Tempat Wisata

Harga Tiket Kebun Binatang Bandung & Atraksi Satwa Maret 2023

Biaya masuk Kebun Binatang Bandung: Rp 50.000. Jam buka: 10.00 WIB-16.30 WIB. Nomor Telepon : (022)2502770/ 081313967733. Alamat / Lokasi : Jl. Tamansari No. 71, Lb. Siliwangi, Coblong, Bandung, Jawa Barat, Indonesia, 40132.

Kebun Binatang Bandung atau Kebun Binatang Bandung sebuah tempat wisata dengan koleksi flora dan fauna yang beragam. Dengan total hingga 800 hewan dari kelas Aves, reptil, mamalia dan ikan. Selain sebagai tempat wisata dan penangkaran satwa dilindungi, Kebun Binatang Bandung juga kerap dijadikan wahana pendidikan dan penelitian.

Awalnya dikenal dengan nama Derenten yang berarti kebun binatang dalam bahasa Sunda. Dengan perintis direktur bank Dennis, Kebun Binatang Bandung didirikan pada tahun 1930 oleh Taman Zoologi Bandung.

Baca: Tiket Masuk Dago Dream Park dan Wahana Foto Cantik

Tiket masuk Kebun Binatang Bandung

Biaya masuk
Tiket masuk hari kerja dan akhir pekan Rp 50.000

Baca: Tiket Masuk Hutan Anggrek Cikole dan Kegiatan Wisata Alam

Beberapa hal yang perlu diperhatikan pengunjung:

  • Pengunjung dengan tinggi lebih dari 80 cm membayar tiket masuk normal.
  • Beli langsung di kasir.
  • Anda diperbolehkan membawa makanan dan minuman dari luar asalkan menjaga kebersihan.
  • Tiket masuk gratis termasuk melihat pertunjukan binatang.
  • Metode pembayaran tiket adalah tunai, QRIS atau kartu debit BCA.

Jam buka Kebun Binatang Bandung

Kawasan wisata kebun binatang ini buka dari pagi hingga sore hari. Baik hari kerja maupun akhir pekan.

jam operasi
Sehari-hari 10.00 – 16.30 WIB

Baca: Tiket Masuk dan Aktivitas DUSUN BAMBU LEMBANG Bandung

Hal-hal yang dapat dilihat dan dilakukan di Kebun Binatang Bandung

Harimau Sumatera santaiHarimau Sumatera cukup langka di Kebun Binatang Bandung.

Dulu, saat Jepang berkuasa, tempat ini tidak dikelola dengan baik. Kemudian dilakukan rehabilitasi untuk mengembalikan fungsi tempat rekreasi dan pendidikan. Raden Ema Bratakusumah berinisiatif membubarkan Taman Zoologi Bandung yang kemudian menjadi Yayasan Marga Satwa Tamansari pada tahun 1957.

Luas Kebun Binatang Bandung hampir 14 hektar, dengan lingkungan yang asri dan nyaman. Pepohonan yang berdiri di sini seharusnya tidak hanya melindungi hewan dari angin dan hujan, tetapi juga melindungi tanah dari air hujan dan paru-paru kota Bandung.

Siapa pun dapat berinteraksi dengan koleksi hewan di area yang tersedia. Selain itu, pengunjung juga bisa merasakan sensasi menunggangi binatang seperti unta, gajah, dan kuda.

Selain mengamati satwa, berbagai atraksi dan aktivitas bisa dilakukan di Kebun Binatang Bandung. Berikut beberapa di antaranya:

Baca: 49 Tempat Wisata di Bandung Lengkap

wisata pendidikan

Kebun Binatang Bandung merupakan fasilitas wisata yang memberikan pengunjung wisata edukasi yang komprehensif seperti pertunjukan seni budaya, edukasi teknologi, dan pelestarian kekayaan alam.

Fungsi wahana tersebut adalah untuk belajar, mengenalkan budaya, menambah pengetahuan, serta melestarikan dan melindungi flora dan fauna. Kelompok sekolah juga sering memanfaatkan Kebun Binatang Bandung sebagai objek penelitian dan penelitian berbagai disiplin ilmu.

Baca: Tiket Masuk Cikao Park Purwakarta & 6 Aktivitas Wisata Air

pertunjukan budaya

Atraksi ini bertujuan untuk mengenalkan wisatawan pada seni dan budaya tradisional Sunda. Pertunjukan musik tradisional seperti Angklung biasanya digelar saat musim liburan.

Selain rekreasi, Kebun Binatang Bandung juga menawarkan banyak edukasi bagi anak-anak untuk mengenal budaya negaranya sendiri. Tentunya hal ini sangat berguna bagi mereka untuk mengetahui beberapa macam budaya yang ada di tanah air.

Mengamati jenis fauna

orangutan Salah satu spesies orang utan.

Kebun Binatang Bandung merupakan rumah bagi berbagai satwa yang dilindungi maupun tidak dilindungi. Di Kebun Binatang Bandung, pengunjung akan melihat berbagai spesies hewan dengan informasi lengkap tentang masing-masing kandang hewan. Contoh satwa yang dilindungi di sini adalah gajah sumatera, singa, coak biru, beruang madu dan lain-lain. Upaya penambahan satwa masih terus dilakukan, khususnya satwa asli Indonesia.

