Tempat Wisata

Guha Tujoh Laweung : harga tiket, foto, lokasi, fasilitas dan lokasi

Kekayaan alam Aceh seolah tak ada habisnya untuk dijelajahi. Aceh tersebar di berbagai tempat dan masih menawarkan banyak tempat wisata dengan segala misteri dan cerita yang melingkupinya. Konon ada sebuah gua di Aceh yang diyakini penduduk setempat memiliki lorong yang mencapai hingga ke Mekkah. Gua ini bernama Guha Tujoh Laweung.

Guha Tujoh Laweung atau biasa dikenal dengan Guha Tujoh merupakan sebuah gua yang penuh dengan rahasia. Gua ini tidak hanya diyakini memiliki lorong menuju Mekkah, tetapi juga konon pernah menjadi tempat tujuh Aulia bertapa. Ada juga yang mengatakan bahwa gua ini memiliki tujuh lorong atau pintu, itulah sebabnya disebut Guha Tujoh.

Guha Tujoh Laweung

Secara geografis Guha Tujoh Laweung terletak di Jalan Banda Aceh-Medan KM. 100, Desa Laweung, Kecamatan Muara Tiga, Kabupaten Pidie, Provinsi Aceh. Untuk mencapai lokasi goa ini, wisatawan harus menempuh perjalanan setidaknya 29 kilometer dari kota Sigli dengan waktu tempuh perjalanan darat sekitar 40 menit.

Apabila melalui Jalan Krueng Raya-Laweung, sebelum sampai di lokasi Guha Tujoh Laweung, wisatawan bisa singgah terlebih dahulu di Pelabuhan Krueng Raya dan menikmati pemandangan laut dari puncak Bukit Soeharto. Namun rute ini memakan waktu lebih lama, sedangkan rutenya lebih pendek jika memilih Jalan Banda Aceh-Medan. Dalam perjalanan menuju goa, wisatawan juga dihadapkan pada medan yang cukup menantang, melewati pegunungan berbatu dengan panorama yang mempesona.

Pesona Guha Tujoh Laweung

Saat menjelajahi Guha Tujoh Laweung, wisatawan disarankan menggunakan pemandu lokal. Karena kondisi di dalam gua sangat gelap, wisatawan perlu membawa penerangan minim seperti senter atau lentera. Saat memasuki pintu masuk gua atau sering disebut gapura, wisatawan harus turun karena letak gua ini sedikit di bawah permukaan bumi.

Saat memasuki mulut goa, wisatawan akan merasakan suasana menjadi pengap dan sangat suram. Dengan lampu dan lampion yang minim menemani setiap perjalanan menyusuri setiap jengkal keindahan Guha Tujoh Laweung. Permukaan goa cukup licin sehingga pengunjung diharapkan tetap waspada dan melepas alas kaki.

Guha Tujoh Laweung

Kisah seputar perjalanan gua dari generasi ke generasi tidak dapat diterima secara logika. Namun masyarakat percaya bahwa salah satu lorong gua tersebut memiliki jalan menuju ke Mekkah. Benar atau tidaknya cerita ini masih dipertanyakan. Yang jelas masih belum diketahui seberapa dalam gua dengan banyak lorong dan cabangnya itu.

Banyak stalaktit dan stalagmit indah yang terbentuk secara alami di Gua Tujoh Laweung. Ribuan kelelawar yang menghuni atap goa juga menjadi sahabat setia para pengunjung yang memasuki goa. Dari sekian banyak bebatuan yang ada di dalam gua, terdapat beberapa bebatuan yang memiliki bentuk dan nama tersendiri, seperti bebatuan gantung, bebatuan yang menyerupai elang berbaring, dan bebatuan yang menyerupai altar.

Yang paling menarik dari Guha Tujoh Laweung tentu saja adanya batu gantung yang seolah mampu melawan gravitasi bumi. Selain itu, terdapat ukiran Arab di atap gua. Keunikan tersebut menjadi fenomena dan menggugah rasa penasaran wisatawan.

Terlepas dari segala misteri dan cerita yang menyelimuti Gua Tujoh Laweung, keindahan stalaktit dan stalagmit serta bebatuan di dalamnya patut dilestarikan. Sayangnya keindahan gua tersebut sedikit ternoda oleh perilaku tidak bertanggung jawab pengunjung yang mencoret-coret dinding gua. Sebagai pewaris kekayaan Indonesia, hendaknya kita ikut melestarikan dan menjaga tempat wisata agar dapat dinikmati oleh anak cucu kita di kemudian hari.

