Tempat Wisata

Keajaiban Gua Kristal, surga alam eksotis yang tersembunyi di Kupang

Terpesona oleh eksotisme Gua Kristal di Kupang yang memikat dengan cahaya alami dan menyuguhkan panorama menakjubkan kepada pengunjungnya

Harga tiket: Rp5.000, Jam beroperasi: 09.00 – 17.00 WIB, Alamat: Bolok, Kec. Kupang Barat, Kab. Kupang, Nusa Tenggara Timur; Map: Periksa lokasinya

Gua Kristal layak menjadi tujuan wisata utama ketika Anda berada di Kepulauan Nusa Tenggara Timur, khususnya di kawasan Kupang. Keindahan alam dan panorama yang Anda miliki di sini tidak bisa Anda temukan di daerah lain. Batuan stalaktit dan stalagmit yang eksotis hanyalah beberapa atraksi yang bisa Anda saksikan.

Tempat wisata di Kupang ini memang belum ramai pengunjung, namun wisatawan datang setiap hari. Mungkin saja ke depannya akan menjadi lebih sibuk. Hal ini tidak lepas dari kecanggihan teknologi digital yang memuat berbagai foto pengunjung yang baru pertama kali berkunjung ke tempat tersebut.

Seperti gua pada umumnya, tempat wisata ini tidak terlalu besar. Hanya sekitar 30 meter persegi jika menjelajah bagian dalamnya.

Dari luar terlihat seperti bongkahan batu yang tidak memiliki daya tarik, namun jika masuk ke dalam terlihat berbeda. Pesonanya yang indah menjamin pengunjung akan betah berlama-lama.

Daya tarik Gua Kristal

Gua Kristal KupangSumber gambar: Google Maps Yerlissa Kesuma Putri

Daya tarik Crystal Cave tentu saja keindahannya. Beberapa orang mungkin mengira di dalam gua hanya ada bebatuan yang tersusun acak akibat proses pelarutan air. Ternyata tak hanya itu saja, masih ada beberapa lainnya yang membuat pengunjung takjub. Berikut detailnya!

Periklanan. Gulir untuk melanjutkan membaca.

1. Air kolam jernih

Tidak semua gua memiliki kolam, sebagian besar hanya memiliki gua yang berada tepat di tepi laut. Lokasi goa cantik di Kupang ini tidak jauh dari laut, tepat di sebelah Pelabuhan Bolok. Karena itulah di sana terdapat kolam yang menjadi salah satu daya tariknya.

Tidak berlebihan jika dikatakan bahwa kolam di Gua Kristal sungguh menakjubkan. Meski tak terlalu lebar, hanya berukuran panjang 10 meter dan lebar 3 meter, namun kejernihan airnya tak terbantahkan. Satu titik berwarna biru cerah dan titik lainnya sedikit lebih gelap sehingga menciptakan gradasi warna yang indah.

Batu-batu yang ada di dasar kolam terlihat jelas dan memperlihatkan keindahannya. Perairannya yang tenang dan hampir tidak ada arus membuat kolam ini digunakan oleh sebagian wisatawan untuk berenang. Menariknya, rasa airnya tidak asin seperti air laut, melainkan sedikit tawar atau biasa disebut air payau.

2. Kontur khas batuan gua

Seperti halnya gua, kontur Gua Kristal Kupang juga indah sehingga menjadi daya tarik tersendiri. Stalaktit dan stalagmit yang tersebar di beberapa tempat tidak beraturan membuat suasana semakin eksotis. Sebagian lainnya memiliki atap datar dengan tekstur kasar dan sedikit berlubang.

Batu-batu di dinding gua menarik perhatian. Ada yang menonjol seolah ingin dilihat, ada pula yang bersembunyi seolah malu.

Gua cantik ini tidak jauh berbeda dengan gua pada umumnya, jalur batunya terkadang licin. Jadi berhati-hatilah saat pergi ke kolam renang.

