Tempat Wisata

Hutan Pinus Mangunan: harga tiket, foto, lokasi, fasilitas dan spot

Yogyakarta tidak hanya kaya akan wisata budaya, kuliner, dan wisata pantai yang eksotik. Kota pelajar ini juga memiliki segudang tempat wisata lain yang menarik untuk dikunjungi. Seperti Hutan Pinus Mangunan yang kini menjadi destinasi wisata baru yang populer dan menjadi tempat favorit anak muda untuk melepas penat sejenak dari hiruk pikuk perkotaan.

Hutan Pinus Mangunan menjadi pusat daya tarik wisatawan yang ingin merasakan ketenangan. Suasana di tempat wisata yang sering disebut dengan Hutan Pinus Imogiri ini sangat asri, alami dan menyejukkan jiwa. Deretan pohon pinus berbunga terlihat sejauh mata memandang.

Hutan Pinus Mangunan

Lokasi hutan pinus Mangunan secara administratif terletak di Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Jika ingin mengunjungi tempat wisata ini wisatawan harus menempuh jarak minimal 16 kilometer atau sekitar 35 menit dari pusat kota Jogja. Letaknya juga tidak jauh dari Makam Kerajaan di Imogiri.

Wisatawan yang berkunjung ke tempat wisata sangat disarankan untuk menggunakan kendaraan pribadi. Sebab, belum ada angkutan umum di kawasan wisata ini. Lokasinya yang tidak jauh dari pusat kota Jogja dan suasananya yang tenang membuat objek wisata ini sangat cocok untuk berlibur.

Sejarah Hutan Pinus Mangunan

Hutan unik ini merupakan bagian dari RPH (Resort Pengelolaan Hutan) Mangunan. Luas totalnya mencapai 500 hektar dan banyak ditumbuhi pepohonan yang menjulang tinggi menambah sejuk suasana tempat wisata ini.

Hutan Pinus Mangunan sering juga disebut dengan Hutan Pinus Imogiri. Pasalnya, objek wisata ini terletak di dekat Makam Raja-Raja Imogiri. Padahal secara administratif hutan ini sama sekali bukan milik wilayah Imogiri.

Sebelum menjadi tempat wisata populer di kalangan anak muda saat ini, hutan pinus Mangunan dulunya merupakan kawasan tandus. Penghijauan juga dilakukan dengan menanam berbagai jenis pohon seperti pinus, akasia, mahoni dan masih banyak lagi.

Upaya reboisasi yang dilakukan para rimbawan secara bertahap membuahkan hasil. Kawasan hutan ini tidak hanya menjadi hutan lindung namun juga dikembangkan menjadi objek wisata. Berbagai fasilitas pendukung seperti toilet, musala, gardu pandang, panggung, dan kursi kayu yang tertata rapi dibangun.

Tempat wisata yang satu ini menjadi perbincangan tidak hanya di Indonesia namun bahkan hingga dunia. Selain deretan pohon pinus yang menjulang tinggi, keunikan hutan ini adalah adanya panggung kayu yang tampak muncul secara alami. Baru-baru ini website 9GAG mempublikasikan foto hutan pinus Mangunan yang langsung menimbulkan decak kagum akan pesona hutan tersebut.

Pesona hutan pinus Mangunan

Hutan di Kabupaten Bantul, Jogja ini menawarkan suasana tenang, damai namun asri. Jika ingin menikmati sejuknya udara di hutan pinus Mangunan, wisatawan disarankan datang pada pagi hari. Menuju kota hutan dengan bersepeda melalui jalan yang menantang dan berkelok-kelok akan menjadi pengalaman yang menyenangkan.

Sesampainya di lokasi, Anda akan disambut pemandangan hutan yang dipenuhi pepohonan diam. Suasana terasa tenang, ditemani udara sejuk dan segar serta gemerisik dedaunan yang tertiup angin. Sejauh mata memandang, wisatawan disuguhi pepohonan pinus yang rindang.

Hutan Pinus Mangunan

Objek wisata ini menawarkan kedamaian dan ketenangan bagi setiap orang yang mengunjunginya. Ada panggung dengan kursi kayu. Panggungnya didesain seolah menyatu dengan alam sekitar. Keunikan panggung di tempat ini rupanya juga menjadi simbol dari hutan pinus Mangunan.

Wisatawan bisa menikmati keindahan alam dengan duduk dan bersantai di kursi kayu. Bersantai di tengah hutan sambil duduk di kursi kayu rasanya seperti mengusir penat dari keseharian. Wisatawan juga bisa berpose di depan kamera dengan latar belakang panggung yang unik.

