Tempat Wisata

Gumuk Reco, tempat terbaik menikmati berbagai wahana ekstrim di Semarang

Gumuk Reco bukan sekadar tempat wisata alam di Semarang biasa, lokasinya menjanjikan petualangan yang menguji adrenalin Anda!

Harga tiket: Rp10.000, Jam beroperasi: 08.00-17.00 WIB, Alamat: J L. Kenongo, Kepil, Kecamatan Sepakung. Banyubiru, Kab.Semarang, Jawa Tengah; Map: Periksa lokasinya

Bagi pecinta wisata alam berkelas, Gumuk Reco di Semarang bisa menjadi destinasi liburan yang menarik. Jalur pegunungan yang tenang ini menawarkan wisata alam yang masih sangat asri, dengan pemandangan pegunungan dan perbukitan terhampar di depan mata.

Jalannya cukup ekstrim, namun begitu sampai di puncak bukit, Anda bisa menikmati pemandangan tiada duanya dari ketinggian 717 meter di atas permukaan laut. Pegunungan dan lembah di sekitarnya dengan latar belakang persawahan yang luas sungguh memanjakan mata. Kami juga akan melihat hal-hal menarik lainnya yang dapat ditemukan di sini.

Tiket Masuk Desa Wisata Gumuk Reco Semarang

Daya Tarik Gumuk Reco

Daya Tarik Gumuk RecoFoto oleh Mawar Setyorini di Google Maps

✦ Tebing berbatu mempesona yang menjulang tinggi

Reco atau Reca dalam bahasa jawa artinya patung atau patung, sehingga bukit ini bisa disebut bukit patung. Nama tersebut diambil dari fakta bahwa tebing bukit tersebut konon merupakan peninggalan Kerajaan Majapahit yang aslinya dipahat menjadi sebuah patung atau ukiran.

Tebing ini sering disebut Ondo Langit oleh penduduk setempat karena ukurannya yang sangat besar. Di sebelah tebing, sebuah jembatan penyeberangan dibangun di atas jurang sedalam 45 meter untuk pengunjung. Sementara di depannya, keindahan deretan pegunungan dan hamparan sawah hijau terlihat jelas begitu memanjakan mata.

✦ Ayunan langit

Wahana ekstrim di Gumuk Reco tidak hanya Ondo Langit berupa tebing tinggi saja, namun ada juga wahana seperti Ayunan Langit yang disuguhkan kepada para wisatawan. Wahana ini dijamin akan memacu adrenalin Anda saat mencobanya. Sebab Anda diajak berayun di ketinggian sekitar 800 meter di atas permukaan laut.

Namun tak perlu khawatir karena pihak manajemen sudah menjaga keamanannya. Terdapat safety harness, tali bahkan helm pelindung kepala yang akan diberikan saat mencoba berayun di atas tebing. Apakah Anda berani mencoba wahana ekstrim ini?

Penawaran Hotel di Semarang

✦ Wahana ekstrim lainnya

Namun bukan hanya itu saja, Gumuk Reco juga menawarkan banyak wahana ekstrim lainnya yang seru dan sangat menantang. Seperti Flying Fox, Jembatan Kaca, Jembatan Gantung dan masih banyak lagi. Ada pula viewpoint yang cukup ekstrim karena menghadap langsung ke jurang yang biasa dijadikan spot foto oleh wisatawan.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat Gumuk RecoFoto oleh Ronny Tri di Google Maps

Kawasan tebing batu yang konon peninggalan Kerajaan Majapahit ini terletak di Jalan Kenongo, Kepil, Desa Sepakung, Banyubiru, Semarang, Jawa Tengah. Jarak dari Simpang Lima pusat kota Semarang sekitar 50 kilometer. Perjalanan ke sini diperkirakan memakan waktu sekitar 1 jam.

Semakin dekat ke Gumuk Reco, jalannya semakin sempit dan mengarah ke dalam hutan dengan tikungan dan tanjakan yang cukup ekstrim. Jalannya terasa licin apalagi saat musim hujan sehingga perlu ekstra hati-hati. Oleh karena itu, pastikan kendaraan dalam kondisi sempurna untuk digunakan di tanjakan.

Jika Anda datang dengan mobil, sebaiknya parkir di area bawah. Perjalanan dapat dilanjutkan dengan ojek dari pos ojek di Pasar Gilang setelah Kolam Renang Penampakan. Harganya pun tidak mahal, sekitar Rp 15.000 saja per sepeda motor.

