Tempat Wisata

Karawang Paper Forest: lokasi, jam buka dan HTM terbaru

Karawang Paper Forest: lokasi, jam buka dan HTM terbaru

Hutan Kertas Karawang terbukti menjadi pilihan liburan terbaik bagi semua orang. Meski berada di kawasan industri Jawa Barat, banyak eksotisme dan keseruan yang bisa dicoba di sini. Namanya mungkin terdengar baru, namun popularitasnya tidak perlu diragukan lagi.

Tempat ini memiliki banyak sekali spot foto Instagram dan menjadi tempat nongkrong yang sangat nyaman untuk semua orang. Baik Anda yang masih lajang maupun berkeluarga, sangat cocok mengunjungi tempat ini.

Banyak hal seru yang bisa dilakukan disini, menikmati keindahan alam, mencoba sajian kuliner, berfoto, mendengarkan live music dan lain sebagainya. Kampung Kertas dipenuhi wisatawan setiap hari.

Pemandangan Hutan Kertas Karawang

Karawang dikenal sebagai kota industri dengan kemajuan yang sangat pesat. Belum banyak yang tahu kalau ada destinasi seru yang wajib dikunjungi di kota ini. Tempat itu dikenal dengan nama hutan kertas.

Wisata alam ini telah dibuka untuk umum sejak tahun 2017. Karena areanya yang sangat luas, banyak aktivitas seru yang bisa dilakukan di sini. Panorama alam yang masih asri di sekelilingnya juga menjadi magnet utama tempat ini.

Seluas 1,5 hektar, pihak pengelola telah membangun berbagai jenis fasilitas untuk menunjang kenyamanan pengunjung. Karena sejarahnya, tempat wisata ini berada di bawah naungan PT Pindo Deli Pulp and Paper Mills. Lahan yang digunakan adalah milik pabrik kertas.

Tapi pemerintahnya ada di pihak lain. Firdaus Khoerul Baqi merupakan penggagas utama didirikannya hutan kertas ini. Pemuda setempat mengajukan permohonan izin pengelolaan lahan kepada PT Pindo Deli untuk dijadikan sarana wisata edukasi penghijauan pohon eukaliptus dan akasia.

Hingga saat ini, hutan kertas menjadi salah satu destinasi wisata alam paling populer di kawasan Karawang. Sebelumnya, Pemda Karawang juga mendaftarkan destinasi wisata pada ajang Anugerah Pesona Indonesia. Sejak itu, popularitasnya semakin meningkat.

Lokasi dan jalur menuju hutan kertas

Dilihat dari letaknya, Hutan Kertas Karawang berada pada titik yang sangat strategis. Sambungan jalan juga sangat baik dan dapat dicapai dengan kendaraan apa pun, baik roda dua maupun empat.

Jika anda ingin mengunjungi tempat ini bisa langsung menghubungi yang beralamat di Desa Kutamekar, Kecamatan Ciampel, Kabupaten Karawang, Jawa Barat. Padahal, tempat wisata ini sangat dekat dengan kawasan industri.

Namun karena pepohonannya sangat lebat, suasananya sangat berbeda dengan kawasan Karawang pada umumnya. Meski sebagian besar wilayah Karawang merupakan wilayah bersuhu tinggi, namun nyatanya tempat ini memiliki udara yang cukup sejuk.

Untuk menuju tempat ini, Anda hanya perlu keluar dari pintu tol Karawang Barat. Kemudian ikuti jalan menuju lokasi PT Pindo Deli. Masuki jalan di sebelah pabrik. Ikuti jalan tersebut dan setelah 500 meter belok kiri. Lokasinya berada di ujung jalan.

Jam buka hutan kertas

Bagi pengunjung yang ingin datang pada hari Senin hingga Kamis, hutan kertas ini dibuka mulai pagi hingga pukul 11 ​​malam. Sebaliknya, pada hari Jumat, Anda bisa nongkrong di sini hingga jam 12 malam.

Lain halnya jika datang pada hari Sabtu dan Minggu. Tempat wisata alam ini buka mulai pukul 08.00 hingga 14.00. Biasanya di akhir pekan seperti ini banyak tambahan acara pengelola, mulai dari live music dan acara keren lainnya.

Harga tiket hutan kertas

Pihak pengelola mengenakan biaya masuk yang sangat murah untuk memasuki destinasi wisata ini. Jika berkunjung di hari biasa, harga tiket dewasa hanya Rp 15.000 saja. Pada akhir pekan, pengunjung harus membayar 20.000 rupee.

