Berita Wisata

H-3 Natal, puluhan truk ramai di pelabuhan Merak

TEMPO.CO, banten – Puluhan truk kargo sepeda motor menumpuk di Pelabuhan Merak, Banten, untuk menyeberang ke Pelabuhan Bakauheni, Lampung, Kamis atau H-3 Natal 2022 dini hari.

Kendaraan truk kargo bervariasi, mulai dari mengangkut sembilan bahan dasar bangunan hingga sepeda motor. Pantauan pukul 06.30 di Pelabuhan Merak, terlihat puluhan truk kargo mengantri di Dermaga I untuk naik ke kapal Caitlyn.

Baca: Pelabuhan Merak Mulai Ramai, Penumpang Kapal Naik 15% Selama Periode D-7 Nataru

Truk kargo ditujukan ke Lampung, Palembang, Jambi, dan Pekanbaru. Ditemui di Pelabuhan Merak, Supriyanto, salah satu sopir truk tujuan Palembang mengaku lega karena lalu lintas lancar. “Dan tidak ada kemacetan,” katanya dalam pertemuannya, Kamis, 22 Desember 2022.

Penyeberangan Pelabuhan Merak masih didominasi truk dan belum ada peningkatan jumlah pejalan kaki atau penumpang kendaraan yang berangkat liburan Natal dan Tahun Baru di Pulau Sumatera.

Kondisi Pelabuhan Merak saat ini relatif normal, masih dipadati truk kargo dan belum ada penambahan jumlah kendaraan pribadi. “Sebaiknya kita lewati tiga hari sebelum Natal karena kita yakin tidak akan ada kemacetan,” katanya.

Pengemudi truk lainnya, Haryadi, mengatakan, sesampainya di pelabuhan Merak, bisa langsung naik perahu untuk menuju pelabuhan Bakauheni. Dia mengatakan dia tidak harus menunggu dalam antrean.

Padahal, sejak siang pemberangkatan dari Tasikmalaya di Jawa Barat, truk pengangkut sepeda motor melaju mulus menuju tol Jakarta-Merak. “Kalau lewat H-1 Natal pasti macet,” kata pria yang mengaku akan ke Pekanbaru itu.

Pejabat Kementerian Perhubungan Asep mengatakan arus kendaraan di Pelabuhan Merak saat ini relatif normal dan belum ada puncak. Kendaraan yang menyeberang ke Pelabuhan Bakauheni masih didominasi truk karena belum ada larangan dari Kementerian Perhubungan.

Ia memperkirakan puncak lalu lintas kendaraan di pelabuhan Merak akan terjadi satu hari menjelang Natal atau H-1 Natal. Hal ini berdasarkan pengalaman tahun-tahun sebelumnya.

DI ANTARA

Baca Juga: H-7 Natal Volume Lalu Lintas Meningkat di Tol Jasa Marga, Puncaknya 23 Des

Ikuti berita Tempo terbaru di Google News, klik di sini.

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button