3. Memiliki pancaran cahaya alami yang mempesona

Pernahkah Anda menggunakan teknik Sinar Cahaya untuk menghasilkan foto yang lebih indah? Setelah Anda berada di Gua Kristal, Anda tidak perlu lagi menggunakan teknik ini. Pasalnya, terdapat celah pada atap goa yang menjadi menakjubkan karena sinar matahari perlahan menembus dan menerangi bagian dalam goa.

Cahayanya dibiaskan dan menerangi sebagian kecil gua secara redup, sehingga tampak seperti bayangan palsu. Masih banyak bagian yang belum terkena sinar matahari, namun hal itulah yang membuatnya unik sekaligus indah, yang tidak bisa dilihat di tempat lain. Sayangnya, pemandangan ini tidak selalu Anda dapatkan, melainkan hanya saat matahari terbit tepat di atas Anda.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat Gua KristalKredit foto: Instagram Ortolana

Nama “Gua Kristal” dipilih karena airnya yang jernih menyerupai kristal, bukan karena terdapat batu kristal di dalamnya.

Keindahan dan keanggunannya bisa Anda saksikan dengan pergi ke Desa Bolok, Kecamatan Kupang Barat, Kabupaten Kupang, Nusa Tenggara Timur. Jarak ke pusat kota Kupang hanya sekitar 20 kilometer.

Jarak tersebut bisa ditempuh hanya dalam waktu 30 menit tergantung kecepatan kendaraan. Patokan terpenting agar tidak bingung adalah Kantor Polisi Perairan (Polair) Bolok. Sesampainya di tempat parkir, Anda harus berjalan kaki sekitar 500 meter menuju mulut gua.

Biaya masuk dan jam buka

Sebelumnya, pengunjung yang berkunjung ke Gua Kristal Kupang tidak dipungut biaya masuk sama sekali. Namun karena semakin ramai, kini dikelola oleh warga sekitar dan setiap pengunjung diharuskan membeli tiket masuk senilai 5.000 rupiah. Harga tersebut belum termasuk tiket parkir dengan rincian mobil senilai Rp 10.000 dan sepeda motor senilai Rp 5.000.

Siapa pun yang berkunjung harus membawa senter sendiri karena hanya ada sedikit cahaya di gua eksotis ini. Jika belum, silahkan menyewa senter yang biasanya sudah termasuk dalam paket dengan jasa pemandu wisata. Harga sewa senter cukup mahal, sekitar 100.000 selama berada di dalam goa.

Kegiatan yang menarik

Aktivitas menarik di Gua KristalKredit foto: Google Maps Radik Tyo

Tidak banyak aktivitas yang bisa dilakukan di Gua Kristal karena pada dasarnya ini bukan objek wisata. Namun, bukan berarti tidak ada sama sekali. Beberapa aktivitas berikut ini pasti menarik untuk dilakukan selama berada di sana!

Kejar-kejaran seru ke kolam renang

Setelah kurang lebih 500 meter Anda akan disambut dengan lubang yang tidak terlalu besar. Lubang tersebut merupakan pintu masuk gua berukuran 2 kali 1 meter.

Tidak terlalu luas tentunya, tapi disinilah pesona perjalanan dimulai. Tujuan utama wisatawan yang datang tentu untuk melihat keindahan kolam tersebut, namun untuk mencapainya tidaklah mudah.

Bukan karena tempatnya yang terlalu luas, bahkan bisa dibilang 30 meter itu sangat sempit untuk sebuah objek wisata alam. Namun kondisi gua yang gelap gulita membuat wisatawan kesulitan menemukan lokasi kolam.

Bagi sebagian orang ini adalah perjalanan yang mengasyikkan dan menantang. Anggap saja Anda sedang mencari harta karun. Betapa bahagianya Anda jika berhasil menemukannya.

