Tempat Wisata

Harga tiket, atraksi, fasilitas dan lokasi Air Terjun Benang Kelambu

Rutinitas sehari-hari terkadang terasa sangat membosankan sehingga sebagian orang kehilangan fokus atau stres. Tentu saja, ketika Anda mengalami kondisi seperti itu, perlu sedikit petualangan dan penyegaran, bukan?

Nah, kali ini kamu diajak berpetualang ke salah satu air terjun di Lombok. Ya, pulau Lombok tidak hanya terkenal dengan wisata pantainya yang indah, tetapi juga melestarikan keindahan ekowisata lainnya yaitu Air Terjun Benang Kelambu.

Namanya saja menunjukkan bahwa kelambu air menggantung di tempat yang sangat tinggi. Dikelilingi perbukitan hijau, udara segar dan kombinasi suara air dan alam yang akan menenangkan Anda. Seperti apa keindahan air terjun Garnnetz yang sebenarnya? Yuk simak ulasannya di bawah ini!

Jaring Air Terjun Benang Kecantikan

Biasanya kesan pertama saat berkendara ke air terjun adalah suara gemericik air yang deras dan butiran-butiran air yang lembut mengenai wajah Anda. Berbeda dengan Air Terjun Benang Kelambu yang memberikan kesan tenang dan menyejukkan. Apalagi mengingat ukuran air terjun yang terbagi menjadi tiga bagian.

Air terjun atas merupakan puncak dari air terjun yang memanjang. Aliran air jatuh seperti kelambu meledak dari dedaunan. Ketinggian air terjun pertama sekitar 30 meter dengan aliran air langsung dari mata air tidak jauh. Bisa dibayangkan betapa segar dan alaminya air di aliran Jaring Nyamuk.

Petualangan menuju benang jaring air terjunPetualangan Air Terjun Benang Kelambu, Foto oleh @moharris_

Kemudian aliran airnya terserap di sungai yang tidak terlalu panjang dan mengalir menuju air terjun kedua. Meski tidak setinggi air terjun pertama, hanya sekitar 10 meter. Namun Anda akan melihat seolah-olah air terjun keluar dari sela-sela dedaunan.

Setelah memanjakan mata dengan keindahan air terjun pertama dan kedua, kini Anda akan merasakan segarnya air di air terjun ketiga. Tidak terlalu tinggi, hanya sekitar 5 meter, Anda bisa bermain air dan merasakan langsung gemericik air terjunnya.

Fasilitas di Air Terjun Wanawisata Garn Kelambu

Bagi Anda yang datang jauh-jauh untuk mengunjungi Air Terjun Benang Kelambu, jangan khawatir. Terdapat beberapa villa, hotel dan resort di sekitar Air Terjun Benang Kelambu yang dapat memudahkan akomodasi untuk menjelajahi alam Lombok. Dan tentunya staf penginapan atau biro perjalanan terdekat akan menemani anda jika membutuhkan pemandu wisata.

Atau jika Anda berencana untuk pergi sendiri bersama keluarga, Wanawisata ini juga menyediakan tempat parkir untuk mobil dan motor. Tentu saja demi menjaga keindahan alam, tempat parkirnya agak jauh dari lokasi, sekitar 1 km.

Dalam perjalanan Anda menuju Benang Kelambu juga terdapat warung-warung yang siap menyediakan makanan dan minuman untuk Anda. Jadi Anda tidak perlu membawa perbekalan yang terlalu banyak. Selain itu, warung-warung ini bisa menjadi tempat beristirahat ketika Anda mulai merasa lelah.

Jadi, selain keindahan alam, Anda juga bisa menikmati keramahan penduduk setempat. Ada juga mushola bagi wisatawan muslim yang ingin salat.

Petualangan ke Air Terjun Benang KelambuPetualangan ke Air Terjun Benang Kelambu, foto oleh @inindonesiaku

Tidak perlu merogoh kocek terlalu dalam saat berwisata ke Air Terjun Garnnet

Salah satu keuntungan dari ekowisata adalah Anda tidak perlu mengeluarkan uang terlalu banyak. Begitu juga jika ingin berwisata ke Air Terjun Benang Kelambu, tiket masuknya hanya Rp 10.000 yang sangat terjangkau bukan?

Akomodasi juga fleksibel tergantung kebutuhan dan kondisi keuangan Anda. Jika menggunakan sepeda motor biaya parkirnya Rp 2000 sedangkan mobil Rp. 5000. Dan melakukan jasa sewa ke area situs mulai dari Rp 90.000 untuk group (max 7 orang). Jadi murah kan?

Nikmati perjalanan menuju Air Terjun Benang Kelambu

Kenikmatan berwisata tidak hanya di lokasi wisata, kenikmatan berwisata juga merupakan kenikmatan tersendiri. Begitu juga saat kita berwisata ke Air Terjun Benang Kelambu, Anda akan merasakan perjalanan yang menarik dan menyenangkan.

Lokasi Benang Kelambu sendiri berada di wilayah Lombok Tengah, lebih tepatnya di Dusun Pemotoh, Desa Aik Berik, Kecamatan Batu Keliang Utara. Sekitar 55 km dari Bandara Internasional Lombok. Jika menggunakan jalur bypass, perjalanan memakan waktu 1 jam.

Petualangan di benang jaring air terjunPetualangan di Air Terjun Benang Kelambu, foto oleh @ahyan_qudsi

Lokasi air terjun di hutan seringkali membingungkan. Jika takut tersesat, Anda bisa meminta atau menyewa jasa pemandu untuk menuju lokasi air terjun.

Dalam perjalanan menuju Benang Kelambu, Anda akan menjumpai air terjun lain yaitu Air Terjun Benang Stokel. Kedua air terjun ini berada dalam satu jalur sehingga Anda akan disuguhi pemandangan alam, air terjun Benang Stokel dan Benang Kelambu di puncaknya.

Waktu terbaik untuk menikmati Waterfall Yarn Net Tour

Cukup jauh jika dilihat dari pendekatannya, sekitar 1,5 km dari tempat parkir. Tentu saja sangat menyegarkan ketika Anda berangkat di pagi hari. Pasalnya, ekowisata ini buka dari jam 7 pagi hingga jam 5 sore.

Bepergian di malam hari atau bermalam di lokasi air terjun sangat tidak disarankan. Mengingat minimnya penerangan dan penjaga tidak mampu menjangkau seluruh area jaringan benang. Selain itu, jika Anda bepergian dalam kegelapan, Anda tidak akan bisa menikmati pemandangan alam Benang Kelambu yang rindang dan rindang.

Banyak sekali aktivitas yang bisa dilakukan bersama keluarga atau pasangan selama wisata benang kelambu air terjun. Banyak spot selfie untuk mengabadikan momen-momen bagus, pedagang yang menjajakan makanan dan minuman khas Lombok. Keramahan masyarakat Lombok, dimana segala kerumitan tersebut siap memanjakan jiwa dan raga Anda.

Petualangan Foto Air Terjun GarnetPetualangan Foto Air Terjun Benang Kelambu, Foto oleh @fascinating.experiencesBenang jaring air terjun warna-warniBenang Kelambu Air Terjun Mempesona, foto oleh @panz_sikaki_liahbenang jaring air terjunAir Terjun Benang Kelambu, foto oleh @ajiabiyogaPetualangan menuju benang bersihPetualangan ke Benang Bersih, foto oleh @cruise.travelbycheri

Jadi bagaimana? Sudah siap liburan ke air terjun Benang Kelambu setelah pandemi?

Source: suwatu.com

Related Articles

Back to top button