Tempat Wisata

Harga tiket, rute, atraksi, dll

Harga tiket, rute, atraksi, dll

Pantai Sangar – Jawa Timur merupakan salah satu provinsi di Indonesia yang pemerintahnya serius mengembangkan sektor pariwisatanya. Tulungagung sendiri merupakan kota di Jawa Timur yang sedang dikembangkan menjadi kota wisata karena keindahan bahari yang dimiliki kota tersebut.

Di kota Tulungagung kita menemukan Pantai Sanggar, destinasi wisata baru di kota Tulungagung. Karena terbilang baru, Pantai Sanggar Tulungagung belum banyak dikunjungi wisatawan.

Jika pantai ini sudah terkenal di kalangan wisatawan, tentunya pantai ini akan menjadi salah satu destinasi wisata di Jawa Timur yang layak untuk dikunjungi. Hal ini bisa terjadi karena pantai ini bebas dari sampah dan berpasir putih.

Ketika kita datang ke pantai sanggar kita tidak dipungut biaya sama sekali. Tidak ada biaya masuk yang dikenakan kepada para wisatawan yang berkunjung ke pantai ini.

Jika kita mengunjungi pantai Sanggar Tulungagung, kita hanya membutuhkan waktu 1 jam dari pusat kota. Jika diperhatikan dengan seksama, panjang perjalanan yang harus kita tempuh saat berkunjung ke pantai ini adalah 30-40 km.

Pantai Sanggar Tulungagung melalui IG @risdavirginaPantai Sanggar Tulungagung melalui IG @risdavirgina

Jika kita bandingkan pantai Sanggar dengan pantai lainnya, pantai ini memiliki banyak kelebihan yang tidak banyak dimiliki oleh pantai lain. Untuk mengetahui apa saja kelebihan yang dimiliki pantai di Tulungagung ini, baca ulasan berikut ini:

informasi Umum

Lokasi: Jengglungharjo, Gunung Tanggung, Cab Tulungagung, Jawa Timur 66283
Peta: Klik di sini
Terbuka dan tertutup: 24 jam
Telepon: 0822-3489-7709
HTML: Rp 5.000 per orang

Lokasi tepi pantai

Lokasi pantai ini berada di Desa atau Dusun Jengglungharjo, Kecamatan Tepontan, Kabupaten Tulung Agung, Provinsi Jawa Timur.

Anda dapat berkendara sekitar 1 jam 45 menit hingga 2 jam berangkat dari pusat kota Tulungagung dengan jarak tempuh sekitar 30-40 km.

Pantai menawan ini sering disebut sebagai Talam mimpi Tulungagung, karena letaknya yang tersembunyi dari keramaian.

Selain Pantai Sine, Pantai Coro, Ngalur, Patuk Gebang serta Kawasan Wisata Budaya Sioro dan Klenteng Agung, pantai ini juga menjadi salah satu primadona wisatawan yang berlibur di Tulungagung.

Lokasi pantai ini berjarak sekitar 3 km dari Pantai Sine, yang membuat pantai ini menjadi salah satu tujuan wisata yang paling diminati wisatawan setiap tahunnya.

Pantai Sanggar ini terletak di sebelah timur Pantai Sine dan untuk bagian barat pantai ini adalah Pantai Pathok Gebang yang juga keren karena Pantai Pathok Gebang sangat unik saat air pasang. Wisatawan dihadapkan pada pemandangan ombak setinggi 15-20 meter yang menerjang karang.

Dan di dekat Pantai Sanggar juga ada Pantai Ngalur yang sudah kami bahas pada artikel sebelumnya. Pantai Ngalur ini hanya berjarak sekitar 2,5 km dari pantai Sine

Semua pantai yang ada di Tulungagung menawarkan keindahan yang luar biasa, sehingga warga Tulungagung enggan berlibur ke luar Tulungagung jika ingin mengunjungi pantai tersebut.

Rute ke lokasi

Pantai SanggarPantai Sangar

Bisa dibilang untuk mencapai pantai ini cukup mudah, karena rute yang harus kita tempuh sama dengan saat mengunjungi pantai Sine yaitu dengan mengarahkan kendaraan menuju ke arah kecamatan Gunung Tanggung.

