Tempat Wisata

Kepulauan Kepulauan Raja Ampat: harga tiket, foto, lokasi, fasilitas dan spot

Pulau-pulau di Kepulauan Raja Ampat sudah tidak asing lagi di telinga para pecinta wisata. Destinasi wisata ini sering dikunjungi oleh selebriti Indonesia maupun mancanegara. Salah satu tempat wisata yang paling populer adalah wisata pantai.

Sejarah Kepulauan Raja Ampat

Kepulauan Raja AmpatKepulauan Raja Ampat Sumber: instagram.com/weindonesia_

Asal usul nama Raja Ampat memang sangat menarik. Menurut mitos warga sekitar, nama ini berasal dari seorang wanita yang menemukan tujuh butir telur. Dikatakan bahwa empat dari mereka menjadi empat pangeran, masing-masing dengan wilayahnya sendiri.

Sedangkan tiga lainnya berubah menjadi hantu, wanita, dan batu. Sepanjang sejarahnya, kawasan ini pernah dihuni oleh para bangsawan dan menjalankan adat Maluku. Kemudian kesultanan menjadi Tidore. Kemudian jatuh ke Belanda dan menjadi bagian dari Hindia Belanda.

Lokasi Kepulauan Raja Ampat

Lokasi Kepulauan Raja AmpatKepulauan Raja Ampat Sumber: instagram.com/budi_prakoso0324

Pulau Raja Ampat merupakan gugusan dari empat gugusan kepulauan yang bersebelahan di Pulau Papua. Secara administratif berada di bawah naungan Provinsi Papua Barat, lebih tepatnya di Kabupaten Raja Ampat.

Pulau-pulau ini menjadi tujuan wisata terindah dan tujuan para penyelam yang ingin menjelajahinya di bawah air. Empat gugus yang tergabung dalam pulau ini antara lain Pulau Misool, Pulau Waigeo, Pulau Batanta dan Pulau Salawati.

Rute menuju pulau Raja Ampat

Pengunjung bisa terlebih dahulu terbang ke Bandara Domine Eduard Osok di Sorong dengan menggunakan pesawat. Kemudian melanjutkan perjalanan dengan menempuh jalur laut menuju Kepulauan Raja Ampat. Alternatifnya adalah dengan menyewa kapal, dengan harga sewa mulai dari Rp 100.000.

Tiket masuk tour Kepulauan Raja Ampat

Untuk memasuki destinasi wisata ini, pengunjung lokal harus membayar tiket masuk sekitar Rp 500.000. Biaya tiket sekitar 1 juta sekarang dikenakan untuk turis asing. Biaya ini cukup konsisten dengan keindahan yang ditawarkannya. Namun, harga tersebut dapat berubah sewaktu-waktu.

Peta lokasi pulau Raja Ampat

Keajaiban dan aktivitas yang bisa dilakukan di pulau-pulau kepulauan Raja Ampat

Keajaiban dan aktivitas yang bisa dilakukan di pulau-pulau kepulauan Raja AmpatPulau Kepulauan Raja Ampat Sumber: instagram.com/defri_fahmi

Kawasan ini menawarkan keindahan bawah laut yang memikat wisatawan petualang. Setidaknya lebih dari 1500 jenis ikan, 600 jenis invertebrata lainnya dan 500 jenis karang ditemukan di sini. Bahkan, menurut penelitian di seluruh dunia, 75% spesies di planet ini ditemukan di kawasan pulau Raja Ampat. Berikut beberapa kegiatan yang dapat dilakukan:

1. Tempat menyelam terbaik hanya bisa ditemukan di Raja Ampat

Sudah menjadi rahasia umum bahwa keindahan bawah laut Kepulauan Raja Ampat adalah yang terbaik. Padahal, destinasi ini merupakan spot diving atau snorkeling terbaik di dunia. Hal ini juga tidak terlepas dari banyaknya biota laut yang menjadi habitat kawasan ini.

