Berita Wisata

Kebun Raya Kuningan yang ramah liburan di Nataru dengan pesona 23.000 jenis tanaman

INSIDEN24.COM-Kuningan Botanical Garden merupakan taman hiburan alam yang sangat sejuk, objek wisata Kuningan Raya ini paling berkesan jika anda berkunjung ke Nataru holiday.

Obyek wisata Kebun Raya Kuningan terletak di ketinggian 870 mdpl di kaki Gunung Ciremai. Wisatawan bisa duduk sambil menikmati pemandangan sekaligus spot foto alam yang menakjubkan.

Kebun Raya Kuningan merupakan objek wisata murni pertama yang dibuat di Indonesia saat ini yang berbatasan dengan Taman Nasional Gunung Ciremai (TNGC), memiliki koleksi tumbuhan unik dengan ciri khas taman batu tematik.

Objek wisata Kebun Raya Kuningan juga merupakan kebun raya terbesar dan terluas di Indonesia dengan luas 156 hektar dan 23.000 jenis tumbuhan.

1. Panorama alam yang khas

Hingga patung kuda kuningan yang ikonik, wisatawan dapat melihat sekeliling Kebun Raya hingga 360 derajat menyaksikan keindahan perbukitan serta pepohonan rindang yang mengelilingi taman dan area bertema seperti Taman Batu, Taman Bambu, dan taman endemik. Ciremai. daya tariknya sebagai objek wisata alam.

2. Terlibat dalam koleksi tanaman

Kawasan Kebun Raya Kuningan terbagi menjadi sembilan area dengan berbagai koleksi tumbuhan. Sebagian besar wisatawan yang datang menghabiskan waktunya dengan berjalan-jalan di sekitar taman.

Jumlah tumbuhan di kawasan Kebun Raya Kuningan hingga saat ini mencapai lebih dari 20.000 spesimen.

Saat menjelajahi taman, wisatawan akan menemukan sebaran tanaman di 114 plot dari beberapa taman yang dikategorikan berdasarkan wilayah dan tematik, yang juga menambah daya tariknya.

3. Berfoto di Taman Kuning

Saat Anda berjalan menuruni tangga dan jalan setapak menuju beberapa taman dengan berbagai tanaman bertema dan batuan vulkanik yang artistik, mengambil foto adalah kegiatan yang populer.

Tujuan utama wisatawan yang datang ke Kebun Raya Kuningan adalah di kawasan Taman Kuning. Aneka tanaman berbunga kuning yang tertata rapi menarik wisatawan untuk berswafoto. Banyak turis yang lebih tahu nama kebun raya ini daripada Taman Kuning.

Outbound merupakan salah satu kegiatan favorit wisatawan yang datang berkelompok.

Kegiatan outdoor ini juga dapat mempererat silaturahmi antar anggota kelompok dengan suasana alam.

5. Tempat tinggal

Bagi wisatawan yang ingin bermalam, Botanical Garden menyediakan camping ground. Tempat ini cocok untuk wisatawan yang suka bermalam di alam terbuka.

Ada juga cottage dengan desain rumah panggung yang eco, kumpulan bangunan hostel unik yang juga bagus untuk selfie.

Tiket masuk ke kawasan wisata Kebun Raya Kuningan membutuhkan tiket yang sangat murah, harga tiket untuk dewasa dan anak-anak sama dan berlaku setiap hari:

– Dewasa Rp 6.000

– Anak-anak Rp 4.000

– Parkir motor Rp 3.000

– Parkir Rp 6.000

– Parkir bus Rp 11.000

– Senin – Minggu pukul. 08.00 – 16.00 WIB.

Taman wisata alam ini terletak di Desa Padabeunghar, Kecamatan Pasawahan, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat.

Kebun Raya Kuningan memiliki fasilitas yang memadai. Seperti mushola, toilet, area parkir dan ruang pertemuan. Berbagai fasilitas pendukung pariwisata telah dilengkapi sejak dibuka kembali untuk kunjungan umum.***

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button