Jika Anda menuju ke pusat kota Tulungagung, harap arahkan kendaraan Anda ke arah kecamatan Campurdarat. Juga, di persimpangan Pasar Campurdarat, pilihlah jalan di sebelah kiri yang mengarah ke Pantai Popoh.

Begitu sampai di pertigaan SMAN 1 Campurdarat yang berjarak sekitar 3 km dari pasar Campurdarat, ambil jalan ke kiri untuk menuju kawasan Tanggung Gunung.

Untuk menuju Pantai Sanggar, Anda juga bisa mengikuti jalan utama hingga bertemu dengan Pasar Gunungan Tutup. Kemudian perjalanan anda berlanjut ke SMPN 1 Tanggung.

Sekarang ada pertigaan di depan SMPN 1 yang arah ke kanan adalah Pantai Sanggar. Dari pertigaan ini lanjutkan menyusuri jalan utama sampai Anda tiba di gerbang yang diberi tanda Pantai Sanggar.

Oh ya, di sebelah kanan gapura ini ada mushola. Jalan atau gang menuju Pantai Sanggar ini berada persis di sebelah musala.

Namun sayangnya bagi anda yang membawa mobil tidak bisa melalui jalan ini, hanya sepeda motor yang bisa melewati jalan ini.

Mobil hanya bisa datang ke sini, harap parkir mobil Anda dengan baik, jika Anda datang dengan mobil, parkirlah dengan baik, lalu lanjutkan perjalanan ke pantai dengan berjalan kaki.

Sebaiknya anda tidak datang saat hujan karena jalan yang anda lalui cukup terjal dan sulit dilalui karena penuh lumpur.

Fasilitas yang tersedia

Wisata Pantai Sanggar TulungagungWisata Pantai Studio Tulungagung

Kondisi fasilitas di pantai ini masih minim karena belum dikelola dengan baik, pantai ini belum dikelola oleh pemerintah, hanya warga yang mengelola pantai ini.

Sejauh ini tidak ada kamar mandi atau kamar kecil. Jadi kalau mau berenang atau main air harus ganti baju, tutup handuk saja atau pergi ke tempat tersembunyi.

Di sekitar pantai juga tidak terdapat rumah makan, wisatawan harus membawa makanan dan minuman sendiri dari rumah atau luar agar tidak kelaparan.

Kunjungi juga: Pantai Popoh Tulungagung

keunikan pantai

Daya Tarik Obyek Wisata Pantai Sanggar Tulungagung viva IG @dodykpepe21Daya Tarik Obyek Wisata Pantai Sanggar Tulungagung viva IG @dodykpepe21

Walaupun pantai ini belum memiliki fasilitas yang memadai, namun pesona keindahan pantai ini tidak menyurutkan tekad wisatawan untuk mengunjunginya.

Perjalanan yang panjang dan melelahkan akan terbayar dengan pesona keindahan pantai Sanggar Tulungagung ini.

Pantai ini memiliki pasir putih halus yang juga bersih, dengan air laut berwarna biru jernih yang menyegarkan mata.

Satu hal yang menjadi daya tarik wisatawan adalah Anda bisa menyaksikan secara langsung keindahan alam bawah laut yang mengisi kawasan bawah laut Pantai Sanggar. Wisatawan bisa melihat ikan hias kecil, terumbu karang, dan bulu babi yang hidup di sekitar bebatuan di pantai studio ini.

Buat kamu yang suka foto-foto, keren banget mengabadikan momen di sini, wajib kamu lakukan selfie atau ambil gambar dan video di bawah air, jadi bawalah kamera tahan air jika memungkinkan.

Pantai ini juga memiliki karang-karang cantik yang bisa dijadikan spot foto instagramable dengan background yang cantik. Ombaknya cukup besar, terutama saat menggulung.

Waspadai wisatawan yang berenang atau bermain air, karena pantai di bagian selatan pulau Jawa ini memiliki ombak yang besar, kebanyakan dengan cerita mistis.

