Tempat Wisata

Harga Tiket, Fasilitas, Atraksi, Aktivitas Seru!

Harga Tiket, Fasilitas, Atraksi, Aktivitas Seru!

Grojogan Pucung – Bagi pecinta travelling, mengunjungi destinasi yang menakjubkan adalah kepuasan batin tersendiri, ada kebanggaan tersendiri yang tidak bisa diungkapkan dengan kata-kata. Meski tujuannya berada di pulau yang jauh, gunung terjal, di tengah hutan belantara dan di puncak gunung bukanlah halangan.

Ada satu destinasi yang belum banyak diketahui orang yaitu Grojogan Pucung yang terletak di Kabupaten Bantul.

Dari sekian banyak tempat wisata di kabupaten Bantul, air terjun Grojogan Pucung tidak kalah indahnya, meskipun berada di tengah hutan belantara dan minim fasilitas, kondisi alamnya masih asri, airnya masih sangat jernih dan mengalir deras serta sungai yang stabil karena berasal langsung dari sumber yang baik, disana membuat mata terlihat damai dan tenteram.

Keindahan Grojogan Pucung via Spadepicnic.wordpresscomKeindahan Grojogan Pucung via Spadepicnic.wordpress.com

Sangat cocok juga bagi pecinta fotografi jika ingin mengambil foto alam dengan rimbunnya pepohonan yang masih hijau dan membuat tempat ini terlihat seperti lukisan panorama. Indahnya panorama Grojogan Pucung semakin indah dengan hadirnya kantor air terjun yang bertingkat.

Di Grojogan Pucung terdapat beberapa air terjun dengan ketinggian yang berbeda-beda, yang tertinggi memiliki ketinggian sekitar 15 meter dengan air terjun yang melebar dan jatuh langsung ke bawah. Di bagian dasarnya juga terdapat kolam yang dapat digunakan sebagai tempat mandi dan berenang dengan diameter kolam sekitar 7 meter.

Kunjungi juga: Liburan seru di desa wisata Tembi Bantul

Grojogan juga memiliki tebing kapur berukuran besar yang menambah keindahan tempat wisata ini.

Salah satu keunggulan tempat wisata ini adalah memiliki drainase air yang stabil, sehingga Anda bisa mengunjunginya saat musim hujan maupun kemarau.

Airnya juga sangat jernih dan segar sehingga cocok untuk berenang bagi wisatawan. Bagi wisatawan yang enggan berenang, Anda bisa duduk di bebatuan dan merendam kaki di dalam air

Grojogan Pucung memiliki kontur grojog yang rapat dan bersusun-susun, memiliki kolam untuk setiap grojong dengan lebar dan kedalaman yang bervariasi, dengan pola yang sangat mirip dengan grojogan sewu.

Untuk menuju Grojogan Pucung, kita harus menanjak. Setelah 5 menit berkendara Anda akan menemukan Grojogan yang tidak terlalu tinggi namun memiliki kolam dan sangat bagus untuk berfoto. Tidak hanya itu, perjalanan bisa dilanjutkan lagi dengan mencari 3 sampai 4 Grojogan plus Kedungnya.

Setelah 15 menit berkendara dari Grojogan Pucung terendah Anda akan menemukan Grojogan tinggi yang dikelilingi tebing dengan luas yang tidak begitu besar berupa tebing melingkar setinggi sekitar 8 meter dengan 2 aliran Grojogan dan sebuah Kedung, namun tidak terlalu dalam.

Grojogan Pucung - AtasGrojogan Atas via Spadepicnic.wordpress.com

Bagi anda yang suka berfoto praweeding, anda bisa memanfaatkan pemandangan yang indah di sekitar Grojogan Pucung, karena selain air terjunnya yang indah, pemandangan di sekitarnya juga sangat indah dan asri. Bagi anda pecinta selfie panorama ini juga bisa anda jadikan sebagai wallpaper karena pemandangannya sungguh menawan.

Artikel terkait: Liburan ke Ekowisata Jatisari Dlingo Bantul Yogyakarta

Lokasi Grojongan Pucung

Meski lokasi Grojogan Pucung cukup jauh dari pusat kota Jogjakarta, namun tempat ini cukup mudah dijangkau pengunjung. Setelah menjalankan kendaraan, baik roda dua maupun roda empat, Anda dapat memarkir kendaraan Anda. Setelah itu Anda harus berjalan kaki karena medannya tidak memungkinkan untuk dilewati kendaraan bermotor.

