Berita Wisata

Inilah 8 Tempat Wisata Alam di Brunei Darussalam

TEMAN Islampos, Brunei Darussalam adalah negara kecil yang kaya. Terletak di pulau Kalimantan, kesultanan ini memiliki keindahan alam yang menarik sebagai objek wisata. Apa saja tempat wisata alam brunei darussalam?

Negara ini memiliki keanekaragaman hayati flora dan fauna, danau dan air terjun yang tenang. Berikut 8 tempat wisata alam di Brunei Darussalam:

1 Wisata Alam di Brunei Darussalam: Taman Nasional Ulu Temburong

Taman Nasional Ulu Temburong terletak di antara sungai Temburong dan Belalong dan memiliki luas sekitar 50.000 hektar hutan hujan yang masih asli. Taman nasional yang biasa disebut Taman Fathul ini merupakan taman nasional pertama yang didirikan di Brunei dan telah dilindungi sejak tahun 1991.

Di sana wisatawan bisa menyusuri sungai dengan perahu dan melihat beberapa air terjun. Mereka juga dapat melihat ekosistem paling beragam di dunia secara langsung dengan mengunjungi Canopy Walkway dan menikmati pemandangan menakjubkan dari atas kanopi.

Salah satu waktu terbaik untuk mengunjungi Taman Nasional Ulu Temburong adalah sebelum fajar, karena saat itulah Anda dapat melihat burung dan banyak satwa liar lainnya mencari makanan.

Untuk sampai ke sana, cukup naik speedboat selama 45 menit menyeberangi sungai dan kemudian naik bus selama sekitar 30 menit. Kemudian naik perahu tradisional untuk mencapai tujuan.

BACA JUGA: 7 Pulau Terpencil di Indonesia yang Cocok Jadi Destinasi Wisata Di Tengah Pandemi

2 Wisata Alam di Brunei Darussalam : Pulau Selirong

Untuk sampai ke Pulau Selirong, wisatawan dapat naik perahu selama 30 menit dari kota. Pulau ini terkenal dengan hutan bakaunya yang masih asli dan semarak. Pulau ini adalah rumah bagi berbagai macam tanaman, termasuk bakau yang menjulang hingga lebih dari 40 meter.

Selain alamnya yang indah, Anda juga berkesempatan melihat satwa langka dan eksotis. Pulau Selirong adalah rumah bagi banyak hewan liar, seperti lemur terbang.

Hutan bakau juga merupakan tujuan populer bagi para pengamat burung, karena merupakan tempat bersarang bagi beberapa burung yang bermigrasi.

3 Wisata Alam Brunei Darussalam : Air Terjun Teraja

Air Terjun Teraja di Labi adalah satu lagi tempat wisata alam yang wajib dikunjungi di Brunei Darussalam. Perjalanan ke Air Terjun Teraja menjadi daya tarik tersendiri karena masih ada hutan hujan yang belum terjamah dan Air Terjun Teraja.

Saat mengunjungi Air Terjun Teraja, pengunjung dapat merasakan menyatu dengan suku Iban setempat karena perjalanan menuju Air Terjun Teraja dimulai di Rumah Panjang Teraja, rumah suku Iban.

4 Wisata Alam di Brunei Darussalam: Taman Rekreasi Luagan Lalak

Taman Rekreasi Luagan Lalak adalah salah satu permata tersembunyi Brunei Darussalam, rumah bagi rawa-rawa air tawar aluvial yang terkenal dengan perairannya yang indah seperti cermin.

Saat musim kemarau air akan surut dan jalan akan terlihat. Selama musim hujan, semuanya akan terendam. Wisatawan dapat mengambil kesempatan untuk berfoto di sepanjang jalan kayu menuju gazebo atau jembatan kayu sepanjang 200m.

Alasan lain mengapa Anda harus mengunjungi Taman Rekreasi Laguan Lalak adalah pengunjung akan dapat melihat matahari terbit yang terkenal. Taman Rekreasi Luagan Lalak berjarak sekitar satu jam perjalanan dari Bandar Seri Begawan dan tidak jauh dari Hutan Lindung Labi.

