Tempat Wisata

Harga Tiket & Atraksi Pantai Pamayangsari

Harga Tiket Masuk Pantai Pamayangsari : Gratis Jam : 07.00 – 19.00No. Telepon: GratisAlamat: Sindangkerta, Cipatujah, Tasikmalaya, Jawa Barat., Indonesia, 46189

Pantai Pamyangsari Destinasi rekreasi keluarga berupa wisata alam laut dengan perahu nelayan. Selain berfungsi sebagai kawasan wisata, kawasan ini juga digunakan untuk pelelangan ikan. Banyak nelayan yang langsung menjual hasil tangkapannya kepada pengunjung di dekat tempat wisata. Keuntungan membeli ikan di sini adalah harganya murah dan ikannya segar.

Di sekelilingnya terdapat dua menara yang menjadi icon dari pantai Pamayangsari. Ini terdiri dari menara mercusuar dan menara observasi. Melalui salah satu menara tersebut, pengunjung dapat melihat keindahan laut dari atas. Misalnya menyaksikan panorama sunset yang memancarkan cahaya dari ufuk barat.

Harga tiket pantai Pamayangsari

Tidak ada biaya masuk untuk mengunjungi Pantai Pamayangsari. Wisatawan dapat masuk dan keluar dengan bebas tanpa harus membayar sepeser pun.

Harga tiket pantai Pamayangsari
tiket masuk Gratis

jam buka

Kawasan pantai ini selalu buka 24 jam sehari. Bahkan jika pengunjung yang datang pada sore hari mulai padat.

jam buka
Setiap hari 07.00 – 19.00

Objek wisata pantai Pantai Pamayangsari

Sejak awal keindahan pantai Pamayangsari sudah dikenal se-Kabupaten Tasikmalaya. Sejak tahun 1973 hingga saat ini hampir tidak pernah sepi dari kunjungan wisatawan. Tak heran, karena kawasan di sekitar pantai menyimpan segudang pesona dan atraksi yang menakjubkan. Ini termasuk Sea Thanksgiving, Breakwater, Twin Towers dan pelelangan ikan.

Atraksi ritual syukuran laut

Daya tarik utama dari pantai ini adalah ritual Pengucapan Syukur Laut. Sebuah prosesi di mana sesajen diturunkan ke laut, ditempatkan dalam sebuah wadah yang disebut a jampan. Di dalamnya ada 7 bunga dengan 2 kepala sapi. Terdiri dari kepala sapi dan bermulut bule atau kambing hitam.

Biasanya festival panen berlangsung pada awal bulan Muharram pada tahun Hijriyah. Para nelayan akan membagikan sesaji dan berusaha berebut air di sekitar Jampana. Penduduk setempat percaya bahwa air yang dituangkan ke dalam kapal akan membawa rejeki yang melimpah.

Akhirnya, prosesi syukuran ke tepi pantai selesai. Selain itu, warga akan menggelar acara hiburan seperti pertunjukan dangdut dan kesenian daerah. Di malam hari ada pasar malam dengan berbagai wahana. Semua acara ini adalah inisiatif dari pemuda setempat.

Baca: Tiket & Wahana Ampera Waterpark Tasik

menara kembar

Pemandangan Menara Kembar dari Pantai Pamayangsari.Pantai Pamayangsari memiliki ikon menara kembar berupa menara mercusuar dan menara observasi. Foto: Googlemap/Asep Apandi Saputra

Salah satu hal ikonik dari pantai ini adalah adanya 2 menara yang berdiri kokoh. Ini adalah menara mercusuar dan menara pengintai. Penduduk setempat biasanya menyebutnya menara kembar. Posisinya berada di ujung pantai bersebelahan dengan pemecah gelombang.

Dari dua menara tersebut, pengunjung hanya diperbolehkan masuk ke menara observasi. Bangunannya terbuat dari beton dan terdapat tangga melingkar di dalamnya. Tangga bisa menjadi cara untuk mencapai lantai atas. Memang sedikit melelahkan, tapi terbayar dengan pemandangan alam yang sangat indah.