Setelah parkir pengunjung harus menempuh jalan menanjak, namun disinilah letak salah satu daya tariknya, karena perjalanan ini sangat menyenangkan dengan pemandangan alam yang indah, sehingga anda tidak akan merasa lelah sama sekali, hal ini akan semakin memacu adrenalin anda dan anda akan masih penasaran dengan keindahan grojogan ini.

Alamat Grojogan Pucung terletak di Dusun Pucung, Desa Seloharjo, Kecamatan Pindong, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Satu per Grojogan + Kedung Satu dari Grojogan + kedung via spadepicnic.wordpress.com

Rute menuju Grojongan Pucung

Jarak antara Grojogan Pucung dengan pusat kota Yogyakarta cukup jauh yaitu sekitar 25,2 kilometer dengan waktu tempuh sekitar 1 jam perjalanan dengan mobil.

Tetapi jalan menuju tujuan ini sangat sederhana. Dari pusat kota Yogyakarta, Anda bisa mengambil jalur timur menyusuri Jalan Secodiningrat, setelah sampai di pertigaan selatan menuju Jalan Brigjend-Katamso, kemudian langsung menuju pertigaan arah barat menuju Jalan Mayjend Sutoyo.

Ambil arah selatan menuju Jalan Parangkritis sampai pertigaan, sesampainya di pertigaan ambil arah selatan menuju Jalan Mangun Negoro, kemudian ambil jalan lurus terus menuju Jalan Tol Pundong. Setelah itu Anda akan menemukan pertigaan, ambil arah barat menuju Jalan Kretek Siluk, lalu ikuti jalan yang ada hingga sampai di Grojogan Pucung.

Mari kunjungi juga: Obyek wisata Gerbang Langit Dahromo yang lagi hits

Harga tiket masuk Grojongan Pucung

Karena tempat wisata ini belum dikelola secara resmi oleh pemerintah setempat dan belum ada harga resmi yang ditetapkan oleh pemerintah, maka pengelolaannya masih dilakukan oleh lembaga swadaya masyarakat khususnya pemuda Karangtaruna dan masyarakat sekitar.

Dengan begitu, untuk seluruh biaya parkir dan tiket masuk, pengunjung biasanya memberikan uang sepuasnya kepada pemuda atau masyarakat yang membantu mengelola kawasan wisata ini secara mandiri.

Grojogan Pucung Seloharjo via MblosukGrojogan Seloharjo atas Mblusuk

Fasilitas di Grojongan Pucung

Akibat intervensi pemerintah yang kurang maksimal dalam pengelolaan Grojogan Pucung, tempat wisata ini minim fasilitas. Hanya ada satu kantor air terjun berundak yang dibangun oleh pemerintah setempat.

Kalau tidak, fasilitasnya minim, hanya ada beberapa bangku bambu panjang yang tersedia untuk pengunjung duduk dan beristirahat, dan untuk urusan MCK bisa menggunakan toilet warga. Meski terkesan tersembunyi, tempat wisata ini cukup terawat, dengan tempat sampah di beberapa tempat.

Namun dengan segala keterbatasan fasilitas yang dimiliki oleh Grojogan Seloharjo akan terbayar dengan keindahan dan keasrian tempat wisata ini. Selain air terjun yang segar dan bersih, terdapat pemandangan yang indah dan asri serta tebing kapur yang menambah eksotisme tempat ini.

Etika wisata alam

  1. Buanglah sampah pada tempat yang telah disediakan
  2. Jagalah alam dengan tidak merusak alam
  3. Ikuti peraturan dan ketentuan yang berlaku
  4. Jaga ketenangan dan sopan santun Anda

****

Demikian artikel tentang Grojogan Pucung di Kabupaten Bantul yang memiliki air terjun yang indah, segar dan jernih dengan tebing kapur menambah keindahan alam sekitarnya. Bagi para pecinta travelling, perjalanan anda belum lengkap jika belum mengunjungi destinasi eksotik ini, selamat datang dan terima kasih.

Mari kunjungi juga: Wisata Alam Air Terjun Randusari Dlingo, Bantul

Source: tempatwisataseru.com

Related Articles

Back to top button