Tempat Wisata

Harga Tiket Brown Canyon, Lokasi Rute dan Spot Terbaru 2023

Grand Canyon merupakan jurang terjal yang menjadi ikon benua Amerika. Sedangkan di Indonesia sendiri ternyata ada tempat yang tidak kalah indahnya dengan Grand Canyon yaitu Brown Canyon.

Brown Canyon berjarak 2km selatan TVRI Jawa Tengah – Pucang Gading Mranggen. Terdapat tebing-tebing tinggi yang sekilas menyerupai Grand Canyon. Tempat ini saat ini populer di kalangan fotografer. Brown Canyon Semarang sebenarnya merupakan proyek penggalian yang sudah berumur lebih dari 10 tahun. Sebenarnya Brown Canyon bukanlah tempat wisata, melainkan sebuah bukit biasa.

Namun karena penambangan material yang berlangsung setiap hari selama bertahun-tahun. Akhirnya berubah bentuk seperti Grand Canyon yang mempesona di Amerika. Keindahan panoramanya yang indah menjadikan brown canyon ini salah satu tempat wisata terbaik bagi pecinta fotografi. Tebing-tebing yang menjulang tinggi menjadi pemandangan yang sangat menarik dan sayang untuk tidak dikunjungi.

Baca juga: Umbul Sidomukti Bandungan dan Pondok Kopi Semarang

Lokasi Brown Canyon

Lokasi Brown CanyonFoto:

Brown Canyon terletak di kawasan Rowosari, Meteseh, Tembalang dan Semarang. Lokasinya tidak jauh dari lokasi pemancar TVRI Jawa Tengah di Pucang Gading, Mranggen.

Rute ke Brown Canyon

Rute ke Brown CanyonFoto:

Situs Brown Canyon Semarang dapat diakses dari berbagai arah. Pengunjung dapat melewati Pasar Meteseh melalui Rumah Sakit Tembalang, Kedungmundu atau Klipang.

Rute menuju Brown Canyon dari Semarang Timur

Berkendara melalui Jalan Fatmawati menuju Rumah Sakit Kota Semarang (Ketileng) kemudian belok kiri (menuju Perumahan Rakyat Klipang). Dan ke situs Klipang Golf: Setelah tiba di Klipang Golf, seberangi jembatan besi. Setelah jembatan besi ketiga (jembatan dengan sungai besar) ada belokan ke selatan (belok kanan). Jalan lurus sekitar 2 km dan Anda akan melihat keindahan Brown Canyon Semarang.

Baca Juga : 7 Tempat Wisata di Ambarawa, Semarang dan Sekitarnya

Rute menuju Brown Canyon dari Batang, Kendal dan Simpang Lima

Lewat perempatan Pasar Kambing, lalu perempatan Mrican, Kedung Mundu, Sambiroto, Intan Permai, belok kiri (Jl. Elang), lalu belok kiri hingga perempatan Pasar Meteseh.

Rute Brown Canyon datang dari Solo, Yogya dan Semarang Atas

Anda dapat berkendara melalui Banyumanik, Tembalang, UNDIP kemudian berjalan menyusuri Sigar Becah hingga pertigaan pasar Meteseh kemudian ambil jalan lurus.

Baca Juga : Tempat Wisata Di Semarang Dan Sekitarnya

tiket masuk

Tiket masuk ke Brown CanyonFoto:

Tidak ada biaya masuk resmi untuk memasuki brown canyon ini, namun ada biaya pungli sekitar dua ribu rupiah per orang. Tidak ada tempat parkir, penjual makanan dan fasilitas lainnya di lokasi ini.

Bersiaplah untuk Brown Canyon

ngarai coklat

Brown Canyon merupakan tempat penambangan material dan masih aktif. Jadi datanglah di luar jam kerja. Jika Anda terpaksa datang pada jam kerja, jangan lupa untuk memiliki masker atau buff untuk menutup mulut dan kaca mata untuk melindungi mata Anda.

Kondisi jalan menuju Brown Canyon tidak terlalu bagus, berdebu dan masih bergelombang. Jadi gunakan sepeda motor yang fleksibel atau, jika Anda suka tantangan, on-the-bike. Tidak disarankan menggunakan mobil mewah, apalagi mobil full equipment atau mobil ceper.

Atraksi Brown Canyon

Pesona Brown CanyonFoto:

Panorama seperti itu tidak mudah ditemukan di Indonesia. Bisa dibilang wisata Semarang yang satu ini sangat anti mainstream.