Untuk anak-anak, harga tiketnya adalah Rp 5.000. Harga ini berlaku untuk akhir pekan dan hari kerja. Nantinya, Anda bisa menukarkan tiket yang sudah dibeli langsung ke pengelola dengan es teh manis dan kentang goreng.

Harga tiket ini belum termasuk biaya parkir yang harus dibayar pengunjung. Pengunjung harus membayar Rp 3.000 untuk kendaraan roda dua. Biaya parkir kendaraan roda 4 sebesar Rp 6.000.

Daya tarik hutan kertas Karawang

Sebagai destinasi wisata di Karawang yang sangat populer, pastinya tempat ini mempunyai daya tarik tersendiri. Daya tarik inilah yang menjadi alasan utama mengapa wisatawan merasa nyaman berada di destinasi ini dalam jangka waktu yang lama. Sejauh ini, ada 5 daya tarik utama yang menjadi keunggulan hutan kertas.

1. Banyak spot foto yang Instagramable

Objek wisata alam yang dikelilingi pepohonan akasia dan kayu putih ini memiliki beragam spot foto Instagramable yang bisa diakses secara gratis. Jika Anda pernah ke sini sebelumnya, panorama di sini mirip sekali dengan hutan pinus Sentul.

Perbedaannya hanya terletak pada jenis pohon yang ada di dalamnya. Terdapat jalan setapak eksotis yang ditumbuhi pepohonan tinggi di seluruh kawasan Hutan Kertas. Panorama musim gugur yang eksotis khas mancanegara bisa disaksikan di beberapa titik sepanjang jalur pejalan kaki.

2. Kertas langit

Hutan Kertas Karawang juga memiliki destinasi ikonik bernama Sky Paper. Ini adalah jembatan dengan ketinggian luar biasa. Panjangnya juga cukup untuk menampung beberapa puluh orang sekaligus.

Namun jembatan ini tidak boleh sembarangan dimasuki karena hanya bisa dijadikan backdrop foto saja. Bentuk jembatan ini juga sangat unik karena melengkung dan mudah terbawa angin. Jika Anda masih awam dengan jembatan gantung, melihatnya saja sudah membuat orang takut.

3. Istirahat dan piknik

Namun hutan kertas ini merupakan tempat yang sangat cocok untuk beristirahat dan melepas penat dari kesibukan sehari-hari. Jika Anda ingin menikmati suasana tenang dan menyenangkan sepulang kerja, menginap di tempat ini akan menjadi pilihan terbaik.

Banyak pilihan bersantai yang bisa Anda coba di dalamnya, mulai dari tempat duduk estetik di bawah pepohonan lebat, paviliun untuk kumpul keluarga, hingga rest area dengan konsep bangunan unik. Ada juga tempat tidur gantung warna-warni yang bisa Anda sewa.

4. Menikmati suasana di malam hari

Daya tarik lain dari Hutan Kertas Karawang ini adalah keindahan panoramanya di malam hari. Saat malam tiba, seluruh kawasan hutan akan dipenuhi lampu kertas warna-warni. Hal ini tentu saja menambah keindahan dan eksotisme tempat tersebut.

Pengelola memajang ratusan lampion kertas warna-warni berisi lampu di lokasi ini. Biasanya lampu menyala mulai jam 5 sore. Jika ingin menikmati eksotisme lampu, datanglah pada sore atau malam hari.

tanaman hutan kertas

Dikelola dengan sangat profesional, fasilitas di tempat ini sangat mumpuni. Di bawah ini beberapa fasilitas yang dibangun pengelola untuk memaksimalkan kenyamanan pengunjung.

  • Tempat parkir yang luas
  • Masjid Agung
  • Kafe dan resto
  • Spot foto buatan
  • Toilet dan paviliun
  • ruang rapat
  • tempat perkemahan
  • Sewa peralatan berkemah
  • toko cendera mata

Menutup

Jika Anda mempunyai waktu luang dan ingin merasakan sensasi liburan alam di Karawang, mengunjungi tempat ini adalah rekomendasi terbaik. Selain berada di pusat kota, harga tiket masuknya juga sangat terjangkau.

Sangat cocok sekali jika Anda mengajak kerabat terdekat dan anggota keluarga Anda ke tempat ini. Banyak sajian kuliner enak yang disediakan pihak pengelola. Untuk pemesanan dan informasi lainnya, Anda juga dapat mengunjungi akun Instagram resmi Hutan Kertas Karawang.

Source: www.tempatwisata.pro

Related Articles

Back to top button