Daya Tarik Tempat Wisata Pantai Sanggar Tulungagung

Berikut beberapa tempat wisata Pantai Sanggar yang harus anda ketahui sebelum mengunjungi tempat wisata populer di Tulungagung ini :

1. Pantai pasir putih

Pantai Pasir Putih via IG @mauliddianaawPantai Pasir Putih via IG @mauliddianaaw

Seperti yang telah disebutkan, Pantai Sanggar merupakan salah satu pantai berpasir putih di kota Tulungagung. Tidak hanya memiliki pantai berpasir putih, pasir di pantai ini terlihat bersih dan bebas dari sampah.

Dengan adanya pasir putih yang dimiliki objek wisata alam di Tulungagung ini, pantai ini menjadi pilihan yang cocok bagi wisatawan yang suka bermain pasir.

Kunjungi juga: Wisata Pantai Gemah Tulungagung

2. Keindahan karang di pantai

Keindahan karang di pantaiKeindahan karang di pantai

Wisatawan yang berkunjung ke Pantai Sanggar akan menemukan karang-karang berukuran besar. Keberadaan karang ini tidak jauh dari bibir pantai dan dapat dengan mudah ditemukan. Keberadaan karang di pantai mencegah wisatawan dihantam ombak besar.

3. Banyaknya ikan kecil dan bulu babi

Pantai Sanggar memanjakan wisatawan dengan ikan hias kecil. Ikan ini dapat ditemukan di pantai dan memiliki penampilan yang cantik. Selain ikan-ikan kecil, kami juga menemukan bulu babi di sekitar karang.

4. Merupakan tempat terbaik untuk berkemah

Ini adalah tempat terbaik untuk berkemahIni adalah tempat terbaik untuk berkemah

Dengan keindahan laut yang dimiliki Pantai Sanggar, pantai ini menjadi tempat terbaik untuk berkemah. Suasananya yang tenang dan pemandangan Pantai Sanggar mampu memberikan kesan indah bagi wisatawan.

Selain empat keunggulan yang telah disebutkan di atas, Pantai Sanggar memiliki keunggulan lain berupa pemandangan sunset yang indah.

Pemandangan matahari terbenam di pantai Sanggar sangat indah dan dapat menghadirkan suasana romantis bagi wisatawan. Saat kita berkunjung ke pantai Sanggar, jangan lupa untuk mengabadikan momen matahari terbenam.

Rekaman kamera handphone mampu mengabadikan sunset di Pantai Sanggar Tulungagung. Karena menawarkan sunset yang romantis, ada baiknya kita mengajak teman atau pasangan untuk menikmati pemandangan indah yang ditawarkan pantai Sanggar. Kita juga bisa mengajak keluarga menghabiskan waktu bersama di tempat yang penuh keindahan.

Pantai ini dulunya adalah sebuah tempat menembak Perjalananku petualangankukepadamu backpacker dan para petualang harus mendirikan tenda di pantai untuk bermalam sambil membuat api unggun.

Tips berkunjung

Pantai Sanggar melalui IG @angginrahmahPantai Sanggar melalui IG @angginrahmah

Bagi anda yang ingin berlibur di pantai ini sebaiknya menggunakan sepeda motor saja. Karena jika berupa mobil, wisatawan akan kesulitan parkir.

Tempat terdekat ada di Pantai Sine dan jaraknya hingga 3 km, tentunya perjalanan akan semakin jauh. Saat musim hujan sebaiknya memakai sepatu di luar atau sandal gunung. Karena jalan menuju pantai penuh lumpur dan licin. Jadi sepatu di luar atau sendal gunung bisa meminimalisir kecelakaan.

Saat melewati perkebunan, warga tidak memetik atau merusak tanaman. Meski tampil sebagai tamu, Anda harus tetap menjaga sopan santun dan perilaku yang tidak merugikan orang-orang di sekitar Anda.

* * * * * *

Ini adalah laporan pengujian di studio pantai yang dapat kami sajikan untuk Anda. Semoga bisa menjadi referensi liburan untuk Anda, keluarga dan orang-orang tercinta di akhir pekan atau musim liburan yang akan datang.

Kunjungi juga: Air Terjun Lawean Tulunagung

Source: tempatwisataseru.com

Related Articles

Back to top button