Tempat Wisata

Gunung Rinjani: harga tiket, foto, lokasi, fasilitas dan spot

Gunung Rinjani merupakan salah satu taman nasional yang ada di Indonesia. Tidak hanya menawarkan pemandangan Gunung Rinjani yang indah, Anda yang mengunjunginya juga bisa merasakan tempat wisata yang ada di Taman Nasional Gunung Rinjani. Di Lombok, Gunung Rinjani sangat terkenal dan menawarkan banyak hal menarik untuk ditampilkan kepada para pelancong.

Gunung yang berada di Lombok, Nusa Tenggara ini, merupakan gunung berapi tertinggi kedua di Indonesia. Ketinggiannya mencapai 3.726 m dpl. Karena keindahannya, banyak pendaki yang mengincar Gunung Rinjani sebagai spot pendakian. Dari ketinggian Anda bisa menikmati banyak pemandangan seperti danau, awan rendah, langit biru dan pegunungan sekitarnya.

Pemandangan Gunung Rinjani:

1. Area hiking yang indah

Banyak pendaki yang mengincar pendakiannya karena pemandangan indah di puncak gunung. Biasanya para pendaki melakukan aktivitasnya di gunung ini pada bulan Juli hingga Agustus. Tidak hanya turis lokal yang mendaki ke sini, tapi juga banyak turis mancanegara.

2. Air Terjun yang Mempesona

Ada juga air terjun yang cukup tinggi. Tingginya sekitar 25 meter dan populer di kalangan wisatawan karena selain airnya yang jernih dan deras jatuh dari ketinggian, suasana di sana juga sangat sejuk. Suasana alam sangat gamblang, hijau dan subur dimana-mana.

3. Pemandian air panas

Tidak hanya menawarkan mata air panas alami, tetapi juga pemandangan panorama yang indah saat Anda mandi di kolam termal. Tidak jarang tempat wisata gunung berapi memiliki sumber air panas. Pemandian air panas ini dikenal dengan sebutan Sebau dan dipercaya oleh masyarakat setempat dapat menyembuhkan segala macam penyakit. Selain itu, Anda benar-benar dapat merasakan keindahan alam di sekitarnya, dengan banyak hewan berkeliaran seperti monyet, burung, rusa, dan bahkan monyet.

4. Danau Segara Anak

Telaga ini terkenal tidak hanya karena airnya yang bersih tetapi juga bentuknya yang seperti bulan sabit. Mengunjungi Gunung Rinjani namun tidak menikmati keindahan danau ini sangat tidak memuaskan. Anda diperbolehkan untuk memancing di danau dan yang lebih bagus lagi, Anda bisa mendirikan kemah di area tepi danau karena memiliki lahan yang luas dan menciptakan suasana berkemah yang sangat menyenangkan.

5. Desa Senaru

Ada juga sebuah desa bernama Desa Adat Senaru. Desa ini memiliki keunikan arsitektur yang masih kaya akan unsur tradisional Indonesia. Desa ini tidak hanya menjadi tempat wisata budaya, tetapi juga kaya akan adat daerah. Meski terdengar sangat kuno, ada juga penginapan dan restoran berkualitas. Lokasi ini membuat liburan ke Gunung Rinjani sangat lengkap dan mudah karena terdapat fasilitas yang mumpuni di desa tersebut.

Fasilitas di Gunung Rinjani:

Tidak ada fasilitas di Gunung Rinjani, hanya di sekitar Gunung Rinjani, seperti akomodasi, restoran, dll. Karena kondisi dari pantai gunung hingga puncak gunung hanya ada suasana alam yang sangat jarang terjamah. Mereka yang ingin berkemah biasanya membawa perlengkapan sendiri, begitu juga pendaki. Jika tidak ada niat untuk berkemah, Anda bisa menyewa penginapan yang dekat dengan tempat wisata.

Namun karena jarak tempuh ke titik tertentu di Gunung Rinjani cukup jauh, banyak pendaki yang menggunakan angkutan umum yang bisa disewa. Biasanya digunakan untuk mencapai titik pendakian bagi para pendaki.

Biaya masuk ke Gunung Rinjani

  • Harga tiket masuk domestik pada hari kerja: Rp 5.000/orang
  • Harga tiket domestik akhir pekan: Rp 7.500/orang
  • Harga tiket masuk internasional pada hari kerja: Rp 150.000/orang
  • Biaya masuk akhir pekan internasional: Rp 225.000/orang

(Diperbarui Mei 2023)

Jam buka Gunung Rinjani:

Lokasi dan Rute Menuju Gunung Rinjani :

Gunung Rinjani terletak di pulau Lombok, tepatnya di Lombok Utara. Setiap pendaki yang datang dari Lombok harus ke pusat kota terlebih dahulu. Dari sana, pendaki harus menggunakan transportasi yang disediakan untuk menuju titik pendakian yang banyak terdapat di pusat kota Lombok. Perlu Anda ketahui bahwa jalur pendakian di Gunung Rinjani cukup berbahaya. Tidak disarankan untuk mendakinya sendirian tanpa rambu atau alat komunikasi, karena banyak pendaki yang tersesat atau tersesat. Jika tidak ingin tersesat, gunakan jasa pemandu lokal. Cara ke sana sangat mudah, kendaraan umum dari kota Lombok bisa langsung menuju ke sana. Anda tinggal menyebutkan tempat yang ingin Anda tuju.

Pemandangan yang ditawarkan Gunung Rinjani memang sangat menarik. Di sana Anda bisa mengamati flora dan fauna endemik yang hidup bebas di dalam hutan bahkan terlihat jelas di jalur pendakian yang Anda lewati. Menurut pengamatan para pendaki gunung, gunung ini memiliki pemandangan alam yang jauh lebih indah dibandingkan gunung-gunung lain di Indonesia. Bahkan menurut wisatawan mancanegara, keindahan alam Gunung Rinjani merupakan salah satu gunung terindah di Asia Tenggara.

Ada banyak tempat di Gunung Rinjani yang bisa dijadikan tempat berfoto bersama teman, untuk selfie, atau sekedar untuk memotret pemandangan alam yang indah. Sebagai lokasi camping terbaik di Indonesia, Gunung Rinjani juga menawarkan pemandangan sunset dan sunrise pagi dan sore hari. Alhasil, para pendaki atau wisatawan yang berkemah di sana merasakan suasana alam yang pekat.

Peta lokasi Gunung Rinjani

Tips mengunjungi Gunung Rinjani

Jadikan liburan Anda dan keluarga di Gunung Rinjani semakin menyenangkan dan berkualitas. Berikut beberapa tips dari kami yang bisa Anda gunakan sebagai referensi liburan Anda:

  • Waktu terbaik untuk mengunjungi Gunung Rinjani adalah saat liburan panjang.
  • Datanglah ke Gunung Rinjani bersama orang tersayang dan dapatkan pengalaman liburan yang tak terlupakan.
  • Bawa kamera dan cari foto terbaik dengan kamera terbaik.
  • Usahakan agar tubuh tetap prima saat berlibur di Gunung Rinjani.

Galeri foto Gunung Rinjani

Gunung RinjaniGunung Rinjani Sumber: instagram.com/majidlizaumi/Gunung RinjaniGunung Rinjani Sumber: instagram.com/luk_fuk/Potret Gunung Rinjani dari jauhMendaki Gunung RinjaniPotret Danau Segara-Anak dari Gunung RinjaniPotret air terjun yang mengalir ke Danau Segara AnakSungai di kaki Gunung RinjaniGunung Rinjani, 3726 m dpl

Source: www.tempatwisata.pro

Related Articles

Back to top button