangga yang cukup tinggi. Perjalanan tentunya tidak akan membosankan karena Anda akan dimanjakan dengan rimbunnya pepohonan dan perbukitan kapur. Setelah sampai di lokasi, Anda akan semakin dimanjakan dengan keindahan gua beserta isinya.

2. Menikmati suara air terjun Goa

Selain objek wisata berupa goa, di sekitar objek wisata ini juga terdapat air terjun yang bisa dikunjungi pengunjung. Air terjun ini tentunya menawarkan keindahan dan keunikan yang luar biasa dan tidak boleh dilewatkan. Selain itu, aliran air yang deras menciptakan suasana yang sangat segar di teras.

Suara gemericik air begitu menenangkan sehingga rasa penat di pundak Anda seketika hilang. Namun jika musim kemarau tiba, limpasan air terjun tidak akan sekuat biasanya. Meski demikian, air terjun ini tetap akan sangat menarik untuk Anda kunjungi.

3. Makan hidangan di kawasan Goa

Pengelolaan Gua Selarong sendiri bisa dikatakan cukup baik, serta pelayanan dan fasilitas bagi pengunjungnya lengkap dan terjamin. Di antara layanan yang ditawarkan, terdapat sejumlah warung makan yang didirikan di kawasan tersebut.

Setelah lelah berjalan-jalan di sekitar gua dan menaiki tangga, tidak ada salahnya untuk mencoba berbagai jenis makanan yang disajikan di sana. Untuk menikmati keindahan alam gua, Anda tidak hanya harus berlibur, tapi juga berwisata kuliner.

4. Berburu oleh-oleh

Gua Selarong yang sungguh mempesona memiliki area belanja oleh-oleh dimana pengunjung dapat memilih dan membeli berbagai oleh-oleh yang ditawarkan. Adanya tempat belanja oleh-oleh ini tentu memudahkan banyak pengunjung dalam membeli oleh-oleh.

Ditambah lagi, Anda pasti merasa ada yang kurang saat berwisata tapi tidak membeli oleh-oleh. Selain itu, keluarga Anda di rumah biasanya akan dengan senang hati menerima oleh-oleh dari para wisatawan di antara Anda.

5. Ambil foto lucu

Jangan sampai aktivitas menarik seperti mengambil foto-foto lucu menimpa Anda di Gua Selarong. Rekaman kamera yang indah memungkinkan Anda mengabadikan berbagai bukti sejarah yang akan Anda temukan di gua bersejarah ini. Dengan bukti berupa foto, Anda bisa mengenang momen-momen seru liburan Anda.

Oleh karena itu, Anda bisa menyiapkan kamera terbaik yang perlu Anda bawa untuk mengunjungi gua ini. Jika Anda tidak memiliki kamera, Anda juga dapat menggunakan fungsi kamera pada ponsel cerdas Anda.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Shutterstock Gua SelarongFoto oleh Selamat.HD di Shutterstock

Meski Gua Selarong tidak bisa diakses dengan kendaraan umum, namun objek wisata ini memiliki fasilitas yang cukup baik. Fasilitas umum yang tersedia berupa tempat parkir yang aman dan toilet yang bersih. Pengunjung yang bepergian sendiri atau bersama rombongan besar tetap dapat memarkir kendaraannya selama wisata berlangsung.

Di lokasi gua juga telah disediakan musala karena sebagian besar pengunjung yang berkunjung ke tempat ini adalah umat Islam. Jadi jika ingin salat tidak perlu khawatir mencari tempat. Selain itu, gua ini memiliki taman bermain yang terletak tepat di bawah bukit.

Taman bermain ini menjadi salah satu fasilitas menarik bagi anda yang datang kesini bersama anak anda. Artinya, anak-anak tidak akan bosan dalam perjalanan ke sana. Selain itu, gua ini juga menyediakan tempat di mana Anda bisa membeli oleh-oleh untuk keluarga Anda di kampung halaman.

Nah itulah informasi lengkap mengenai tempat wisata unik bernama Gua Selarong di Yogyakarta. Bagi Anda yang berencana berlibur ke Yogyakarta, wajib memasukkan goa ini ke dalam daftar kunjungan Anda. Tentunya dengan mengunjungi gua ini akan membuat liburan anda semakin berkesan dan bermanfaat.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Back to top button