Berita Wisata

Hanya ada 33 pantai di DIY yang memiliki lifeguard dan anggota Linmas SAR.Ini panggilan untuk wisatawan

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA – Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) DIY mulai menyiagakan anggota Satlinmas SAR Special Rescue di 33 pantai jelang libur akhir tahun 2022.

Kendati demikian, masyarakat diimbau untuk tetap waspada dan mematuhi anjuran saat berlibur di pantai selatan Yogyakarta.

Memang, dari total lebih dari 100 pantai selatan Yogyakarta, hanya 33 pantai yang memiliki posko pengawasan serta Satlinmas Rescue SAR Khusus.

Baca juga: Peringatan Cuaca BMKG Besok Sabtu 19 November 2022: Daftar Daerah Kemungkinan Diguyur Hujan Deras

Masyarakat yang berlibur di pantai diminta melapor kepada petugas Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) jika pantai yang dikunjungi tidak memiliki posko penyelamat atau petugas SAR Satlinmas khusus.

“Kemarin satri dari Sukoharjo datang jam 5 dan tidak melapor ke petugas. Juga masuk ke pantai Seruni, tidak ada petugas Satlinmas SAR disana, kami mendapat laporan kejadian dari masyarakat,” kata Satpol PP DIY Ketua Noviar Rahmad pada Jumat (18/11/2022).

Ia berharap masyarakat yang berkunjung ke pantai tersebut, apalagi di tengah kondisi cuaca ekstrem seperti saat ini, mengikuti arahan petugas di lokasi.

“Karena masih banyak pantai yang belum ada anggota Satlinmas Rescue SAR. Yang kita alokasikan baru 33 pantai. Sementara di DIY masih ada 100 pantai lagi”, ujar Noviar.

Selain mengimbau masyarakat waspada, Noviar juga mencontohkan seluruh infrastruktur dan sumber daya manusia (SDM) telah disiapkan untuk menyambut libur akhir tahun 2022.

“Kami sudah siapkan jet ski dan kapal jukung. Staf kami juga sudah dilatih, ada pelatihan SAR dan diving setiap tahunnya,” ujarnya.

Masyarakat diminta untuk mengidentifikasi ciri-ciri pantai tempat mereka ingin berlibur.

Noviar menjelaskan, rambu-rambu informasi tingkat bahaya tiap pantai sudah dicetak.

“Itu saja. Jadi hati-hati, misalnya di Pantai Parangtritis ombaknya agak tenang. Kalaupun arusnya kuat di bawah karena ada cekungan. Nah, orang tidak tahu itu,” ujarnya mencontohkan.

Baca juga: Anies Baswedan Temui Tim Kecil PKS, Nasdem dan Demokrat, Bahas Masalah Apa?

Kepala Linmas Satpol PP DIY, tambah Nur Hidayat, saat ini ada 328 anggota Satlinmas SAR Special Rescue yang berjaga di 7 wilayah.

Pihaknya mengapresiasi kerja keras para staf Satlinmas SAR Special Rescue yang bekerja keras tanpa pamrih.

“Anggota kita ada 328 orang, tentunya mereka bekerja tanpa pamrih. Dan kemarin saat terjadi kecelakaan laut di Pantai Seruni, anggotanya cepat dan dalam waktu singkat korban bisa ditemukan meski sudah tidak bernyawa,” pungkasnya. (hda)

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button