Berita Wisata

Jelajahi Surya Kencana, Bogor versi Pecinan

Mengunjungi destinasi baru memang selalu menyenangkan. Ada banyak informasi yang bisa didapat serta pandangan dan wajah baru yang ditemui. Berwisata tentu tidak lengkap jika tidak mencari kuliner lokal yang nikmat. Nikmati cita rasa hidangan khas dalam suasana ritmis. Hal tersebut bisa ditemukan di berbagai sudut kota, salah satunya Kota Hujan, Bogor.

Ada satu destinasi wajib para Pemburu Kuliner di Kota Bogor, yaitu Surya Kencana. Kawasan ini terletak tepat di seberang pintu masuk Kebun Raya Bogor. Lokasinya strategis karena menawarkan wisatawan kesempatan untuk berhenti setelah Kebun Raya. Bahkan menandainya pun sangat mudah, apalagi dengan gapura yang bertuliskan Lawang Surya Kencana.

Surya Kencana sebenarnya adalah nama sebuah jalan yang dipenuhi berbagai jenis toko. Dahulu kawasan ini merupakan pusat perdagangan pada masa penjajahan. Sepanjang jalan Anda akan menemukan toko kelontong, toko pakaian, bank, sepatu, mesin fotokopi dan berbagai toko lainnya.

Namun yang mendominasi di jalan ini adalah kuliner khas Bogor yang kaya akan cita rasa. Mulai dari cungkring yang berisi ketupat dan kikil berbalut bumbu kacang, mi kuah bogor yang pedas dan gurih, hingga es bir dingin kotjok yang dicampur dengan berbagai bumbu khas Indonesia, seperti jahe, kayu manis, cengkih, dan gula aren.

Selain makanan dan minuman khas Bogor, wisatawan juga akan dimanjakan dengan berbagai kuliner lainnya dengan harga terjangkau. Mulai dari bakso ringan, lumpia basah, es krim kelapa, laksa, sate, jagung bakar, martabak, karedok yang akan memanjakan lidah Anda. Bahkan, banyak juga kafe kekinian yang cocok untuk menghabiskan waktu bersama orang tersayang.

Setelah puas dengan kuliner yang ditawarkan, wisatawan bisa menjelajahi Surya Kencana dengan berjalan kaki. Jalanan di sini juga ramah pejalan kaki dengan trotoar yang cukup lebar dan dilengkapi bangku taman jika ingin beristirahat atau duduk-duduk sejenak.

Ciri khas Surya Kencana adalah ornamen dan nuansa khas Tionghoa yang menghiasi jalanan. Mulai dari pintu atau pintu depan yang dihiasi lampion dan dekorasi lainnya dengan warna merah mencolok.

Selain itu, terdapat beberapa gang pinggir jalan yang berubah menjadi persegi gambar yang menarik. persegi Tempat ini cukup ramai dikunjungi para remaja yang ingin berswafoto. Suasana malam hari juga semakin indah dengan lampion-lampion yang menyala.

Surya Kencana merupakan kawasan yang ramai terutama pada sore hingga malam hari di akhir pekan. Untuk memasuki kawasan ini, Anda hanya perlu menyiapkan budget kuliner sekitar Rp5.000-Rp. 50.000 atau tergantung jenis masakan yang ingin dicoba.

Jika Anda tidak ingin repot mencari tempat parkir saat kondisi sedang ramai, transportasi umum bisa menjadi pilihan. Yakni angkutan umum kota (angkot) seksi 2 dan 3 atau Bus Kita Bogor koridor 1 dan turun di halte KPPN Bogor. Dari halte bus ini, jalan kaki sekitar 400 meter menuju Gerbang Surya Kencana. Jangan lupa membawa payung atau jas hujan untuk melindungi Anda dari hujan mendadak di Kota Hujan.

Siti Zahwa Humaira 13 Januari 2023

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button