Berita Wisata

Jelang libur Natal dan Tahun Baru, Dispar merencanakan objek wisata di pesisir selatan Sukabumi

Sukabumi, Jawa Barat (ANTARA) – Jelang liburan Natal dan Tahun Baru 2022 2023, Dinas Pariwisata (Dispar) Kabupaten Sukabumi terus melakukan penataan objek wisata Pantai Selatan Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat.

“Salah satu penataannya adalah bagi para pedagang yang berjualan di sepanjang pantai, sekaligus kami berikan pendampingan untuk menjaga kebersihan dan kenyamanan kawasan wisata,” kata Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Sukabumi, Sigit Widarmadi di Sukabumi, Jumat 9/12).

Menurut Sigit, penataan ini dilakukan untuk memberikan kesan baik dan nyaman bagi wisatawan yang datang ke objek wisata yang masuk dalam kawasan Unesco Global Geopark Ciletuh Palabuhanratu.

Baca Juga: Bupati Sukabumi Resmikan Tempat Wisata Pantai Ujunggenteng

Ia meyakini saat liburan dan liburan dengan perayaan Natal dan Tahun Baru, jumlah wisatawan yang datang ke objek wisata unggulan Kabupaten Sukabumi ini akan lebih banyak dibandingkan tahun lalu.

Pihaknya juga telah menyiapkan sarana pendukung lainnya seperti informasi pariwisata di Kabupaten Sukabumi untuk memudahkan wisatawan menemukan tempat wisata, hotel/penginapan, restoran dan lain-lain sesuai dengan keinginannya.

Selain itu, Dispar juga berkoordinasi dengan Polres Sukabumi dan Tim Cyber ​​Pungli (pungli) serta Dinas Perhubungan Kabupaten Sukabumi untuk mengantisipasi pungli terhadap wisatawan yang dapat mencoreng nama baik dunia pariwisata di kabupaten terbesar kedua itu. di pulau Jawa dan Bali.

Baca Juga: Warga Palabuhanratu Dilatih Jadi Pemandu Wisata

“Kami bercermin pada kejadian-kejadian sebelumnya yang sempat viral di media sosial terkait pungli, untuk itu kami bersama instansi terkait lainnya terus melakukan berbagai antisipasi dengan melibatkan masyarakat agar kejadian serupa tidak terjadi lagi,” imbuhnya.

Sigit mengatakan, untuk kebersihan kawasan wisata, pihaknya telah berkoordinasi dengan Dinas Kebersihan Kabupaten Sukabumi dan mengimbau para pedagang menjaga kebersihan pantai dari sampah yang berserakan.

Selanjutnya, dari sisi keselamatan wisatawan, Dispar juga melakukan komunikasi dengan Balawista Kabupaten Sukabumi, Basarnas, Sarda Kabupaten Sukabumi dan unsur relawan lainnya untuk meningkatkan pengawasan dan menambah rambu-rambu di daerah rawan kecelakaan laut seperti tenggelam atau terbawa arus.

Baca Juga: Pemkab Sukabumi Fokuskan Pengembangan Wisata Alam Geopark Ciletuh di Palabuhanratu

Ia berharap seluruh elemen masyarakat dapat menjaga kenyamanan, kebersihan dan reputasi pariwisata di Kabupaten Sukabumi. Karena jika tidak dijaga maka keseluruhan obyek wisata akan menjadi jelek, tentunya banyak yang dirugikan karena akan mempengaruhi kedatangan wisatawan.

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button