Tempat Wisata

Intip pesona Air Terjun Putuk Truno, air terjun yang kaya akan legenda di Pasuruan

Jelajahi Air Terjun Putuk Truno di Pasuruan, air terjun penuh legenda di tengah keindahan alam yang menawarkan berbagai spot foto Instagrammable untuk mengabadikan petualangan Anda.

Harga tiket: Rp 15.000, Jam beroperasi: 07.00-16.30 WIB, Alamat: J L. Putuk Truno, Prigen, Kab. Prigen, Kab.Pasuruan, Jawa Timur; Map: Periksa lokasinya

Ada berbagai destinasi wisata alam menarik di Pasuruan diantaranya Air Terjun Putuk Truno. Meski tak terlalu jauh dari hiruk pikuk kota, namun objek wisata alam ini menawarkan tempat peristirahatan dari kebisingan perkotaan. Alasan utama?

Curug Putuk Truno menawarkan pemandangan alam yang hijau dan segar. Di kawasan air terjun eksotis ini, Anda akan disambut dengan deretan pepohonan hijau yang menyejukkan mata dan menjadikannya tempat ideal untuk bersantai.

Setelah berkunjung, Anda pasti akan merasakan tubuh dan pikiran menjadi lebih segar dan tenang.

Tur Sehari ke Bromo Sunrise, Air Terjun Coban dan Candi Jago

Daya tarik Air Terjun Putuk Truno

Objek Wisata Air Terjun Putuk TrunoFoto oleh Sarahlux di Google Maps

1. Suasana alam yang indah

Bisa dikatakan suasana alam yang masih begitu asri menjadi daya tarik tersendiri dari air terjun ini. Terletak di kaki Gunung Arjuno dan Gunung Welirang, air terjun ini dipenuhi pepohonan lebat.

Periklanan. Gulir untuk melanjutkan membaca.

Sejauh mata memandang, Anda akan menemukan panorama alam yang sangat menyegarkan mata.

Pengunjung juga disuguhi pemandangan luar biasa dalam perjalanan menuju air terjun. Pemandangan indah yang menyegarkan pikiran ini seakan mampu menghilangkan segala rasa penat selama perjalanan.

2. Legenda dua ekor burung tekukur

Saat Anda berkunjung ke air terjun eksotik ini, tak heran jika Anda melihat banyak pasangan di sini. Karena menurut mitosnya, sejoli yang datang kesini akan menjalin hubungan langgeng dan diberkati cinta.

Mitos ini muncul karena adanya legenda yang ada di masyarakat sekitar tentang air terjun ini.

Dikisahkan Adipati Madura, Raden Arya Wiraraja, menyembunyikan Sri Gading Lestari, putrinya, di Coban Baung karena tak merestui percintaannya dengan Joko Taruno.

Pasalnya, Joko Taruno merupakan anak seorang selir dan bukan berasal dari keluarga bangsawan. Namun berkat kegigihannya, Joko Taruno berhasil bertemu kembali dengan Sri Gading Lestari di Air Terjun Putuk Truno, tempat ia sering bermeditasi.

4D3N Bromo Sunrise, Wisata Air Terjun Ijen & Tumpak Sewu

3. Keindahan air terjun

Tak hanya alam sekitar yang indah untuk dilihat, air terjunnya sendiri juga sangat indah. Dengan ketinggian 45 meter, air mengalir di antara tebing tinggi dan jatuh ke kolam alami yang terbentuk di bawahnya.

Kolam tersebut memiliki kedalaman sekitar betis orang dewasa sehingga terbilang aman bagi anak-anak yang ingin berenang.

Arusnya tidak terlalu deras sehingga Anda bisa merasakan kesegaran tepat di bawah air terjun. Airnya sangat jernih dan terasa sangat menyegarkan saat menyentuh kulit.

4. Banyak spot foto Instagramable

Keindahan alam yang masih alami memang bisa menjadi spot foto menarik untuk feed Instagram Anda. Namun selain itu, Air Terjun Putuk Truno juga memiliki spot foto buatan yang sengaja dihadirkan pihak manajemen hotel untuk wisatawan.

Ada dua spot foto populer yang biasa digunakan pengunjung untuk berpose. Yang pertama adalah panggung panjang yang terbuat dari papan bambu tepat di depan air terjun.

Spot foto ini dilengkapi dengan pagar sehingga aman jika ingin berfoto dengan latar belakang air terjun yang mengalir.

Lalu di sebelah air terjun, agak ke atas, ada lagi spot foto. Spot foto kedua ini merupakan pendopo yang digunakan untuk bersantai dan menikmati air terjun.

Karena air terjun terlihat jelas dari sini, banyak orang yang mengantri untuk mengambil foto.

Hotel murah di Pasuruan

5. Kafe Truno Hutan

Tak hanya menyuguhkan pesona air terjun, di Air Terjun Putuk Truno juga terdapat tempat nongkrong asik. Namanya Forest Truno Café dan biasanya dipenuhi pengunjung yang ingin membeli makanan dan minuman.