Berenang santai di Crystal Cave Pool

Setelah Anda menemukan Kolam Gua Kristal, apalagi jika berenang bukanlah aktivitas menarik berikutnya. Kejernihan air kolam mengejutkan semua orang dan membuat Anda menginginkan pengalaman berenang yang lebih seru. Bebatuan yang ada di dasar kolam memberikan efek memesona dan mengundang siapa pun yang melihatnya untuk berenang.

Bersantai dan berenang di atas air jernih menjadi aktivitas utama wisatawan. Bagi yang tidak bisa berenang, ada baiknya bermain di tepian air dengan batu-batu besar sebagai batu loncatan.

Meski terlihat jernih, namun kedalaman airnya mencapai sekitar 8 meter sehingga tidak disarankan bagi Anda yang belum familiar dengan olahraga air yang satu ini.

Keseruan menyelam di tebing

Crystal Cave memiliki banyak batu dengan ukuran berbeda di tepi kolam. Batu tersebut tidak hanya berfungsi sebagai tempat duduk dan bersantai, tetapi juga sering digunakan untuk cliff diving.

Caranya sangat mudah karena ada banyak langkah yang bisa digunakan. Namun sebaiknya berhati-hati saat melompat, karena di pinggir kolam terdapat batu-batu besar yang bisa tenggelam ke dalam air hingga mencapai perut orang dewasa.

Menyelam ke dasar kolam

Jika berenang masih kurang memuaskan, silakan mencoba menyelam. Tidak ada hewan laut seperti ikan kecil di kolam ini. Semuanya didominasi oleh bebatuan dengan ukuran berbeda-beda. Kejernihan airnya membuat seluruh batu dan benda yang ada di dasar kolam terlihat jelas sehingga cocok untuk aktivitas menyelam.

Sayangnya, tidak ada pilihan untuk menyewa peralatan menyelam di Gua Kristal Kupang. Jika Anda ingin mengikuti kegiatan ini, harap membawa barang bawaan Anda sendiri dari rumah.

Perlu diketahui, kolam ini terhubung langsung dengan laut yang letaknya tidak jauh dari gua. Jadi mungkin saja ada celah-celah sebagai pintu masuk air yang belum pernah dicoba dieksplorasi oleh siapa pun.

Carilah spot foto yang indah

Berfoto selfie atau selfie merupakan salah satu aktivitas yang wajib dilakukan saat liburan. Tak hanya mengabadikan momen, tapi juga menampilkannya di media sosial.

Gelapnya gua tentu membuat mustahil untuk mengambil gambar dengan hasil yang indah. Oleh karena itu, disarankan untuk membawa senter saat mengunjungi Gua Kristal.

Waktu terbaik untuk mengambil foto adalah saat terdapat pancaran cahaya alami. Setiap turis yang mengunjungi kami menunggu saat ini.

Jika Anda ingin berburu spot foto dengan fenomena langka ini, silakan mampir antara pukul 11.00 hingga 13.00. Kemudian matahari terbit tepat di atas kami dan cahayanya menyebar ke seluruh gua.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Fasilitas Gua KristalSumber gambar: Google Maps Citra Pandu Wicaksono

Fasilitas yang ada di Gua Kristal ini tidak terlalu lengkap karena hanya dikelola secara mandiri oleh warga sekitar. Hanya terdapat satu kabin di depan pintu masuk gua yang berfungsi sebagai ruang ganti. Harap bersabar saat mengantri.

Di sekitar gua masih belum ada warung yang menjual makanan. Anda dapat menemukannya saat berada di tempat parkir.

Minimnya fasilitas bukan berarti objek wisata di Kupang ini tidak layak untuk dikunjungi. Pesona dan eksotismenya seolah mampu melupakan permasalahan tersebut. Untuk berjaga-jaga, saat berkunjung ke Gua Kristal Kupang, pastikan Anda membawa segala perlengkapan dan perbekalan dari rumah, terutama makanan dan senter.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Back to top button