5 Wisata Alam di Brunei Darussalam : Eco Ponies Park

Eco Ponies Garden adalah hostel yang terletak di rumah pertanian otentik. Dengan menginap di sana, pengunjung akan dikelilingi oleh alam yang akan menjadi pengalaman unik. Mereka juga dapat menikmati pengalaman bertani-ke-meja mencicipi masakan lokal yang dibuat dengan bahan-bahan organik dan segar yang disiapkan dari pertanian itu sendiri.

Terletak di Lamunin, Tutong, Eco Ponies Garden berjarak sekitar satu jam dari ibu kota Bandar Seri Begawan. Pengunjung dapat memilih untuk menyewa tenda bersama masyarakat sekitar atau kabin bergaya rustic yang nyaman.

6 Wisata Alam di Brunei Darussalam: Desa Eko Sumbiling

Tidak jauh dari Taman Nasional Ulu Temburong, terdapat Sumbiling Eco Village, yaitu pondok ramah lingkungan yang terletak di tengah taman bermain alami. Tempat ini sangat cocok bagi Anda yang ingin bersantai dari kehidupan sehari-hari.

Selama menginap, pengunjung pasti akan melupakan gadget karena banyaknya aktivitas yang bisa dilakukan. Salah satunya adalah membantu masyarakat lokal mencari sayuran liar atau menikmati pemandangan alam. Melakukan aktivitas di sana pasti akan memperkaya pengalaman baru tentang alam dan budaya lokal.

7 Wisata Alam Di Brunei Darussalam: Tempat Tinggal .Resort dan Spa

Kedamaian dan ketenangan juga dapat ditemukan dengan menuju ke Abode Resort and Spa, sebuah resor mewah yang terletak di hutan hujan liar Brunei, dekat perairan Sungai Labu. The Abode Resort and Spa menawarkan vila-vila tenda yang dikelilingi oleh hutan rimbun dan perairan di dekatnya.

Selain glamping, Anda juga bisa mengikuti aktivitas yang ditawarkan di resor. Kegiatan yang dapat diikuti adalah pelayaran di Sungai Labu atau zipline dan banyak kegiatan lain yang akan membuat pengunjung merasakan alam dengan cara yang berbeda.

Setelah lelah melakukan aktivitas seru, pengunjung bisa dimanjakan dengan mengunjungi Spa & Wellness by Cantik Spa di Abode Resort untuk beristirahat dan memanjakan diri dengan berbagai pilihan pijat yang tersedia.

BACA JUGA : Harga Tiket Masuk Wisata Alam Curug Cipurut Purwakarta dan Rutenya

8 Wisata Alam Brunei Darussalam: Tempat Menyelam dan Museum Bahari Brunei Darussalam

Selain hutan hujan, Brunei Darussalam juga memiliki terumbu karang yang indah dan biota laut yang kaya. Anda bisa mengunjungi berbagai tempat menyelam seperti Abana Reef, Hornet’s Nest, Pelong Rock dan masih banyak lagi. Bahkan saat menyelam, pengunjung dapat melihat lebih dari 30 bangkai kapal bersejarah di laut.

Jika Anda tidak ingin bermain di laut tetapi ingin menjelajahi perairan di sekitar Brunei, maka mengunjungi Museum Bahari Brunei Darussalam bisa menjadi pilihan. Terletak di Bandar Seri Begawan, Museum Maritim Brunei Darussalam menampung 13.261 artefak yang digali dari kapal karam paling signifikan di Brunei di tiga galeri berbeda.

Salah satu daya tarik utama museum ini adalah bangkai kapal yang ditemukan pada tahun 1997, berisi artefak yang berasal dari abad ke-14 dan ke-17, yang mencerminkan sejarah panjang Brunei Darussalam. []

SUMBER: HALALTRIP

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button