Begitu wisatawan bisa menikmati keindahan hutan dari bawah, mereka bisa menaiki gardu pandang yang dibangun pemerintah. Dari sudut pandang ini, wisatawan dapat menikmati pemandangan hutan sekitar yang mempesona. Wisatawan disuguhi panorama alam yang luar biasa. Anda akan melihat pepohonan hijau rindang dan perbukitan yang terlihat indah dari kejauhan.

Baca juga: Pantai Parangtritis, pantai dengan sejuta mitos dan rahasia

Wisatawan yang tidak puas hanya sekedar menikmati keindahan panorama alam juga bisa bertualang dengan mendaki ke Watu Abang melalui jalur outbond. Di situs ini terdapat sebuah mata air yang diyakini sebagai tempat pertapaan Sultan Agung Hanyokrokusumo.

Fasilitas hutan pinus Mangunan

Bagi wisatawan yang ingin menghabiskan liburannya di Hutan Pinus Mangunan, tersedia berbagai fasilitas yang bisa digunakan. Terdapat toilet umum, warung basic, dan mushola. Selain jalan utama yang menjadi akses menuju tempat wisata yang cukup ekstrim, fasilitas objek wisata ini bisa dikatakan cukup memadai.

Usai menikmati keindahan hutan, wisatawan juga bisa berwisata kuliner dan menyantap Sate Klathak. Banyak warung berjejer di pinggir jalan yang menjual salah satu kuliner khas Jogja. Hutan Pinus Mangunan mempunyai daya tarik yang menjadi magnet wisata. Di bawah ini adalah aktivitas yang dapat dilakukan wisatawan lokal.

Menikmati keindahan hutan pinus Mangunan

Tempat wisata ini sangat cocok bagi anda yang ingin berwisata namun mendambakan kedamaian dan ketenangan. Selain itu, Anda juga disuguhi panorama alam yang luar biasa indah. Ada ratusan pohon pinus kokoh menemani setiap jengkal langkah Anda. Suasananya yang tenang ditambah dengan udaranya yang sejuk dan segar menjamin Anda akan betah berlama-lama berada di hutan ini.

Anda dapat bersantai dan melepas penat dengan duduk di kursi-kursi yang mengelilingi panggung kayu. Bersantai dengan menikmati desain panggung yang unik ditemani sejuknya udara akan membuat Anda jatuh cinta dengan hutan ini. Anda juga bisa menikmati keindahan alam sekitar dengan mendaki gardu pandang yang disediakan oleh pengelola setempat.

Perburuan Foto

Hutan pinus Mangunan juga menjadi salah satu lokasi berburu foto yang paling populer. Mulai dari fotografer profesional hingga anak muda yang ingin mencari objek sebagai background selfie. Tempat wisata ini sedang hits di media sosial karena menjadi salah satu spot foto terbaik di Jogja.

Di tempat ini Anda bisa leluasa memotret berbagai objek, mulai dari pohon pinus hingga panggung kayu. Tempat ini juga sangat cocok bagi anda yang sedang mencari tempat untuk foto prewedding. Dengan pilihan background yang berbeda-beda, foto prewedding Anda akan semakin berkesan.

Baca juga: 58 Tempat Wisata di Jogja Paling Menarik yang Wajib Dikunjungi

Bersantailah di tempat tidur gantung

Di tempat wisata ini Anda bisa bersantai di hammock. Menikmati keindahan panorama alam di hutan pinus Mangunan sambil berayun di hammock tentu menjadi pengalaman tersendiri. Tak terasa semua penyakitmu hilang bila bersantai di hammock dalam suasana damai dan semilir angin sejuk.

Jam buka dan tarif masuk Hutan Pinus Mangunan

Bagi anda yang ingin mengunjungi objek wisata Hutan Pinus Mangunan dapat berkunjung pada pukul 06.00 hingga 18.00. Tidak ada biaya sama sekali yang dikenakan kepada wisatawan untuk memasuki kawasan wisata ini. Hanya saja wisatawan harus membayar biaya parkir sebesar Rp. Rp 3.000 untuk kendaraan roda dua dan Rp 10.000 untuk mobil.

Peta lokasi hutan pinus Mangunan

Tips berwisata ke hutan pinus Mangunan

  • Berhati-hatilah saat mendekati lokasi karena akses jalan utama penuh tanjakan dan tanjakan.
  • Sebaiknya datang pada pagi hari untuk menikmati udara sejuk dan segar.
  • Jika ingin bersantai dengan hammock, wajib membawa hammock sendiri.
  • Selalu menjaga kebersihan dengan tidak membuang sampah sembarangan.
  • Jagalah hutan dan jangan merusak pohon-pohon yang ada di hutan.

Galeri foto hutan pinus Mangunan

Potret hutan pinus Mangunan
Spot foto di hutan pinus
Kabut di hutan pinus
Puncak hutan pinus
Sunset di hutan pinus Mangunan

Source: www.tempatwisata.pro

Related Articles

Back to top button