Salah satu tempat menyelam yang bisa Anda coba adalah desa Arborek. Keramahan penduduk setempat saat menyambut tamu juga patut diapresiasi. Saat bertemu warga, mereka tersenyum kepada turis dari segala sisi.

2. Menikmati keindahan Star Lagoon Lagoon

Satu hal yang tidak boleh Anda lewatkan dalam tur ini adalah laguna berbentuk bintang. Laguna ini pasti bisa memanjakan mata siapapun yang melihatnya. Kawasan ini juga menjadi tempat paling keren untuk berfoto.

3. Deretan gugusan pulau

Wayang adalah salah satu kabupaten pulau di Raja Ampat. Wayag juga dikenal dengan dunia bawah lautnya yang mempesona. Luasnya 155.000 hektar. Di sini Anda akan menemukan pantai-pantai indah dengan pulau-pulau eksotis unik yang seolah tumbuh dari laut. Terlihat seperti dalam dongeng.

4. Pasir timbul

Pesona lain yang tak kalah indahnya adalah pesona di atas permukaan laut. Artinya, muncul sebaris pasir yang muncul pada waktu tertentu. Biasanya, pasir yang meledak ini tercipta saat laut surut. Karena hamparan pasir ini cukup luas, pengunjung bahkan bisa berjalan di atasnya.

Akomodasi di Raja Ampat

Akomodasi di Raja AmpatKepulauan Raja Ampat Sumber: instagram.com/indolivin

Sebagai destinasi wisata yang terkenal, Raja Ampat tentunya memiliki fasilitas wisata yang memadai. Salah satunya adalah masalah akomodasi. Berikut upaya merangkum beberapa pilihan akomodasi terdekat di Pulau Raja Ampat:

1. Raja Ampat Dive Lodge Resort

Rekomendasi pertama adalah Raja Ampat Divelodge Resort. Fasilitas yang ditawarkan cukup lengkap. Keunikan penginapan ini terletak pada lokasinya yang sangat dekat dengan Pulau Mansuar. Namun, pastikan tas dengan harga tersebut cukup untuk sewa kamar. Biaya akomodasi di resor ini sekitar Rp 3 juta per malam.

2. Resor Ramah Lingkungan Hamu

Bagi Anda yang memiliki budget pas-pasan, tidak ada salahnya memilih menginap di Hamu Eco Resort. Harga per malam disini cukup terjangkau, sekitar 1 jutaan. Meski demikian, fasilitas yang ditawarkan tak kalah menarik. Anda dapat menikmati pemandangan indah baik di pagi hari maupun saat senja.

3. Resor Ramah Lingkungan Misool

Tempat menginap yang nyaman dan layak untuk dicoba adalah Misool Eco Resort. Di sini para tamu memiliki fasilitas lengkap yang mereka miliki. Hotel ini juga merupakan hotel teratas di daerah ini. Pengunjung juga dapat melakukan penyelaman khusus.

Berada di tempat yang tidak berpenghuni, wajar jika alam sekitarnya masih terlihat alami. Tempat yang tenang, cocok bagi yang ingin melepas penat dari rutinitas kerja sehari-hari.

4.Yenkoranu Homestay

Akomodasi murah tapi lengkap tertanam di Yenkoranu Homestay Hotel. Harga penginapan ini sekitar Rp 650.000 per orang untuk tipe VIP 1. Sedangkan untuk yang pesan keduanya harganya sekitar Rp 950.000. Cukup murah, bukan?

Liburan adalah cara terbaik untuk menyegarkan pikiran. Kerja keras terus berjalan tanpa istirahat. Jadi manjakan diri Anda dengan liburan bersama orang yang Anda cintai. Pulau kepulauan Raja Ampat direkomendasikan.

Gambar dan foto Raja Ampat

Pemandangan Raja Ampat dari atasBersantai di Raja AmpatRaja Ampat di pagi hariKeindahan pantai di Raja AmpatDanau bintang di Raja AmpatFasilitas lengkap di Raja Ampat

Source: www.tempatwisata.pro

Related Articles

Back to top button