Tempat Wisata

Kebun Teh PTPN Wonosari: Harga Tiket, Foto, Lokasi, Fasilitas dan Spot

Aktivitas atau pekerjaan yang intens yang Anda lakukan setiap hari seringkali menimbulkan rasa stres dan tekanan yang kuat dalam hidup Anda. Itulah mengapa liburan dianggap penting agar Anda bisa mengendurkan otot-otot tubuh dan menikmati keindahan alam ciptaan Yang Maha Kuasa Sekaligus melepaskan penat. Keadaan kota yang penuh dengan kemacetan lalu lintas dan polusi udara yang dapat membahayakan kesehatan. Sebagai salah satu kabupaten di Jawa Timur, Malang bisa menjadi tujuan wisata yang tepat apalagi jika anda mencari objek wisata alam karena disana anda bisa menemukan banyak tempat wisata alam yang menakjubkan termasuk yang akan kita bahas kali ini yaitu Perkebunan Teh PTPN Wonosari.

Perkebunan Teh PTPN Wonosari merupakan salah satu kawasan resort di Provinsi Jawa Timur dan terletak persis 30 km sebelah utara kota Malang di lereng Gunung Arjuno. Tepatnya diantara dua desa yaitu Desa Toyomarto, Kecamatan Singosari dan Desa Wonorejo, Kecamatan Lawang. Kehidupan di kota besar tidak selalu menyenangkan, segala macam hiburan bisa kita temukan di sana, mulai dari pusat perbelanjaan hingga kafe dan tempat pertemuan lainnya. Namun kenikmatan semua itu tidak bisa dibandingkan ketika kita melihat sebuah objek wisata alam, dimana hamparan pepohonan atau tumbuhan yang hijau menyegarkan mata kita. Selain itu, udara yang dihasilkan harus lebih segar, sejuk, dan bersih, tidak seperti di kota-kota yang panas dan penuh polusi kendaraan. Oleh karena itu, tidak ada salahnya menyempatkan diri untuk mengunjungi kebun teh ini.

Setibanya di kebun teh ini, Anda bisa melakukan berbagai aktivitas seperti naik kereta kelinci yang biayanya sekitar Rp 3.000 per orang. Alternatifnya, Anda bisa menunggang kuda, harganya sekitar Rp 10.000. Anda tidak perlu khawatir karena akan ditemani oleh pemandu. Menikmati panorama yang indah dan asri juga menjadi pilihan yang bisa Anda ambil. Di kebun teh ini, sebagian besar pekerjanya adalah perempuan.

Kawasan seluas 1.144 hektar ini sebenarnya merupakan kebun teh pertama di Jawa Timur yang kemudian dijadikan objek wisata. Kebun Teh Wonosari merupakan proyek PTPN XII yang bergerak di bidang perluasan produksi teh yang telah ada sejak tahun 1910. Sehingga Anda bisa melihat bagaimana peremajaan pohon teh, bagaimana teh diproduksi dan bagaimana disajikan langsung saat panen teh. Dengan pemandangannya yang tak bisa dipungkiri indahnya, tempat ini sering menjadi tujuan liburan para wisatawan dari dalam dan luar negeri.

Fasilitas di Perkebunan Teh PTPN Wonosari

– hotspot WiFi

Tentu saja kemungkinan ini sangat populer di kalangan masyarakat, apalagi saat ini internet sepertinya menjadi hal yang sangat penting. Dengan WiFi dijamin Anda akan merasa lebih nyaman.

– Keluar

Kegiatan di kebun teh ini tidak hanya sekedar melihat pemandangan saja, tetapi Anda juga bisa menikmati bermain di wahana pulang pergi yang disediakan disana.

– taman bermain

Untuk anak-anak juga terdapat area di kebun teh ini dimana anak-anak bisa bersenang-senang sambil bermain.

– Area parkir

Untuk menuju objek wisata ini disarankan untuk membawa kendaraan sendiri, baik pribadi maupun sewaan, karena belum ada angkutan umum yang dapat langsung menuju tempat ini. Dengan tersedianya tempat parkir, Anda tidak perlu lagi bingung untuk memarkir kendaraan Anda di mana.

