Tempat Wisata

Gumuk Pasir Kepri: Harga Tiket, Foto, Lokasi, Fasilitas dan Tempat

Pesona bukit pasir

Karena tambang bauksit sudah ditinggalkan dan tidak digunakan lagi, tempat ini menjadi gundukan pasir, mirip gurun pasir di Timur Tengah. Sebaliknya, beberapa gurun Indonesia juga terdapat di beberapa tempat lain, seperti Gumuk Pasir Parangtritis Yogyakarta yang merupakan fenomena alam akibat pergerakan angin.

bukit pasir Busung belum maksimal dimanfaatkan sebagai media tempat wisata seperti Parangtritis Yogyakarta. Namun letaknya yang berada di pinggir jalan membuat sebagian pejalan kaki ingin singgah di tempat ini.

Banyaknya antusias warga dan wisatawan yang berwisata ke tempat ini, mengambil foto dan kemudian mengunggahnya ke media sosial membuat tempat ini ramai dibicarakan, terutama di kalangan remaja pecinta media sosial Instagram.

Di era modern dengan teknologi yang sangat maju ini, banyak bermunculan tempat-tempat populer atau trendi yang banyak diminati sebagai tempat berfoto. Semakin banyak orang melihat foto yang diunggah, maka semakin banyak juga orang yang penasaran untuk mengunjunginya.

Hunting foto di bukit pasir

Semakin beragamnya jenis pengguna akun media sosial membuat lokasi tertentu di daerah tertentu, bahkan di daerah terpencil, menjadi banyak perbincangan. Bahkan dalam kurun waktu yang relatif singkat, hanya karena ada yang mengunggah sebuah foto.

Begitu pula gurun pasir ala Indonesia di Kepulauan Riau. Bila Anda melihatnya dari kejauhan bukit pasir Terlihat sangat bagus dan menawarkan keindahan yang luar biasa, meski awalnya hanya sisa penambangan. Sifat permukaan tanah yang berupa pasir kasar dengan banyak kerikil, tersebar dengan aman dan tidak akan membuat Anda terpeleset.

Hal menarik lainnya dari bukit pasir Bintan juga memikat dengan keindahannya: pepohonan tinggi yang mengelilingi bukit dan rerumputan kering yang memberikan keindahan luar biasa pada bukit ini.

Terletak di Desa Busung di Pulau Bitan, Kepulauan Riau, bukit ini dapat dengan mudah dijangkau tanpa harus menempuh perjalanan jauh karena letaknya yang berada di pinggir jalan. Perjalanan dapat ditempuh sepanjang 47 km dengan waktu tempuh 40-60 menit dari arah kota Tanjung Pinang.

Tips berwisata ke bukit pasir

Beberapa tips: Jika Anda berwisata ke tempat ini, Anda bisa menggunakan kendaraan pribadi karena tidak ada angkutan umum di kawasan ini. Selain itu, waktu yang disarankan untuk mengunjungi tempat ini adalah pada siang hari. Pasalnya, hamparan pasir tersebut terasa panas pada siang hari dan dingin pada malam hari.

Banyak orang yang membutuhkan liburan dan menghabiskannya dengan berwisata ke suatu tempat. Namun banyak juga orang yang membatalkan niatnya untuk berwisata ke suatu tempat tertentu karena adanya kendala tertentu seperti biaya, transportasi, dan lain-lain. Berikut beberapa tips yang bisa Anda gunakan saat melakukan perjalanan liburan:

  • Membuat rencana
  • Mencari informasi
  • Bawalah barang secukupnya
  • Jangan membawa uang berlebih

Sesuatu yang direncanakan dengan matang akan membawa hasil yang memuaskan. Misalnya, penting juga untuk merencanakan tujuan perjalanan, durasi perjalanan, dan akomodasi sebelum memulai perjalanan. Merencanakan rencana perjalanan Anda akan memastikan perjalanan Anda berjalan lancar.

Saat ini banyak sekali informasi yang bisa diakses dengan mudah melalui smartphone. Oleh karena itu, Anda dapat mengakses informasi terlengkap dengan memperhitungkan tempat pasti yang akan Anda kunjungi.

Biaya masuk bukit pasir

  • Biaya masuk: Rp 2.000-20.000/orang

Biaya masuk ke destinasi wisata ini dapat berubah sewaktu-waktu. (Pembaruan September 2023)

Jam buka bukit pasir

  • Buka setiap hari dari jam 7 pagi hingga 6 sore

Mengetahui informasi sebelum keberangkatan akan membantu Anda mengantisipasi beberapa kendala di awal perjalanan. Misalnya informasi tentang jalur transit saat jalan utama sedang padat, dll. Hal ini akan membuat perjalanan Anda menyenangkan.

Saat bepergian, usahakan barang bawaan Anda seminimal mungkin agar tidak terlalu memberatkan. Saat bepergian, jangan membawa barang-barang yang tidak diperlukan seperti pakaian berlebih (kecuali perjalanan Anda lebih dari 3 hari), perhiasan berlebih, dan barang-barang lain yang kurang berguna.

Baca juga: Traveling Bukit Kerang, Keunikan Traveling Sambil Belajar Sejarah Masyarakat Zaman Dahulu

Saat bepergian, jangan membawa uang terlalu banyak, uang secukupnya saja. Pasalnya, sebagian orang cenderung boros saat bepergian karena ada yang membeli barang di luar rumah yang dilihatnya tanpa memperhatikan fungsinya.

Karena Anda membawa uang sesuai kebutuhan, Anda juga harus berhemat. Misalnya membeli oleh-oleh berlebih yang sebenarnya tidak terlalu bermanfaat, dan makan di tempat biasa dan sederhana dengan tetap memenuhi nilai gizi makan saat bepergian.

Peta lokasi bukit pasir

Itu saja isi artikelnya bukit pasir sebagai salah satu destinasi wisata di Kepulauan Riau. Semoga uraian diatas dapat bermanfaat bagi anda dan tips diatas dapat dijadikan referensi saat melakukan perjalanan.

Galeri foto gumuk pasir Busung

Potret bukit pasir Busung
Potret bukit pasir di pinggir pantai
Potret laut
Perburuan Foto
Bermain dengan burung

Source: www.tempatwisata.pro

Related Articles

Back to top button