Berita Wisata

Jika Berhasil 12 Nov, Pj Bupati Kampar Optimis Jelajah Muara Takus Bawa Ribuan – Bicara

Jika sukses pada 12 November, Pj Bupati Kampar Optimis Wisata Muara Takus membawa ribuan orang

BANGKINANG (BICARA) – Acara Tour Muara Takus akan mendatangkan ribuan orang ke Kabupaten Kampar dari berbagai wilayah Indonesia dan luar negeri, sehingga akan membawa banyak manfaat (multiplier effect) bagi masyarakat Kabupaten Kampar.

Demikian disampaikan Pj Bupati Kampar, Dr H Kamsol di hadapan puluhan wartawan yang melayani Pemkab Kampar saat kegiatan ngopi pagi bersama PT Hutama Karya, Rabu (26/10/2022).

Meski pada acara perdana yang akan digelar pada 12 November 2022 diperkirakan jumlah pesertanya hanya sekitar 300 pesepeda, namun di tahun-tahun mendatang, Tour Muara Takus mungkin akan seperti Tour Borobudur yang pesertanya telah mencapai ribuan pengendara sepeda dari dalam dan luar negeri.

Mantan Sekretaris Daerah Kabupaten Kepulauan Meranti dan Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Riau itu optimistis karena hingga Rabu (26/10/2022) sudah ada 20 provinsi yang mendaftar. Bahkan ada sembilan peserta dari Malaysia. “Bisa dibilang ini bukan lagi event nasional tapi event internasional,” kata Kamsol.

Ia menjelaskan, di antara peserta lokal, Kapolres Riau sudah meminta setiap Kapolres atau 12 Polres Riau mengirimkan 10 peserta. Ia memperkirakan pada acara perdana Muara Takus Tour ini, jumlah peserta akan mencapai 300 orang. “Dari delegasi polisi saja, 120 peserta,” jelasnya.

Jika acara perdananya sukses dan pelayanannya bagus, ISSI akan menjadikannya agenda tahunan. Kamsol juga berharap Tour Muara Takus akan sama dengan Tour Borobudur dan Tour Bromo dengan lebih dari 1.000 peserta.

“Awalnya Tour Bromo sepertinya sekitar 300-an, tapi sekarang sudah ribuan,” jelas Kamsol.

Jika jumlah peserta mencapai ribuan orang, maka akan berdampak ekonomi bagi Kampar dan Riau secara umum.

“Peserta datang untuk membayar sendiri. Kalau 1.500 orang datang dari berbagai provinsi atau manca negara tentu menggunakan tiket pesawat, bayar hotel, belanja, beli makanan dan minuman tentunya akan menjadi multiplier effect. Kami juga akan jadi Kalau kita memberikan pelayanan, kalau bagus kita akan perhatikan,” kata Kamsol.

Muara Takus Tour sendiri merupakan acara yang diselenggarakan oleh Ikatan Sport Bike Indonesia (ISSI).

Wisata Muara Takus rencananya akan dilaksanakan pada tanggal 12 November 2022 dan akan menempuh jarak 125 km dari Mapolres Riau di Pekanbaru dan berakhir di Situs Cagar Budaya Candi Muara Takus, XIII Kecamatan Koto Kampar, Kabupaten Kampar.

Ada tiga pit stop Tour Muara Takus 2022. Setelah peserta dilepas di depan Mapolres Riau dan melintasi beberapa ruas jalan di Pekanbaru, peserta akan bertemu di perbatasan Pekanbaru-Kampar di Desa Rimbo Panjang, Kecamatan Tambang.

Pemberhentian pertama adalah di Istana Kesultanan Kampa yang akan disambut oleh ninik mamak dengan pakaian adat sekitar pukul 08:30 WIB. Selanjutnya pit stop kedua di Pendopo Bupati Kampar menyajikan jajanan dan hiburan Kampar sekitar pukul 10.30 WIB.

Dari Pendopo Bupati Kampar, perjalanan menuju pit stop ketiga Kecamatan Batubersurat XIII Koto Kampar yang menyediakan spot foto untuk peserta sepeda Tour Muara Takus.

“Dari Batubersurat lomba dimulai dan diakhiri di Pura Muara Takus, titik terakhir kegiatan ini.
Ada sekitar 60 orang yang mengikuti lomba, tiba di titik finis di Muara Takus sekitar pukul 14.00 WIB,” jelasnya.

Kegiatan di Muara Takus berlangsung hingga sore hari. Di sini ada bazar UMKM, aneka jajanan Kampar dan kuliner serta hiburan yang bisa dinikmati masyarakat,” jelasnya.

Untuk saran dan memberikan informasi kepada CAKAPLAH.com, silahkan hubungi melalui email: [email protected]

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button