Berita Wisata

Keindahan alam Flores memukau wisatawan di Jakarta

GROSIR, KOMPAS.com – Keunikan religi dan keindahan alam Pulau Flores, Nusa Tenggara Timur (NTT) memukau wisatawan Jakarta, Hani Kumala.

Selama seminggu ia berkeliling Pulau Flores dari Maumere, ibu kota Kabupaten Sikka hingga Borong, ibu kota Kabupaten Manggarai Timur.

Pada 4 November 2022, ia melakukan perjalanan ke Lepo Lorun Ikat Tenun, Desa Nita. Dalam perjalanan ke Lapangan Tenun Ikat, sambutan datang dari pemilik bernama Alfonsa Horeng dan wanita yang menenun kain Sikka Ikat.

Baca Juga: Bangkitnya Pariwisata Flores, Ada Bayangan Atas Prediksi Resesi Global 2023

“Saya sangat suka kain Sikka Tenun Ikat di Lepo Lorun. Kita bisa menggunakan kain tenun Sikka Ikat. Tempatnya bagus sekali, bersih, rumah adatnya beratap jerami,” kata Hani Kompas.comRabu (9/11/2022).

Keindahan alam Flores

Selain wisata budaya, hal lain yang menarik dari Flores, lanjut Hani, adalah keindahan alamnya yang luar biasa, baik laut maupun pegunungannya.

Foto: Danau Kelimutu di Kabupaten Ende, NTT. Foto Dokumen BTN Kelimutu: Danau Kelimutu di Kabupaten Ende, NTT.

Contoh keunikan alam Flores adalah dari Maumere hingga Ende udaranya sangat kering. Namun di tengah perjalanan Datusoko, udara menjadi dingin. Begitu Ende pergi, melewati Bajawa, udara sudah dingin.

“Jadi benar-benar berbeda setiap langkahnya. Sepanjang jalan, saya terus-menerus kagum dan merasa begitu damai melihat alam, gunung, laut, dll,” kata Hani.

Makan ikan segar di pulau Flores

Hani menambahkan, setiap kali pergi ke Flores, dia selalu sangat senang karena bisa makan ikan segar. Menurutnya, sulit ditemukan di Jakarta.

Jalan Pantai Utara di Pulau Flores

Hani menjelaskan, sebelumnya ia mengitari Pulau Flores pada jalur bagian tengah jalan Trans Flores.

Pulau Rutong di Kawasan 17 Pulau Riung, Kecamatan Riung, Kabupaten Ngada, Flores, NTT menjadi salah satu spot destinasi di pantai utara Pulau Flores pada Selasa (20/9/2022).  (KOMPAS.com/DOK-FLORES TOUR-PEMANDU-YOHANNES YANNI J)KOMPAS.COM/DOK-FLORES PANDUAN WISATA-YOHANES YANNI J Pulau Rutong di Area 17 Pulau Riung, Kecamatan Riung, Kabupaten Ngada, Flores, NTT menjadi salah satu destinasi wisata Pantai Utara di Pulau Flores, Selasa (20/9). /2022). (KOMPAS.com/DOK-FLORES TOUR-PEMANDU-YOHANNES YANNI J)

Tapi, kali ini dia dibimbing oleh Rofinus Leonardus Ansel, Saturninus Duki dan Pastor Avent Saur, SVD bersama. Kompas.com mengelilingi pulau Flores dengan jalur transpantura (pantai utara) dari Maumere, ibu kota Kabupaten Sikka, pada 5 November 2022.

Baca Juga: Maraknya Wisata Birdwatching di Flores NTT Mulai Hidup Kembali

“Pulau Flores melalui lintas tengah dan utara telah saya liput sepenuhnya dengan keindahan alam, budaya dan keramahan penduduk Flores yang berada di pinggir jalan atau saat saya singgah di tempat-tempat wisata,” ujarnya. dijelaskan. .

Pantai Enabara

Sepanjang perjalanan beliau dipandu oleh masyarakat Flores setempat yang sangat ramah menuju ke tempat tujuan Pantai Enabara Kecamatan Maurol Kabupaten Ende dan melanjutkan perjalanan dari Maurol menuju Kecamatan Detusoko dan sampai di kota Pancasila d’Ende.

Pantai Enabara, Kecamatan Maurole, Kabupaten, Flores, NTT merupakan destinasi pantai pasir putih di Pantai Utara (Pantura) dari Pulau Flores, NTT, Jumat (4/11/2022).  (KOMPAS.com/MARKUS MAKUR)KOMPAS.COM/MARKUS MAKUR Pantai Enabara, Kecamatan Maurole, Kabupaten Flores, NTT merupakan destinasi pantai pasir putih di Pantai Utara (Pantura) dari Pulau Flores, NTT, Jumat (4/11/2022). (KOMPAS.com/MARKUS MAKUR)

“Saya benar-benar kagum dengan kekayaan alam Pulau Flores yang indah. Minggu (6/11/2022) saya melanjutkan perjalanan ke Borong menikmati pemandangan alam di kiri kanan jalan sepanjang jalur Trans Flores bagian selatan,” dia menjelaskan.

Dapatkan pembaruan berita terpilih dan berita Baru setiap hari di Kompas.com. Jom join grup telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link lalu join. Pertama, Anda perlu menginstal aplikasi Telegram di ponsel Anda.

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button