Kafe ini berada di sebelah kanan loket tiket. Usai bermain-main di air terjun, Anda bisa mampir ke sini untuk mengisi perut.

Berbagai menu tersedia dengan harga terjangkau. Tempatnya tentu cocok untuk Instagram jika Anda masih mencari foto.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat Air Terjun Putuk TrunoFoto oleh Niki Handcraft Diy_Chanel di Google Maps

Curu Putuk Truno terletak di Tretes, Desa Pecalukan, Kecamatan Prigen, Pasuruan, Jawa Timur. Lokasinya dekat dengan air terjun Opa Bodo, hanya berjarak sekitar 2 kilometer. Sekarang jaraknya sekitar 45 kilometer dari pusat kota.

Keluar dari Surabaya, Anda bisa melewati Masjid Cheng Ho hingga Air Terjun Putuk Truno. Di perempatan tersebut Anda bisa belok kanan menuju Tretes dan belok kiri di perempatan tersebut.

Dari Taman Candra Wilwatikta Anda dapat menyusuri jalan yang terus menanjak hingga menemukan sebuah gerbang bertanda “Selamat Datang di Kawasan Wisata Prigen”. Tak jauh dari sini Anda akan menemukan petunjuk arah menuju air terjun.

Biaya masuk dan jam buka

Harga tiket masuk Air Terjun Putuk Truno adalah Rp15.000 untuk hari kerja dan Rp20.000 untuk akhir pekan atau hari libur. Harga berlaku untuk semua wisatawan domestik sedangkan wisatawan asing dikenakan tarif Rp. 25.000.

Harga di atas belum termasuk biaya parkir sebesar Rp 2.000 untuk sepeda motor dan Rp 5.000 untuk mobil. Bagi Anda yang datang menjelang pernikahan, pastikan untuk meminta izin terlebih dahulu. Nantinya Anda akan dikenakan biaya sekitar Rp. 250.000.

Kegiatan yang menarik

Aktivitas Menarik Air Terjun Putuk TrunoFoto oleh Achil 27 di Google Maps

Di jalan menuju air terjun

Dari tempat parkir, Anda harus berjalan kaki terlebih dahulu untuk sampai ke Air Terjun Putuk Truno. Jaraknya sekitar 300 meter dan akses menuju air terjun cukup mudah karena berupa jalan setapak.

Selama pengejaran, Anda akan disuguhi pemandangan yang begitu indah hingga tak terasa 10 menit telah berlalu.

Sesampainya di air terjun, Anda langsung disambut dengan suara gemericik air yang mengalir turun dari ketinggian tebing. Sangat indah dan menyegarkan mata dan pikiran.

Bermain air di Air Terjun Putuk Truno

Air Terjun Putuk Truno memiliki kolam alami yang kedalamannya hanya sebetis orang dewasa. Di kolam ini Anda bisa dengan mudah bermain air. Jadi jangan lupa membawa baju ganti.

Selain itu, akan terasa sangat menyegarkan jika merasakan langsung air terjun yang berada di bawah tebing saat menghantam tubuh. Kesegaran air jernih ini pasti akan membuat tubuh lebih bugar dan pikiran lebih segar.

Mampirlah ke Kafe Forest Truno

Sebelum pulang, jangan lupa mampir ke Forest Truno Café yang terletak di sebelah kanan loket tiket. Kafe ini mengusung tema hutan sehingga Anda bisa menikmati hidangan sambil menyatu dengan alam.

Terdapat banyak tempat duduk di kafe, jadi Anda tidak perlu khawatir tidak mendapat tempat duduk. Namun yang paling populer untuk bersantai di kafe ini adalah gazebo bersila yang dilengkapi dengan banyak bantal.

Menariknya lagi, kafe di Air Terjun Putuk Truno ini menawarkan banyak spot foto. Misalnya sepeda tua, gembok cinta, jalanan dengan payung warna-warni di atasnya dan masih banyak lagi.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Fasilitas menuju air terjun Putuk TrunoFoto oleh Linamario6 di Google Maps

Fasilitas wisata di tempat ini lengkap dan memenuhi kebutuhan pengunjung. Fasilitas dasar wisata seperti tempat parkir, toilet dan restoran tersedia. Bahkan ada kafe dengan variasi menu yang lebih beragam untuk memuaskan perut Anda.

Bagi pengunjung yang beragama Islam, terdapat musala di depan Air Terjun Putuk Truno jika ingin beribadah.

Dan jangan lupa, beberapa spot foto sengaja disiapkan untuk menambah keseruan wisata pengunjung. Hal ini tentunya memenuhi kebutuhan masyarakat yang membutuhkan konten saat berlibur.

Itulah beberapa atraksi dan fasilitas yang akan Anda temukan yang sangat cocok dijadikan destinasi liburan untuk melepas kepenatan. Apa yang kamu tunggu? Yuk segera rencanakan perjalanan ke Air Terjun Putuk Truno.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Back to top button