Begitu sampai di puncak, wisatawan bisa melihat laut biru dengan ombaknya yang bergulung. Di sisi lain Anda juga bisa melihat beberapa rumah warga dan areal persawahan. Karena keindahan alamnya, tempat ini sering menjadi pilihan spot foto. Atau bisa juga menjadi tempat bersantai sambil menikmati semilir angin yang sepoi-sepoi.

Baca: Tiket & Wahana TEEJAY Waterpark Tasik

Pemecah gelombang eksotis

Batu pemecah gelombang di pantai Pamayangsari.Lokasi situs batu pemecah batu memberikan sensasi berfoto dengan latar belakang hamparan laut biru yang luas. Foto: Googlemap/Risye Barbara

Daerah sekitar pantai memiliki area pemecah batu karang. Bentuknya berupa bebatuan besar yang berada di sekitar pantai. Fungsi utama dari batu ini adalah untuk memblokir ombak pantai selatan yang terkenal. Selain untuk menghindari abrasi pantai, tujuannya juga untuk memudahkan nelayan memarkir perahunya.

Batuan ini membentang di sepanjang pantai dari barat ke timur. Hingga berakhir lebih awal di 2 menara kembar. Tidak jarang wisatawan datang ke kawasan bebatuan ini untuk berfoto. Selain lebih dekat dengan laut, bebatuannya sendiri juga terlihat eksotik.

Baca: PANTAI SINDANGKERTA Tasik: Tiket & Aneka Aktivitas

pelelangan ikan

Aktivitas jual beli ikan di Pantai Pemayangsari.Pusat penjualan ikan termurah di Kabupaten Tasikmalaya. Foto: Googlemap/Elegi Zuhri

Selain keindahan lautnya, ternyata Pantai Pamayangsari juga menjadi pusat pelelangan ikan. Di sini pengunjung bisa membeli ikan langsung dari nelayan. Harga yang ditawarkan cukup terjangkau dan tidak menguras kantong.

Setiap hari kawasan ini selalu ramai dikunjungi wisatawan yang ingin membeli ikan. Jika tidak ingin keluar, sebaiknya datang sekitar pukul 10.00 pagi. Sebab pada jam itu para nelayan baru saja pulang dari melaut. Tentunya dengan membawa hasil tangkapan yang masih segar.

Menariknya, ikan yang dibeli lebih awal bisa diproses di hari yang sama. Pengunjung bisa membawanya ke warung-warung terdekat di sekitar pantai. Wisatawan hanya perlu memberikan ikan dan kemudian menunggu beberapa menit hingga makanan selesai dimasak.

Pemandangan matahari terbenam yang indah

Pesona Pantai Pamayangsari tak berhenti dengan keindahan lautnya. Kawasan ini juga memiliki panorama sunset yang sangat indah. Menjelang sore, pengunjung bisa menikmati cahaya keemasan yang memancar dari arah barat. Dimana matahari bersiap meninggalkan singgasananya.

Panorama sunset tampak di seluruh sudut pantai. Namun tempat terbaik untuk melihatnya adalah di puncak menara observasi. Di sana, pengunjung bisa melihat matahari terbenam dengan mata telanjang. Ukuran matahari terlihat sangat besar dan seperti jarak yang begitu dekat.

perabot

Meskipun wisata ini tidak memungut biaya pengunjung untuk tiket masuk. Namun fasilitas penunjang yang tersedia sudah cukup. Mulai dari tempat parkir yang cukup luas, toilet yang bersih dan keberadaan beberapa restoran. Bagi wisatawan yang ingin bermalam, bisa menyewa penginapan di sekitar pantai.

Lokasi Pantai Pamayangsari

Alamat lengkap Pantai Pamayangsari terletak di Sindangkerta, Kecamatan Cipatujah, Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat. Ke pantai ini, wisatawan bisa naik kendaraan umum dari Terminal Indihiang Tasik. Itinerary yang dipilih adalah Tasikmalaya – Cipatujah.

Source: travelspromo.com

Related Articles

Back to top button