Berita Wisata

Kabupaten Tasik tidak memiliki wisata unggulan meski memiliki potensi yang melimpah

Tasikmalaya

Potensi wisata Kabupaten Tasikmalaya belum tergarap secara maksimal. Kawasan yang terbentang dari Gunung Galunggung hingga pantai selatan Jawa Barat ini belum memiliki daya tarik wisata yang menonjol.

Padahal potensinya sangat besar. Hal itu diakui Wakil Bupati Tasikmalaya Cecep Nurul Yakin. “Ya, kita belum ada tur puncak,” kata Cecep, Senin (12/12/2022).

Empat titik objek wisata pantai di pesisir selatan Tasikmalaya saat ini kondisinya memprihatinkan, infrastrukturnya memprihatinkan. Empat objek wisata pantai tersebut adalah Pantai Karang Tawulan, Pantai Sindangkerta, Pantai Cipatujah dan Pantai Ciheras.

“Saat ini kita sedang menata pantai Karang Tawulan, sekarang satu per satu mulai kita tata,” kata Cecep.

Ia mengakui, fasilitas di tiga pantai lainnya saat ini kondisinya memprihatinkan atau kurang representatif untuk memanjakan wisatawan yang datang.

Cecep mengatakan, saat ini pihaknya sedang mengubah model pembangunan mengingat keterbatasan anggaran yang dimilikinya. “Kita tidak punya wisata unggulan karena uang kita sedikit. Dulu misalnya kita punya Rp 10 miliar dibagi empat objek wisata. Jadi kurang, sekarang kita ubah politik,” kata Cecep. .

Dia menjelaskan, saat ini pihaknya akan fokus menata objek wisata satu per satu agar pembangunannya dilakukan sekaligus. “Sekarang kami sedang merencanakan Karang Tawulan sampai 2023. Setelah itu kami akan terus mengembangkan Pantai Sindangkerta di Cipatujah,” kata Cecep.

Sementara itu, terkait pengembangan objek wisata Gunung Galunggung yang juga menunggu sentuhan pemerintah, Cecep mengatakan saat ini pihaknya fokus di pantai terlebih dahulu.

“Belum di Galunggung, tapi ke depan kita ke sana. Galunggung energinya banyak untuk membenahi, karena terdiri dari banyak bagian. Ada Perhutani dan stakeholder lainnya, jadi konsolidasinya harus banyak tenaga,” ujar Cecep. .

Ia juga berharap upaya penataan objek wisata di Kabupaten Tasikmalaya dapat didukung oleh masyarakat dan pelaku industri pariwisata. Sehingga upaya yang dilakukan pemerintah dapat berjalan beriringan dengan dukungan masyarakat. “Ya, mari kita bersinergi membangkitkan pariwisata di Kabupaten Tasikmalaya yang memiliki banyak potensi dan keindahan,” kata Cecep.

(mso/mso)

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button