Berita Wisata

Kapal migran tenggelam, puluhan hilang

Pihak berwenang Yunani telah meluncurkan operasi pencarian dan penyelamatan besar-besaran untuk puluhan migran yang hilang setelah kapal yang mereka tumpangi dari Turki terbalik dan tenggelam dalam cuaca buruk pada Senin malam antara pulau Evia dan Kepulauan Andros.

Penjaga Pantai mengatakan pada hari Selasa bahwa sembilan orang, semuanya laki-laki, ditemukan di sebuah pulau berbatu tak berpenghuni di Selat Kafirea antara dua pulau, yang terletak di sebelah timur ibu kota Yunani. Para penyintas, yang dijemput oleh kapal patroli Penjaga Pantai, mengatakan kepada pihak berwenang bahwa ada total sekitar 68 orang di dalamnya ketika tenggelamnya kapal itu dan bahwa mereka awalnya meninggalkan Izmir di pantai Turki.

Pihak berwenang awalnya diberitahu oleh panggilan darurat pada Selasa dini hari dari penumpang yang mengatakan kapal mereka dalam masalah, tetapi mereka tidak mengungkapkan lokasinya. Cuaca di daerah itu sangat buruk, dengan angin kencang bertiup. Penjaga Pantai mengatakan helikopter, kapal patroli Penjaga Pantai dan dua kapal di dekatnya membantu dalam operasi pencarian dan penyelamatan.

Operasi pencarian dan penyelamatan terpisah juga telah berlangsung sejak Senin di lepas pulau Samos untuk delapan orang hilang setelah sebuah perahu karet yang membawa para migran tenggelam. Empat orang berhasil diselamatkan dari insiden pada Senin. Sebuah pesawat penjaga pantai dan kapal patroli, dua kapal di dekatnya dan sebuah kapal dari badan patroli perbatasan Eropa Frontex terlibat dalam pencarian, kata pihak berwenang.

Setiap tahun, ribuan orang yang melarikan diri dari konflik dan kemiskinan di Afrika, Asia, dan Timur Tengah berusaha memasuki Uni Eropa melalui Yunani. Sebagian besar melakukan penyeberangan pendek namun sering berbahaya dari pantai Turki ke pulau-pulau tetangga Yunani dengan perahu karet. Yang lain memilih untuk mencoba menghindari Yunani dengan perahu layar yang penuh sesak dan kapal pesiar ke Italia.

Awal bulan ini, setidaknya 27 orang tenggelam dalam dua insiden terpisah. Dalam satu insiden, 18 orang tewas ketika sebuah kapal dari Turki tenggelam di lepas pulau Lesvos, sementara di lain sebuah kapal pesiar yang membawa sekitar 100 orang tenggelam dalam badai, menewaskan sedikitnya sembilan orang dan meninggalkan enam orang hilang. [ab/uh]

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button