Tempat Wisata

Gua Tabuhan: Harga Tiket, Foto, Lokasi, Fasilitas dan Spot

Aktivitas atau pekerjaan yang intens yang Anda lakukan setiap hari seringkali menimbulkan rasa stres dan tekanan yang kuat dalam hidup Anda. Itulah mengapa liburan dianggap penting agar Anda bisa mengendurkan otot-otot tubuh dan menikmati keindahan alam ciptaan Yang Maha Kuasa Sekaligus melepaskan penat. Keadaan kota yang penuh dengan kemacetan lalu lintas dan polusi udara yang dapat membahayakan kesehatan. Pacitan sebagai salah satu kabupaten di Jawa Timur bisa menjadi tujuan wisata yang tepat apalagi jika anda mencari objek wisata alam karena disana anda bisa menemukan banyak tempat wisata alam yang menakjubkan termasuk Goa Tabuhan yang akan kita bahas kali ini.

Gua Tabuhan merupakan salah satu tempat wisata yang bisa Anda temukan di Dusun Tabuhan, Desa Wereng, Kecamatan Punung, Pacitan, Jawa Timur. Bukan hal yang baru jika Anda mendengar bahwa Pacitan memiliki keunikan dengan wisata alam ala goa. Bahkan kota ini dijuluki “Kota Seribu Gua”. Dan bagi anda yang menyukai wisata alam dengan perasaan menjelajahi perut bumi bisa mengunjungi berbagai goa yang ada disana.

Pernah menjadi bagian dari reality show, Goa diselimuti berbagai mitos karena batunya bisa digunakan untuk memainkan musik, artinya bisa berbunyi seperti memainkan gamelan. Menurut cerita warga sekitar, Goa Tabuhan memiliki mitos yang misterius, karena di sana terdapat beberapa mata air yang mengandung nilai magis. Ruang pertama memiliki mata air malaikat, kemudian ada ruang kristal dan marmer dan ruang kelima adalah ruang yang pernah digunakan untuk konser musik.

Selain itu, stalaktit dan stalagmit Goa Tabuhan yang terkenal lainnya tentunya adalah stalaktit yang besar dan panjang bahkan mencapai 7 meter. Karena itu, Gua Tabuhan disebut-sebut sebagai salah satu wisata gua terbaik di Asia Tenggara. Dan suara atau musik yang bisa Anda dengar di gua ini berasal dari stalaktit dan stalagmit yang dipukul sedemikian rupa sehingga menimbulkan suara merdu yang nyaring. Beberapa peralatan batu berumur 10.000 tahun telah ditemukan di Gua Tabuhan.

Fasilitas di Gua Tabuhan

Sedangkan fasilitas yang ada di objek wisata Gua Tabuhan tidak terlalu banyak atau lengkap, namun ada beberapa yang bisa anda temukan seperti;

– Area parkir

Anda yang datang dengan kendaraan pribadi baik itu mobil atau motor tidak perlu khawatir dengan masalah parkir karena tersedia tempat parkir mobil yang cukup luas dan luas.

– Bilik atau tempat makan

Bermain-main di area gua selama berjam-jam pasti akan membuat perut Anda terasa lapar. Tak perlu bingung jika tidak sempat atau lupa menyiapkan bekal. Di sekitar tempat ini Anda akan menemukan warung-warung penduduk setempat yang menjual makanan dan minuman dengan harga terjangkau.

– Paviliun

Berkat paviliun yang dibangun di sana, Anda bisa duduk santai menikmati pemandangan alam yang indah dan langit biru.

– Akomodasi

Di sekitar kawasan wisata Goa Gong, bagi Anda yang sedang mencari penginapan bisa menemukan yang sesuai dengan budget dan kebutuhan.

– Tempat peristirahatan umum

Salah satu fasilitas penting tersebut juga telah disediakan di sana, sehingga Anda tidak perlu repot mencari toilet di luar kawasan wisata.

Berburu foto di Gua Tabuhan

Penggemar seni fotografi bisa melampiaskan keinginannya untuk memotret pemandangan indah di sekitar Gua Tabuhan. Saat Anda menjelajahi kedalaman gua ini, Anda akan melihat berbagai stalaktit dan stalagmit, yang secara alami dapat Anda arahkan ke bidikan kamera Anda. Dan saat anda bermain di wahana-wahana yang ada disana, anda bisa mengajak teman atau anggota keluarga anda untuk mengabadikan momen seru tersebut. Jika sudah puas bermain di goa, anda juga bisa pergi ke tempat lain yang juga menarik untuk anda jadikan latar foto, yaitu pemandangan sekitar yang indah. Namun perlu diperhatikan juga bahwa Anda harus berhati-hati saat berfoto selfie atau berfoto bersama teman.

Baca juga: Sumber Maron, Touring sambil tubing di sungai

Akses jalan menuju Goa Tabuhan

Jika Anda dari Jawa Tengah, Anda bisa naik bus jurusan Pacitan dan langsung berhenti di pertigaan Mbliruk arah Jogja. Jika Anda dari arah timur, jika bus yang Anda tumpangi sampai di terminal Pacitan, maka Anda cukup berpindah ke bus Pacitan-Solo dan berhenti di pertigaan. Mbliruk menuju Jogja.

Sampai kemudian, Anda bisa melihat-lihat pertigaan untuk mencari ojek yang langsung menuju Gua Tabuhan. Tarifnya sekitar Rp 15.000. Hanya sekitar 5 sampai 10 menit ke lokasi, dengan jarak sekitar 2 km.

Rute Kedua : Rute kedua masih dari arah timur yaitu : Ponorogo – Balong – Tegalombo – Arjosari – Pacitan – Goa Tabuhan. Rute ketiga: Rute ini digunakan oleh calon pengunjung dari arah barat. Dengan rute Jogjakarta – Donorejo – Punung – Pacitan. Jalur keempat juga masih datang dari arah barat, meski dengan jalur yang berbeda, yakni Solo – Donorejo – Punung – Pacitan – Goa Tabuhan.

Biaya masuk ke Gua Tabuhan

  • Harga tiket untuk anak-anak: Rp 5.000/orang
  • Tiket masuk dewasa: Rp 10.000/orang

(Diperbarui Mei 2023)

Jam buka Gua Tabuhan

  • Buka setiap hari dari jam 7 pagi sampai jam 5 sore

Tips liburan di Gua Tabuhan

  • Siapkan kamera Anda
  • Kenakan sepatu yang nyaman
  • Sewa pemandu sebelum menjelajahi gua
  • Hati-hati menuruni gua

Galeri foto Gua Tabuhan di Pacitan

Selamat datang di Gua Tabuhan
jalan masuk ke gua
Tempat foto di Goa
Suasana di Goa
berburu foto
Potret Gua Tabuhan dari luar

Source: www.tempatwisata.pro

Related Articles

Back to top button