Bukit-bukit yang mengarah ke tebing terjal sangat mirip dengan Grand Canyon di Amerika Serikat. Namun siapa sangka ternyata bebatuan bekas tambang ini justru bisa menjadi kesempatan berfoto yang menarik.

Pilar batu yang menawan menjadi backdrop utama yang sering dicari wisatawan untuk selfie. Tak jarang, dalam beberapa kesempatan, banyak yang berfoto di sini menjelang pernikahan dan menghasilkan foto-foto Instagram.

Meski suasana di sini agak kering, namun tidak mengurangi niat wisatawan untuk datang ke sini. Tak sedikit pula pengunjung dari luar wilayah Semarang yang sengaja berlibur ke sini demi mengenal keunikan yang ada di sana.

Berawal dari aktivitas penambangan biasa yang meninggalkan jejak berupa bentang alam bebatuan yang memukau. Saat berada di Semarang, wajib untuk mengikuti wisata alam Brown Canyon dan temukan sendiri keseruan nya.

jam buka

Jam buka Brown CanyonFoto:

Karena ini bukan tempat wisata resmi, tidak ada jam buka yang ketat. Anda bisa datang ke sini kapan saja karena terbuka untuk umum 24 jam sehari.

Namun, kami menyarankan Anda memperkirakan waktu kunjungan Anda, dengan mempertimbangkan:

  • Lebih baik tidak datang saat pekerjaan penggalian sedang berlangsung.
  • Tidak disarankan untuk datang pada siang hari karena matahari cukup terik.
  • Jangan kesini saat hujan deras karena cukup berbahaya.

Agar kunjungan Anda berlangsung dengan baik, pastikan Anda memiliki waktu yang baik untuk kunjungan Anda. Untuk liburan yang lancar, sangat penting untuk memperhatikan cuaca.

Tempat terbaik di Brown Canyon

tempat terbaik di ngarai coklatFoto:

Berbagai bentang alam gersang berupa bebatuan dan pilar tentu menjadi daya tarik utama di Brown Canyon. Sejauh mata memandang, Anda akan melihat tebing-tebing cantik nan eksotik yang menjadi latar belakang foto.

Berfoto lucu adalah kegiatan utama yang biasa dilakukan pengunjung di sini. Saat mengunjungi teman, pacar, keluarga atau pasangan tercinta, jangan lupa untuk berfoto selfie.

Ambil spot-spot terbaik di Brown Canyon sebagai latar belakang foto dan video Anda. Penting bagi Anda untuk mempersiapkan diri atau membawa kamera kemana pun Anda berniat berwisata.

Atau setidaknya smartphone yang Anda miliki untuk membuat semua keseruan berlibur menjadi tak terlupakan. Miliki pengalaman liburan tak terlupakan dengan menjelajahi setiap sudut Brown Canyon Semarang.

Tips berkunjung

Tips berkunjungFoto:

Jika Anda berencana untuk menghabiskan liburan Anda di Brown Canyon Semarang, ada baiknya Anda membaca tips di bawah ini. Nah, beberapa tips di bawah ini bisa menjadi informasi tambahan sekaligus referensi Anda saat traveling.

  • Perhatikan baik-baik cuaca pada hari Anda datang ke Brown Canyon.
  • Pagi dan sore hari adalah waktu yang kami rekomendasikan untuk menikmati suasana yang lebih teduh di Brown Canyon.
  • Jika tidak ingin merasakan panas dan sengatan matahari, tidak disarankan untuk datang pada siang hari.
  • Namun, jika Anda memang datang pada siang hari, tidak masalah asalkan memakai penutup kepala seperti payung atau topi.
  • Bawalah minuman atau makanan ringan karena Anda pasti akan merasa haus selama perjalanan.
  • Persiapkan diri Anda secara fisik dan tubuh Anda akan berada dalam kondisi yang baik. Ingatlah bahwa menjelajahi Brown Canyon membutuhkan banyak energi.
  • Selalu buang sampah pada tempatnya untuk membantu menjaga keberlangsungan wisata Brown Canyon.
  • Waspada dan selalu berhati-hati saat menginap di sini karena ini adalah area tambahan dan bukan hanya tujuan wisata.

Itu semua informasi tentang Brown Canyon Semarang dalam satu laporan singkat yang Anda ikuti dari awal sampai akhir. Anda tidak perlu jauh-jauh pergi ke Negeri Paman Sam, Amerika, untuk menikmati pemandangan eksotis puncak tebing Grand Canyon.

Source: mytrip123.com

Related Articles

Back to top button