– Tempat peristirahatan umum

Meski tidak dibangun oleh pengelolanya melainkan oleh masyarakat sekitar, setidaknya Anda tidak perlu lagi bingung atau takut tidak bisa menemukan toilet untuk buang air kecil.

– Kantin

Jangan khawatir kelaparan karena di sini juga terdapat restoran yang menjual makanan dan minuman untuk pengunjung.

– Akomodasi

Jika ingin bermalam di sana, Anda bisa mencari penginapan di dekat perkebunan teh.

Berburu foto di Perkebunan Teh PTPN Wonosari

Penggemar seni foto dapat melampiaskan keinginannya untuk memotret pemandangan indah di sekitar kebun teh. Tentu Anda bisa menggunakan areal tanaman teh hijau sebagai target jepretan kamera Anda. Dan saat anda bermain di wahana-wahana yang ada disana, anda bisa mengajak teman atau anggota keluarga anda untuk mengabadikan momen seru tersebut. Jika sudah puas bermain di area taman, Anda juga bisa berpindah ke tempat lain yang juga menarik untuk dijadikan background foto, yaitu pabrik teh di sana.

Baca Juga : Pemandian Umbulan, Wisata Sambil Mandi di Mata Air

Akses jalan menuju Perkebunan Teh PTPN Wonosari

Bagi Anda yang tiba dengan kendaraan pribadi dapat mengacu pada petunjuk arah ke Lawang. Sesampainya di Pasar Lawang, ada petunjuk arah ke barat dan masih ada sekitar 6km lagi untuk sampai ke tempat tujuan. Jika menggunakan kendaraan umum, turun di Lawang kemudian ambil jalur biru untuk angkutan umum SLKW (Sumber Porong-Lawang-Ketindan-Wonosari).

Biaya masuk ke Kebun Teh PTPN Wonosari

  • Biaya masuk: Rp 5.000/orang
  • Harga tiket renang: Rp 7.000/orang
  • Biaya masuk pada hari kerja: Rp 15.000/orang
  • Biaya masuk untuk akhir pekan: Rp 12.000/orang
  • Factory tour 1-2 orang + guide : 60.000 IDR
  • Tur pabrik 3 orang lagi + pemandu: 50.000
  • Biaya masuk kolam renang pada hari kerja: Rp 10.000
  • Tiket masuk kolam renang di akhir pekan: Rp 12.000
  • Biaya kereta kelinci: Rp 10.000
  • Biaya untuk mobil ATV, 2 putaran, skuter: Rp50.000
  • Harga sepeda gunung, kuda wisata, flying fox dan mobil remote control: Rp 25.000

(Diperbarui Juni 2023)

Jam operasional Perkebunan Teh PTPN Wonosari

  • Buka setiap hari dari jam 6 pagi sampai jam 5 sore

Tips berlibur di Kebun Teh PTPN Wonosari

Jadikan liburan Anda dan keluarga semakin menyenangkan dan berkualitas di Kebun Teh PTPN Wonosari. Berikut beberapa tips dari kami yang bisa Anda gunakan sebagai referensi liburan Anda:

  • Waktu terbaik untuk mengunjungi Kebun Teh PTPN Wonosari adalah liburan panjang.
  • Datanglah ke Perkebunan Teh PTPN Wonosari bersama orang tersayang dan rasakan sensasi liburan yang tak terlupakan.
  • Gunakan jasa travel agent untuk liburan nyaman dan bebas stres di Perkebunan Teh PTPN Wonosari.
  • Bawa kamera dan cari foto terbaik dengan kamera terbaik.
  • Usahakan agar tubuh tetap prima selama berlibur di Perkebunan Teh PTPN Wonosari.

Galeri Foto Perkebunan Teh Wonosari

Perkebunan Teh Wonosari
kemungkinan berjalan
berburu foto
deretan rumah pohon
Spot foto di kebun teh
Tempat foto terbaik

Source: www.tempatwisata.pro

Related Articles

Back to top button