Tempat Wisata

Harga Tiket TAMAN SARI dan Berbagai Zona Unik September 2023

Harga Tiket TAMAN SARI dan Berbagai Zona Unik September 2023

Taman Sari Yogyakarta Biaya masuk: 10.000 hingga 25.000 Rp. Jam buka: 09.00 – 15.00 WIB. Nomor telepon: 08179424442. Alamat/Lokasi : Jl. Taman Sari No.42, Cadipates, Kraton, Yogyakarta, DI Yogyakarta, Indonesia, 55132

Mengunjungi Keraton Yogyakarta belum lengkap rasanya tanpa mampir Taman Sari Yogyakarta. Istana Air juga merupakan bagian dari Keraton Yogyakarta. Selain itu, bangunan bersejarah ini berdiri di lokasi bekas taman keraton Keraton Yogyakarta.

Bangunan yang berdiri antara tahun 1765 dan 1812 ini sudah tidak utuh lagi. Namun sisa-sisa istana air ini menarik minat wisatawan lokal maupun mancanegara. Selain itu, letaknya yang strategis memudahkan wisatawan untuk mengakses tempat wisata ini.

Baca: TEMPAT PARIWISATA DI JOGJA: 49 Destinasi Anti-Mainstream

Biaya masuk Taman Sari Yogyakarta

Untuk menikmati salah satu situs warisan besar ini, pengunjung hanya perlu membayar sedikit biaya. Cukup belanjakan Rp 15.000 untuk wisatawan domestik dan Rp 25.000 untuk wisatawan mancanegara. Sedangkan pengunjung yang ingin berfoto selfie dan membawa kamera akan dikenakan tiket kamera sebesar Rp 3.000.

Jenis tiket harga tiket
Beli paket wisata Rp 275.000
Tiket masuk untuk anak domestik usia 2 hingga 12 tahun Rp10.000
Tiket Masuk Dewasa Domestik Rp 15.000
Tiket masuk untuk anak internasional Rp20.000
Tiket masuk internasional untuk dewasa Rp25.000

Biaya masuk ke Taman Sari

Baca: Tiket Masuk Candi PRAMBANAN dan 8 Hal Terbaik yang Dapat Dilakukan

Catatan: Kamera profesional digunakan untuk semua perekaman video. Harap konfirmasi terlebih dahulu ke kantor Taman Sari.

Jam buka Taman Sari Yogyakarta

Situs bersejarah ini buka setiap hari. Taman ini buka mulai pukul 09:00 hingga 15:00.

Kegiatan di Taman Sari Yogyakarta

Di kawasan peninggalan ini, pengunjung dapat menemukan reruntuhan dan sisa-sisa bangunan megah. Sebelumnya, Taman Sari terdiri dari 57 bangunan yang tersebar di lahan 10 hektare. Terdiri dari bangunan, kolam renang, danau dan pulau buatan, terowongan bawah air, saluran air, jembatan gantung dan bangunan lainnya.

Istana air ini terdiri dari 4 bagian, namun hanya satu yang masih utuh yaitu Pemandian Umbul Binangun. Selama ini sebagian halaman keraton menjadi kawasan pemukiman warga bekas abdi dalem Keraton Yogyakarta.

Baca: Tiket Masuk JOGJA BAY WATERPARK dan Berbagai Wahana Kerennya

1. Lengkungan Besar Taman Sari

Tempat ini merupakan perhentian kereta emas Sultan dan keluarganya. Gerbang masuk gedung ini dihiasi berbagai ornamen berupa bunga dan sayap burung.

2. Pesanggrahan

Sementara itu, kawasan ini digunakan sultan sebagai tempat meditasi dan pengembangan strategi perang. Di dalamnya berfungsi sebagai tempat penyimpanan baju besi, senjata, dan ritual penyucian keris. Tepat di depan wisma terdapat lapangan yang dulunya merupakan tempat latihan pedang.