Baca: Tiket, Aktivitas, dan Akomodasi THE LODGE MARIBAYA

Animal Theater di Kebun Binatang Bandung

Merupakan salah satu atraksi yang sangat menarik bagi semua pengunjung Kebun Binatang Bandung. Teater satwa berlangsung dua kali sehari, yakni pada pukul 11.00 dan 15.00 WIB. Atraksi ini termasuk burung beo dan anjing pudel yang sangat lucu dan menghibur. Wisatawan yang membawa anaknya pasti sangat tertarik dengan atraksi satwa tersebut.

perjalanan perahu

Naik perahu di Kebun Binatang BandungMengemudi perahu dan berjalan-jalan adalah salah satu kegiatan yang menyenangkan di kebun binatang ini.

Naik perahu adalah kegiatan gratis yang tersedia untuk pengunjung di Kebun Binatang Bandung. Perahu di sini merupakan jenis perahu yang berukuran besar dan dapat menampung banyak orang.

Kegiatan ini adalah naik perahu selama beberapa menit di area danau. Ini adalah hiburan bagi pengunjung, terutama anak-anak. Untuk kapal dengan kapasitas 2 orang tidak termasuk dalam harga tiket.

Berfoto dengan karakter badut

Pengunjung dapat berfoto dengan berbagai badut karakter kartun di Kebun Binatang Bandung. Karakter yang tersedia adalah Elsa dalam film Frozen, kartun Doraemon dan lain-lain. Anak-anak biasanya suka dan tertarik dengan badut yang mereka lihat. Untuk berswafoto, para badut berpose menghadap kamera sambil berfoto bersama.

Baca: Trans Studio Bandung: Tiket Masuk, Wahana dan Studio Seru

Menunggangi binatang Kebun Binatang Bandung

Naik gajah di Kebun Binatang BandungAnda juga bisa menunggangi binatang seperti gajah di Bandung Bonbin

Kegiatan ini biasanya digemari anak-anak yang penasaran dengan sensasi menunggang binatang. Kebun Binatang Bandung memiliki koleksi berbagai hewan jinak yang dapat ditunggangi dengan keamanan yang baik. Hewan-hewan ini seperti gajah, unta, dan kuda yang dapat ditunggangi orang dengan aman.

Tentunya dalam kegiatan menunggangi hewan dibawah pengawasan petugas yang berpengalaman. Jadi Anda tidak perlu khawatir hewan-hewan ini mencelakai siapa saja yang menungganginya.

tempat bermain anak-anak

Selain rekreasi dengan melihat aneka flora dan fauna, Kebun Binatang Bandung juga menawarkan wahana untuk anak-anak. Wahana tersebut antara lain skuter anak, kereta api anak dan tempat bermain anak-anak akan menyukainya.

Pengunjung yang ingin anaknya bermain dengan wahana ini harus diawasi. Tentunya dengan adanya wahana ini anak-anak tidak akan bosan dan terkesan dengan hiburan yang ditawarkan.

keluar

Bagi yang ingin melakukan keluar Anda bisa mencoba wahana yang ada di Kebun Binatang Bandung. keluar yang suka di Kebun Binatang Bandung rubah terbang, untuk dewasa dan anak-anak tergantung ukuran badan. Kegiatan ini dapat memacu adrenalin dan merupakan salah satu wahana yang tidak membosankan. Bagi setiap orang yang berkunjung, Anda bisa mencoba wahana ini saat berwisata ke Kebun Binatang Bandung.

Baca: Wisata Outbong Treetop Bandung: Tiket Masuk dan Wahana Seru

Fasilitas Kebun Binatang Bandung

Tempat wisata ini menawarkan beberapa fasilitas umum yang bisa dinikmati wisatawan bersama keluarga. Terdapat food court di Kebun Binatang Bandung sebagai pusat kuliner yang menyajikan berbagai macam makanan dan minuman.

Tersedia juga event hall bagi yang ingin mengadakan acara di lokasi wisata ini. Ada juga masjid, toilet, taman bermain anak-anak, baskom air dengan perahu, binatang untuk ditunggangi, dan panggung yang biasanya menyelenggarakan pertunjukan seni dan budaya.

Baca: Tiket Masuk dan Kegiatan FLOATING MARKET Lembang 2018

Rute transportasi ke Kebun Binatang Bandung

Kebun Binatang Bandung dilalui oleh beberapa angkutan umum seperti jalur Cicaheum-Ledeng, Panghegar-Dipatiukur, Caringin-SD Serdang dan Cisitu-Tegalega. Lalu minta turun tepat di depan gerbang.

Alamat dan kontak Kebun Binatang Bandung

Taman satwa ini terletak di Jalan Kebun Binatang No. 6, Lebak Siliwangi, Coblong, Kota Bandung, Jawa Barat 40132. Kontak untuk pemesanan dan hal lainnya adalah (022) 2502770. Atau kunjungi media sosial seperti Instagram @bandung_zoo.

Source: travelspromo.com

Related Articles

Back to top button