Tempat Wisata

Kawah Sikidang: Harga Tiket, Foto, Lokasi, Fasilitas dan Spot

Dieng merupakan tempat yang sering menjadi tujuan wisata bagi banyak orang. Keindahan alam yang masih alami menjadi alasan banyak pengunjung berlibur ke sana. Salah satu wisata yang bisa dikunjungi di Dieng adalah Kawah Sikidang. Di kawah ini Anda bisa menikmati alam yang masih alami dan keindahan kawah.

Kawah ini merupakan salah satu wisata yang wajib dikunjungi saat ke Dieng. Pesonanya yang unik menjadi daya tarik tersendiri bagi banyak wisatawan. Kawah-kawah yang ada disini bisa berpindah-pindah, yang tentunya sulit ditemukan pada wisata kawah serupa. Lokasi kawah juga berada di permukaan tanah yang rata, sehingga pengunjung dapat melihat dengan jelas letusan di permukaan kawah.

Objek Wisata Kawah Sikidang

Pemandangan alam dengan aktivitas vulkanik yang masih aktif menanti Anda dalam wisata kawah. Wisata Dataran Tinggi Dieng merupakan salah satu wisata unggulan di Jawa Tengah yang bisa anda kunjungi. Beberapa atraksi yang bisa Anda alami di wisata kawah ini yaitu:

1. Melihat langsung bibir kawah

Untuk menuju bibir Kawah Sikidang, wisatawan harus berjalan kaki sekitar satu kilometer dari tempat parkir menuju kawasan kawah utama. Suhu air di kawah utama bisa mencapai suhu 100 derajat Celcius dengan diameter kawah sekitar lima meter.

Anda juga dapat melihat bibir kawah dari dekat, Anda hanya perlu berdiri di luar pagar yang dipasang sebagai pembatas dan berfungsi untuk mencegah terjadinya hal-hal yang berbahaya.

Pada saat-saat tertentu ada godaan untuk merebus telur dengan cara dicelupkan ke dalam kawah. Jika Anda cukup beruntung untuk mampir saat ini, Anda dapat menonton dan mungkin mencicipi telur rebus khas SiSometimes.

2. Berkuda

Jika Anda ingin ke kawasan kawah atau hanya ingin melihat kawasan kawah secara keseluruhan namun malas berjalan kaki, Anda bisa mencoba menunggang kuda yang disewakan penduduk setempat. Anda bisa merasakan sensasi berkendara di antara kepulan asap belerang dan dinginnya udara di Dieng.

Tentunya pengalaman ini akan menjadi pengalaman yang tak terlupakan dan sangat menyenangkan. Jika Anda menyukai fotografi, Anda dapat mengambil foto di atas kuda sebanyak yang Anda suka. Jangan takut saat menunggang kuda, pemilik kuda akan dengan sabar menggiring kudanya ke tempat yang aman.

4. Berburu foto

Saat ini, mengambil foto untuk tujuan menyimpannya sebagai koleksi pribadi adalah wajib. Anda dapat mengabadikan foto yang mempesona dari Kawah Sikidang yang mengesankan.

Selain itu, area kawahnya sangat luas dan terdapat bukit di atas kawah sehingga Anda bisa memotret dari berbagai sudut untuk mendapatkan foto terbaik. Bagi pecinta selfie, ada juga kesempatan untuk berfoto bersama burung hantu yang disediakan warga.

5. Suvenir unik

Saat Anda berlibur ke luar kota, biasanya Anda membeli oleh-oleh sebagai kenang-kenangan mengunjungi suatu tempat tertentu. Di kawah ini Anda juga bisa menjumpai warga sekitar yang menjual batu belerang sebagai oleh-oleh berbentuk khas Kawah Sikidang. Batu belerang ini bukanlah batu biasa, dipercaya bahwa batu ini memiliki banyak manfaat dan khasiat untuk kesehatan.

Batu multisumber ini memiliki kandungan mineral yang tinggi dan air dari endapan belerang ini dapat menyembuhkan berbagai penyakit kulit seperti jerawat, kurap dan panu.

Kompleks Kawah Sikidang

Seperti tempat wisata lainnya, wisata kawah ini memiliki beberapa fasilitas untuk dinikmati dan dinikmati pengunjung.

Fasilitas umum

Dalam kasus lembaga publik yang ada, sebenarnya masih bisa dikatakan prosedur yang cukup sederhana. Ada restoran di kawasan wisata, jadi tidak akan sulit bagi Anda untuk membeli bahan makanan lokal. Selain itu, tersedia pula tempat parkir dan toilet untuk memenuhi kebutuhan pengunjung.

Sewa sepeda dan sepeda motor trail

Di sana Anda juga bisa menyewa sepeda atau sepeda trail, yang akan disediakan penduduk setempat untuk Anda. Harga sewanya sangat bervariasi dan mulai dari Rp 10.000 Anda sudah bisa menikmati keindahan alam sambil bersepeda.

Biaya masuk ke Kawah Sikidang

  • Biaya masuk: Rp 20.000/orang
  • Biaya parkir motor: Rp 3.000
  • Biaya Parkir: Rp 5.000

(Diperbarui April 2023)

Jam buka Kawah Sikidang

  • Buka setiap hari dari jam 8 pagi sampai jam 4 sore

Lokasi dan jalur Kawah Sikidang

Kawah Sikidang tidak jauh dari Candi Bima dan Candi Arjuna. Wisatawan yang biasa berkunjung ke kawah ini adalah wisatawan yang sebelumnya sudah pernah menikmati keindahan Candi Bima dan Candi Arjuna. Untuk mencapai kawasan wisata ini Anda bisa menggunakan sepeda motor atau mobil. Kawah ini terletak di Bakal Buntu, Dieng Kulon, Banjarnegara, Jawa Tengah.

Jika Anda dari Yogyakarta, Anda bisa naik kendaraan umum ke Wonosobo, dengan menggunakan jalur Wonosobo-Purworejo dan jalan menuju Jalan Diponegoro atau Jalan Raya Dieng. Dari Wonosobo, Anda bisa melanjutkan perjalanan dengan minibus jurusan Dieng. Tarif minibus ini sekitar Rp 15.000 saja.

Tempat wisata di Kawah Sikidang ini sangat cocok dikunjungi bersama keluarga atau teman. Pemandangan alam yang indah di sana bisa menjadi alternatif bagi Anda untuk berlibur dan tetap merasa santai.

Peta lokasi Kawah Sikidang

Tips mengunjungi Kawah Sikidang

Jadikan liburan Anda dan keluarga di Kawah Sikidang semakin menyenangkan dan berharga. Berikut adalah beberapa tips dari kami untuk digunakan sebagai referensi liburan:

  • Waktu terbaik mengunjungi Kawah Sikidang adalah liburan panjang.
  • Datanglah ke Kawah Sikidang bersama orang tersayang dan rasakan sensasi liburan yang tak terlupakan.
  • Gunakan jasa biro perjalanan untuk liburan yang nyaman dan bebas stres di Kawah Sikidang.
  • Bawa kamera dan cari foto terbaik dengan kamera terbaik.
  • Usahakan agar tubuh tetap prima saat berlibur di Kawah Sikidang.

Galeri foto Kawah Sikidang

Kawah SikidangKawah SikidangKawah SikidangKawah Sikidang Sumber: instagram.com/steffi.fung/pilihan akomodasiSpot foto di luar jalur pejalan kakiSpot Foto Latar Belakang Kawahberburu fotoFoto prewedding di Kawah Sikidang

Source: www.tempatwisata.pro

Related Articles

Back to top button