Berita Wisata

Kapal pesiar AS akan berlabuh di pelabuhan Celukan Bawang selama G20 Bali

Buleleng

Bertepatan dengan dimulainya KTT G20 di Bali, Kabupaten Buleleng disambangi kapal pesiar Oceania Regatta yang membawa 365 penumpang dan 385 awak kapal. Kapal pesiar berbendera Amerika Serikat (AS) itu dijadwalkan berlabuh di Pelabuhan Celukan Bawang di Kecamatan Gerokgak selama dua hari, mulai Selasa (15/11/2022).

Kepala Dinas Pariwisata (Kadispar) Kabupaten Buleleng, I Gede Dody Sukma Oktiva mengatakan, kunjungan dari kapal pesiar tersebut tentunya akan membawa berkah bagi sektor pariwisata di Buleleng. Di mana ratusan penumpang sekaligus wisatawan, rencananya akan mengunjungi sejumlah tempat wisata (DTW) di Kabupaten Buleleng.

“Melalui biro perjalanan darat yang namanya intercruise, mereka telah mengadakan pertemuan sosialisasi untuk persiapan kunjungan nanti,” kata Kepala Dinas Pariwisata Buleleng I Gede Dody Sukma Oktiva saat ditemui. detikBaliMinggu (13/11/2022).

Sedangkan DTW yang akan dikunjungi nantinya antara lain Brahma Vihara Arama, Pemandian Air Panas Banjar, Puri Agung Singaraja, Gedong Kirtya, Pasar Anyar Singaraja, Teras Desa Kekeran, Organik Pak Oles, Klenteng Lin Gwan Kiong, Bekas Pelabuhan Buleleng, Pura Beji Sangsit, Pura Dalem Segara Madu Jagaraga, trekking di Pelataran Menjangan, berbelanja di Krisna Souvenir Temukus dan spot foto di Danau Kembar Buyan-Tamblingan (Danau Kembar).

Untuk itu, kata Dody, pihaknya telah berkoordinasi dengan sejumlah tempat wisata yang akan dikunjungi untuk segera melakukan persiapan. Mengingat rata-rata penumpang kapal pesiar adalah turis lanjut usia (senior). Oleh karena itu, kenyamanan tamu akan menjadi prioritas. Dari aspek kebersihan hingga keamanan harus diperhatikan.

“Jadi daerah visitnya ada di wilayah timur, selatan, barat dan tengah, tentunya para crew juga akan ikut. Dan menurut rencana, kapal intercruise yaitu resort world juga akan berlabuh di Pelabuhan Celukan Bawang. pada 12 Desember 2022,” pungkasnya.

Sebagai informasi, kapal pesiar Oceania Regatta Cruise seharusnya sudah merapat di Pelabuhan Benoa, Denpasar. Namun, dialihkan ke pelabuhan Celukan Bawang karena keadaan pelabuhan Benoa penuh, terkait dengan KTT G20.

Kapal meninggalkan pelabuhan Darwin, Australia pada Kamis (10/11/2022), kemudian terlebih dahulu berlabuh di Pelabuhan Kupang dan Lembar sebelum akhirnya berlabuh di Pelabuhan Celukan Bawang, Kecamatan Gerokgak, Kabupaten Buleleng, Bali.

Tonton video “Wisatawan Australia yang Senang Berkunjung ke Indonesia dengan Kapal Pesiar”
[Gambas:Video 20detik]
(ni/dpra)

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button