Baca: Tiket Masuk Kastil LOST WORLD dan 5 Spot Foto Keren

3. Umbul Binangun

Umbul Binagun Taman SariKolam Umbul Binangun. Foto: instagram/wisata_tamansari_yogyakarta

Setelah memasuki gerbang kedua, pengunjung melihat dua buah kolam dengan air berwarna biru. Kolam ini mencakup 3 Umbul Binangun yaitu Umbul Kawitan, Umbul Pamuncar dan Umbul Panguras.

Umbul Kawitan merupakan tempat pemandian putri raja, sedangkan Umbul Pamuncar berfungsi untuk selir raja. Kedua kolam Umbul berada dalam satu tempat sedangkan Umbul pangur terpisah.

4. Air Mancur Gumuling

Sumur Gemuling, Taman Sari, Yogyakartaair mancur di situs Istana Air. Foto: wisata_tamansari_yogyakarta/instagram

Tidak seperti biasanya di kawasan Gumuling Sumur. Sebab Sumur Gumuling berfungsi sebagai masjid bawah tanah. Masjid ini terdiri dari dua tingkat berbentuk lingkaran 360° dengan bangunan tengah berongga.

Sedangkan bentuk bangunannya didesain dengan penataan akustik yang unik. Hal ini menimbulkan gema di seluruh ruangan saat pendeta memimpin doa. Kemudian di tengah masjid yang berlubang terdapat ruangan berbentuk persegi yang dihubungkan oleh lima anak tangga.

Jalur menuju Air Mancur Gumuling kerap menjadi spot foto yang menarik. Pasalnya, bentuk terowongan panjang menuju Sumur Gumuling ini cukup unik. Banyak yang tidak hanya berfoto selfie, tapi juga melakukan sesi foto sebelum pernikahan Di Sini.

jalan menuju air mancur GemulingAula menuju air mancur Gemuling Taman Sari. Foto: wisata_tamansari_yogyakarta/instagram

5. Gedung Kenongo

Gedung Kenongo merupakan gedung tertinggi di gedung istana air ini. Ruangan ini terutama digunakan sebagai ruang makan raja. Namun saat ini gedung ini sering digunakan sebagai tempat hiburan Matahari terbenam keemasan dan seluruh bagian taman.

Dari atas bangunan Kenongo terlihat tembok setinggi 2 hingga 4 meter yang mengelilingi seluruh bangunan. Bangunan ini selain berfungsi sebagai tempat makan, juga menjadi tempat untuk berjaga-jaga terhadap musuh.

Baca: Tiket Masuk Taman Merapi ke Tempat Terkenal Dunia dan 8 Aktivitas Serunya

6. Panggung Gedhong Gapura

Panggung Gedhong Gapura Taman SariPanggung Gerbang Gedhong di Taman Sari. Foto: wisata_tamansari_yogyakarta/instagram

Selama berada di sini, pengunjung akan menemukan sebuah gerbang yang dikelilingi ukiran ular. Gerbang ini sering menjadi spot foto Instagramable. Bangunan yang bentuknya seperti gapura adalah Gedhong Gapura Panggung.

Bangunan dua lantai ini berfungsi sebagai pintu masuk utama kompleks kastil. Bangunan ini dulunya merupakan tempat Sultan menikmati pertunjukan tari dan musik gamelan. Tempat ini merupakan tempat pribadi dimana sultan dan istri-istrinya dapat berdandan.

Transportasi ke Taman Sari

Karena letaknya yang strategis, taman ini selalu ramai dikunjungi saat akhir pekan. Untuk menuju lokasi, Anda dapat menggunakan kendaraan umum seperti taksi, becak, dan gerobak. Tersedia pula pilihan transportasi khusus bagi wisatawan menuju Keraton, Taman Sari, dan Ngabean. Angkutan yang dijuluki Thole ini beroperasi mulai pukul 08.00 hingga 22.00 WIB.

Lokasi Taman Sari Yogyakarta

Lokasi konstruksi bersejarah ini mudah diakses oleh semua kalangan. Di bawah ini alamat lengkap dan lokasi Komplek Wisata Jalan Taman Sari Pathen, Keraton Kota Yogyakarta, DI Yogyakarta Indonesia 55133.

Source: travelspromo.com

Related Articles

Back to top button