Berita Wisata

Kebun raya sebagai alternatif wisata alam edukasi di kota Bogor

kebun raya

JournalPost.com – Alam berperan penting sebagai sumber kehidupan bagi setiap makhluk hidup dan selalu menjadi tempat bernaung bagi setiap makhluk hidup, namun selain perannya sebagai penopang utama sumber kehidupan, alam juga dapat dijadikan sebagai tempat wisata unggulan dan bisa menjadi alternatif wisata edukasi untuk mengenal berbagai jenis flora dan fauna, untuk kunjungan wisata alam flora salah satunya bisa mengunjungi kebun raya yang di dalamnya terdapat banyak jenis flora yang bisa kita temukan, berikut salah satunya tentang rekomendasi kebun raya yang dapat dikunjungi sebagai alternatif wisata alam edukasi.

Kebun raya atau kebun raya adalah suatu tempat yang digunakan sebagai lembaga konservasi dengan tujuan melindungi dan melestarikan kekayaan alam hayati. Selain itu, kebun raya juga dapat digunakan sebagai sarana pendidikan, pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi serta sarana rekreasi untuk wisata yang sehat dan alami.

Salah satu kebun raya yang bisa dikunjungi adalah Kebun Raya Bogor yang terletak di pusat kota Bogor tepatnya di Jl. Ir. H. Juanda No.13, Paledang berdekatan dengan kompleks istana kepresidenan Bogor, taman ini memiliki lokasi yang strategis dan dapat diakses dengan berbagai jenis kendaraan umum maupun pribadi sehingga taman ini mudah diakses dan memberikan kemudahan bagi setiap wisatawan yang ingin berkunjung.

Kemudian, harga tiket masuk bervariasi dari Rp16.500 pada hari Senin hingga Jumat sedangkan untuk hari libur nasional yaitu Sabtu hingga Minggu bervariasi dari Rp25.500 untuk setiap pengunjung.

Kebun Raya Bogor merupakan lembaga konservasi taman wisata yang dikelola oleh Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI). 87 hektar dan dengan letak geografis Bogor yang hampir setiap hari diguyur hujan, bahkan saat musim kemarau, menjadikan kebun ini tempat yang menguntungkan bagi tanaman tropis. penanaman.

Selain bisa melihat berbagai koleksi tumbuhan dan pohon, ada beberapa fasilitas yang tersedia di kawasan Kebun Raya Bogor antara lain pusat persewaan sepeda dan mobil wisata dengan tarif Rp.

Selain itu pengunjung juga bisa beristirahat di kantin atau restoran yaitu (Grand Garden Cafe dan Cafe De Daunan) yang menyajikan berbagai jenis masakan, ada juga tempat lain yang bisa dikunjungi yaitu Museum Zoologi yang menyediakan koleksi fosil dari berbagai jenis fauna.

Kebun Raya Bogor juga memiliki spot foto yang sangat populer di media sosial. Selain tempatnya yang asri, pengunjung juga bisa berfoto dengan berbagai koleksi tumbuhan dan pohon langka, termasuk kebun Meksiko. Di taman ini, ada kaktus. dari berbagai jenis dan ukuran. , lalu ada juga taman anggrek (Griya Anggrek) yang juga menawarkan berbagai koleksi dari beberapa jenis anggrek. Taman air yang juga menawarkan berbagai jenis tanaman air dan masih banyak lagi.

Wisata alam Kebun Raya Bogor dapat dijadikan alternatif pilihan sebagai tempat wisata alam yang dapat dikunjungi selain untuk rekreasi, taman ini juga dapat dijadikan sebagai sarana edukasi bagi anak-anak untuk belajar tentang alam dan tumbuhan selain sebagai sarana edukasi. akses yang mudah fasilitas Kebun Raya Bogor juga sangat lengkap dan memadai untuk menjamin kenyamanan pengunjung.

Kebun Raya Bogor buka setiap hari dan dapat dikunjungi oleh segala usia baik anak-anak maupun dewasa. Dengan demikian, semua orang dapat mengunjungi taman ini dan menikmati fasilitas yang tersedia.

Penulis : Najla Ghefira Madania Mahasiswa Universitas Negeri Malang Jurusan Kurikulum Pendidikan Khusus Fakultas Ilmu Pendidikan

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button