Fasilitas Tujoh Laweung Guha

Pengelolaan tempat wisata di Kabupaten Pidie masih sangat minim. Hal ini terlihat dari terbatasnya fasilitas di sekitar Guha Tujoh Laweung. Di sekitar gua wisatawan akan menemukan tempat parkir yang cukup luas, serta warung-warung sederhana yang menjual makanan dan minuman. Pemilik toko juga biasanya menyediakan jasa pemandu wisata bagi wisatawan.

Di sekitar gua masih belum tersedia fasilitas seperti toilet umum atau musala atau masjid untuk beribadah. Selain itu, akses jalan menuju gua ini juga masih buruk. Kondisi jalan yang masih tanah bercampur batu dan belum beraspal dengan baik menyulitkan wisatawan yang ingin berkunjung ke Guha Tujoh Laweung.

Baca juga:

Gua Tujoh Laweung merupakan salah satu tempat wisata yang bisa menjadi alternatif di Aceh. Misteri yang menyelimutinya serta keindahan stalaktit dan stalagmit yang dikandungnya menjadi daya tarik utama tempat wisata ini. Berikut aktivitas yang bisa dilakukan wisatawan di dalam gua.

Menikmati keindahan gua

Saat Anda berkunjung ke Gua Tujoh Laweung, Anda akan disuguhi keunikan stalaktit dan stalagmit yang ada di dalam gua, unik dan terbentuk secara alami melalui proses alami selama ribuan tahun. Anda juga bisa melihat batu berbentuk elang berbaring, batu menyerupai altar, batu gantung, dan ukiran Arab di atap gua.

Selain itu, bagi Anda yang berjiwa petualang dan menyukai tantangan juga bisa menjelajahi lorong gua yang gelap. Konon karena banyaknya lorong dan cabang di dalam perut gua, belum ada yang bisa mengukur kedalaman gua ini. Berhati-hatilah saat menjelajahi gua karena penerangan yang minim dan medan di dalam gua masih sulit untuk dijamah.

Perburuan Foto

Anda juga diperbolehkan memotret keindahan yang ada di dalam Gua Tujoh Laweung. Banyak sekali tempat menarik untuk difoto seperti keunikan stalaktit dan stalagmit serta bebatuan di dalamnya. Kurangnya pencahayaan membuat pengambilan foto menjadi sedikit sulit. Meski demikian, Anda tetap bisa mengabadikan pesona alam gua ini.

Jika Anda suka berfoto selfie, Anda juga bisa berpose di depan kamera dan menggunakan tempat-tempat menarik di dalam gua sebagai latar belakang foto. Bahkan, belakangan ini gua ini kerap menjadi tempat pengambilan foto prewedding. Bawalah kamera yang bagus agar foto Anda semakin menarik dan berkesan.

Jam buka dan biaya masuk Goha Tujoh Laweung

Mengenai jam bukanya, kunjungan bisa dilakukan pada pagi hingga sore hari. Tiket masuk ke objek wisata Goha Tujoh Laweung tidak dipungut biaya bagi wisatawan. Penduduk setempat tidak mematok harga untuk biaya pemandu wisata atau cukup bersedia melakukannya.

Baca juga:

Peta lokasi Goha Tujoh Laweung

Tips berwisata ke Goha Tujoh Laweung

  • Persiapkan kondisi fisik Anda sebelum merencanakan kunjungan ke gua, karena berwisata dan menjelajahi gua membutuhkan banyak tenaga.
  • Berhati-hatilah saat menuju gua karena harus melewati pegunungan berbatu yang cukup terjal dan kondisi jalan yang masih buruk.
  • Jika Anda baru pertama kali mengunjungi gua, sebaiknya gunakan jasa pemandu.
  • Bawalah perlengkapan penerangan seperti senter karena gua sangat gelap.
  • Amati perilaku dan bahasa Anda di dalam gua.
  • Jaga kebersihan dengan tidak meninggalkan sampah di dalam gua.
  • Berhati-hatilah dalam menjaga kelestarian gua dan jangan mencoret-coret dinding gua.

Galeri foto Gua Tujuh Laweung

Selamat datang di Tujuh Gua Laweung
Pintu masuk ke gua
Suasana di tujuh gua Laweung
Berburu foto di gua

Potret setelah memasuki gua
Pengunjung tujuh gua Laweung

Source: www.tempatwisata.pro

Related Articles

Back to top button