Paket Wisata Semarang : Candi Gedong Songo, Ayanaz, Eling Bening

Biaya masuk dan jam buka

Dapatkan tiket masuk Gumuk Reco dengan harga terjangkau hanya Rp 10.000 per orang. Bagi anda yang bepergian dengan kendaraan, tarif parkir roda dua hanya Rp 2.000 dan roda empat hanya Rp 5.000. Nikmati berbagai wahana menarik di Gumuk Reco dengan biaya tambahan yang tetap terjangkau!

Sedangkan biaya perjalanannya bervariasi mulai dari Rp 10.000 hingga Rp 25.000 per orang. Biaya ini akan memberikan Anda helm dan sabuk pengaman dengan harness setiap kali Anda menaiki wahana yang ada.

Kegiatan yang menarik

Kegiatan Menarik Gumuk RecoFoto oleh Sugianto Sugianto di Google Maps

1. Melintasi sisi langit Ondo

Di sisi tebing Ondo Langit dibangun jembatan baja sepanjang sekitar 25 meter dengan lantai kayu kokoh. Inilah aktivitas utama yang bisa Anda lakukan dalam perjalanan ke Gumuk Reco. Tidak perlu khawatir karena sisi jembatan dipagari demi keselamatan pengunjung.

Selain itu, setiap pengunjung akan diberikan sabuk pengaman dengan tali dan helm untuk meningkatkan keselamatan. Dan saat Anda berjalan melintasi jembatan, Anda akan disuguhi pemandangan alam yang indah. Gunung Merbabu yang megah terlihat dari jauh dari perbukitan disekitarnya sangat menyegarkan mata.

2. Ayunan di Ayunan Langit Gumuk Reco

Segalanya menjadi lebih ekstrem karena Anda bisa mencoba berayun di atas tebing dalam wahana Sky Swing tanpa harus menginjaknya. Duduk saja di ayunan dan staf akan membantu Anda mengayun nanti. Sensasi serunya pasti akan Anda rasakan karena di bawah ayunan Anda berdiri tepat di depan jurang yang sangat tinggi.

Demi keamanan, pihak manajemen Gumuk Reco selalu melakukan pengecekan rutin terhadap peralatan keselamatan yang digunakan, sehingga Anda tidak perlu khawatir. Setelah mencobanya mungkin Anda akan ketagihan menaiki Sky Swing. Sebab saat berayun Anda akan disuguhi pemandangan indah yang tiada duanya.

3. Meluncur bersama Flying Fox

Wahana ekstrim lainnya yang sayang untuk dilewatkan adalah Flying Fox dengan panjang sekitar 200 meter. Wahana ini dapat dimainkan oleh orang dewasa maupun anak-anak karena posisinya duduk dan sangat mudah untuk didorong. Perasaan mendebarkan pasti akan Anda rasakan saat meluncur melewati tebing.

4. Berburu Foto

Selain berburu foto sambil menjajal wahana-wahana menantang di atas, Anda juga bisa berpose di spot-spot foto yang ada di Gumuk Reco. Seperti Jembatan Kaca yang sesuai dengan namanya terbuat dari kaca, maka dari jembatan tersebut Anda bisa langsung melihat jurang yang ada di bawahnya.

Spot jembatan kaca merupakan tempat yang sangat populer untuk mengabadikan momen. Ada pula gardu pandang berbentuk sarang burung yang terbuat dari dahan kayu. Luangkan waktu untuk mengambil foto di dalam sarang, dengan latar belakang pegunungan di luarnya.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Fasilitas Gumuk RecoFoto oleh Henrich Setyawan di Google Maps

Tak hanya menawarkan berbagai wahana dan spot foto menarik, Gumuk Reco juga dilengkapi dengan fasilitas wisata yang membuat betah pengunjungnya. Pemerintah telah menyediakan tempat parkir yang cukup luas di bagian bawah untuk pengunjung.

Lalu terdapat musala untuk umat muslim dan muslimah yang ingin salat, toilet dan beberapa tempat duduk untuk bersantai. Jadi jika kaki Anda terasa lemas setelah melakukan wahana ekstrim, Anda bisa duduk sejenak sebelum mencoba wahana lainnya.

Jika perut terasa lapar, Anda bisa langsung menuju snack stand yang ada di lokasi. Tersedia berbagai jenis makanan ringan dan berat serta berbagai minuman yang bisa dipesan dengan harga terjangkau.

Jika Anda menyukai wahana ekstrim yang menantang adrenalin, Gumuk Reco adalah destinasi yang tepat. Selain itu, Anda dapat menikmati pemandangan luar biasa indah yang tidak Anda lihat setiap hari. Dapatkan pengalaman seru dan kunjungi tempat wisata alam di Sepakung. Apakah Anda siap untuk berpetualang?

Source: www.itrip.id

Related Articles

Back to top button