Berita Wisata

Holiday Nataru, berikut prakiraan cuaca tempat wisata di Bandung dan wilayah Jawa Barat lainnya

TEMPO.CO, Bandung – Wisatawan yang merencanakan liburan Natal dan Tahun Baru atau liburan naruto di wilayah Jawa Barat, mereka diminta mengantisipasi cuaca dan kondisi alam di sekitar destinasi wisata. Menurut Kepala Stasiun Geofisika BMKG Bandung Teguh Rahayu, wilayah laut pesisir selatan Jawa Barat berpotensi menimbulkan gelombang tinggi hingga empat meter.

“Seperti yang diharapkan, kehati-hatian diharapkan sepanjang periode Nataru,” katanya, Rabu, 21 Desember 2022.

Di Grand Bandung, berpotensi hujan lebat

Sedangkan di kawasan pesisir utara Jawa Barat, gelombang laut tergolong rendah hingga sedang dengan ketinggian mencapai dua meter. Sedangkan untuk Jawa Barat bagian tengah berpotensi terjadi hujan sedang hingga lebat. Begitu pula di wilayah timur, potensi hujan lebat terutama pada sore hingga sore hari dan larut malam.

“Wilayah Bogor, Depok, dan Bekasi berpotensi mengalami hujan sedang hingga lebat pada sore hingga malam hari,” kata Rahayu.

Di wilayah Bandung Raya yang meliputi Kota Bandung, Cimahi, Kabupaten Bandung, dan Bandung Barat, pada periode 21-23 Desember 2022 tidak berpeluang mengalami kondisi waspada atau waspada. Namun pada 30 Desember berpeluang terjadi hujan sedang hingga lebat.

Lihat: Hanya wisatawan yang ingin ke Pantai Kota Batam, telepon dulu penjaganya

“Selain tanggal tersebut sepanjang periode Nataru 21-31 Desember, wilayah Bandung Raya berpeluang mengalami hujan ringan hingga sedang,” ujarnya.

pemantauan BMKG

Berdasarkan hasil pemantauan BMKG terkait kondisi dinamika atmosfer, terjadi peningkatan aktivitas monsun Asia dan penguatan cold call Asia. Dampaknya secara signifikan dapat meningkatkan kecepatan angin permukaan dan pertumbuhan awan hujan di Indonesia, termasuk Jawa Barat.

Faktor lainnya adalah indikasi terbentuknya pusat tekanan rendah di perairan selatan Indonesia yang dapat memicu peningkatan pertumbuhan awan konvektif yang cukup masif. Hal ini berpotensi menyebabkan curah hujan dengan intensitas tinggi, peningkatan kecepatan angin permukaan, dan peningkatan tinggi gelombang di sekitarnya.

MAHASISWA ANWAR

Baca: Potensi Gelombang Tinggi di Pantai Selatan Banten, Wisatawan Diimbau Waspada

Selalu update informasi terbaru. Saksikan berita terkini dan berita pilihan dari Tempo.co di kanal Telegram “Tempo.co Update”. Klik Pembaruan Tempo.co untuk mendaftar. Pertama, Anda perlu menginstal aplikasi Telegram.

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button