Tempat Wisata

Kepulauan Widi, menyaksikan indahnya rangkaian 100 pulau tak berpenghuni di Halmahera Selatan

Kepulauan Widi di Halmahera Selatan merupakan rangkaian pulau tropis mempesona yang terdiri dari 100 pulau indah tak berpenghuni yang menawarkan keindahan alam yang mempesona.

Biaya tur: Mulai dari Rp 2.000.000, Jam beroperasi: 24 jam, Alamat: Gane Luar, Kec. Gane Tenggara, Cab.Halmahera Selatan, Maluku Utara; Map: Periksa lokasinya

Baru-baru ini Kepulauan Widi di Halmahera Selatan, Maluku Utara menjadi sorotan lewat lelang terbuka Sotheby's Concierge Auctions.

Website yang berasal dari New York, AS ini menawarkan kesempatan kepada penawar tertinggi dengan deposit sebesar $100.000 atau sekitar Rp 1,5 miliar. Namun kehebohan tersebut akhirnya terhenti karena pemerintah pusat mencabut hak pengelolaan PT Leadership Islands Indonesia atas kawasan tersebut.

Salah satu daya tarik yang membuat kawasan wisata ini begitu diminati investor adalah Kepulauan Widi di Halmahera Selatan yang memiliki keajaiban bawah laut yang luar biasa. Anda harus merasakan keindahannya secara langsung!

Objek wisata yang ditawarkan Kepulauan Widi

Daya Tarik Kepulauan WidiFoto: Google Maps/Mnasrul Latulanit

1. Keindahan pulau yang mempesona

Perlu diketahui, kepulauan indah ini terdiri dari dua pulau, salah satunya adalah kepulauan Widi bersama 83 pulau lainnya.

Di kepulauan ini Anda akan banyak menemukan pulau-pulau kecil dengan pantai berpasir putih yang indah sebagai destinasi wisata. Setidaknya Anda bisa menemukan 2 buah pulau karang atol yang berbentuk gelang atau lingkaran.

Tentunya dengan keunikan yang ditawarkannya, tak heran jika tempat wisata di nusantara ini dianggap sebagai tempat terindah di Maluku Utara. Keindahannya semakin menakjubkan ketika Anda menemukan berbagai jenis flora dan fauna unik.

Probabilitas tutupan karang di perairan Kepulauan Widi termasuk dalam kategori sedang hingga baik dengan persentase 15% hingga 78%.

Proporsi kerang keras yang ditemukan di perairan tersebut terbukti sebesar 16,27%. Sedangkan presentasi lainnya dihuni oleh jenis karang lain seperti Acropora, Pocillopora dan Montipora.

Selain itu, perairan ini juga menjadi rumah bagi ikan karang dari keluarga Acanthuridae. Berbagai hewan karismatik seperti hiu, lumba-lumba, hiu paus, paus biru kerdil. Paus sperma, duyung, dan lumba-lumba juga ditemukan di perairan ini.

2. Cagar Alam

Perlu diketahui, kawasan wisata unik nusantara ini merupakan cagar alam yang ditetapkan berdasarkan Keputusan Menteri Kelautan dan Perikanan Nomor 102/Kepmen/KP/2020.

Atas dasar hal tersebut, Pemerintah Provinsi Maluku Utara, Pemerintah Halmahera dan PT Leadership Islands Indonesia menandatangani Nota Kesepahaman pada tahun 2015.

Memorandum tersebut mencakup langkah-langkah untuk mengembangkan sektor pariwisata di kepulauan tersebut. Nota kesepahaman tersebut memberikan PT LII hak pengelolaan Kepulauan Widi selama 35 tahun dan selanjutnya akan ditinjau kembali. Selain itu, kawasan wisata ini juga dikenal sebagai pusat bahari dan ekowisata.

Sebagai imbalannya, PT LII memikul tanggung jawab sosial atau disebut Corporate Social Responsibility (CSR) terhadap masyarakat setempat, khususnya di bidang pendidikan dan bisnis, guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Sayangnya, PT LII tidak menepati Nota Kesepahaman bahkan mempertimbangkan lelang.

3. Memiliki 100 pulau tropis

Situs lelang menyebutkan kepulauan unik ini mencakup 100 pulau tropis yang secara alami tidak berpenghuni. Kawasan pulau ini dikelilingi pantai berpasir putih sepanjang 150 km.

Kawasan wisata nusantara ini juga memiliki kawasan perlindungan laut seluas 315.000 hektar, dimana 10 hektar diantaranya merupakan hutan bakau, laguna, dan danau.

Alamat dan rute menuju pulau

Alamat Kepulauan WidiFoto: Google Maps/Mnasrul Latulanit

Untuk menemukan Kepulauan Widi, Anda bisa menempuh perjalanan ke Desa Gane Luar, Gane tenggara, Halmahera selatan, dan Maluku utara. Untuk menuju kawasan wisata ini bisa dilakukan dari Ternate, namun membutuhkan waktu yang cukup lama.

Pertama, Anda bisa naik speedboat selama 45 menit dari Ternate menuju Sofifi. Perjalanan kemudian dilanjutkan menuju Desa Bisui, Gane Timur, Halmahera Selatan dengan waktu tempuh 8 jam.

Selanjutnya perjalanan menuju pulau-pulau tersebut dengan perahu candi selama 2 jam. Harga sewa perahu ini umumnya berkisar Rp 2 jutaan dan bisa dinegosiasikan.

Pilihan lainnya adalah perjalanan perahu selama 6 jam ke Pulau Bacan. Setelah itu perjalanan dengan speedboat selama kurang lebih 4 jam sampai di desa Gane Dalam.

Dari sini Anda dapat melanjutkan berkendara selama 40 menit dengan kendaraan pribadi dan kemudian menggunakan perahu tempel hingga 1 jam.

Aktivitas yang menyenangkan

Hal menarik yang bisa dilakukan di Kepulauan WidiFoto: Google Maps/Mnasrul Latulanit

Snorkeling dan menyelam

Keberadaan pulau ini bisa dikatakan merupakan surganya para nelayan karena memiliki potensi penangkapan ikan yang sangat tinggi sebagai sumber penghidupan.

Kawasan Kepulauan Widi di Halmahera Selatan dikenal tidak hanya sebagai surganya para nelayan namun juga sebagai tempat terbaik yang wajib dikunjungi para pecinta snorkeling dan diving dengan keunikan bawah lautnya yang beragam.

Pulau-pulau indah ini sebagian besar tidak berpenghuni. Keindahan alam bawah lautnya sangat alami dan jarang terjamah oleh manusia.

Sejak zaman dahulu, pulau-pulau di sini hanya menjadi tempat persinggahan para nelayan saat kondisi laut dan cuaca sedang tidak mendukung.

Dari sekian banyak pulau, hanya Pulau Daga yang diketahui berpenghuni dengan jumlah penduduk hanya 15 kepala keluarga. Akses menuju pulau ini juga agak sulit karena tidak memiliki fasilitas yang memadai.

Masyarakat yang tinggal di pulau ini mempunyai rumah panggung dari kayu. Secara umum, mereka dengan senang hati menampung wisatawan yang datang untuk menginap.

Jika ingin melakukan aktivitas snorkeling dan diving, disarankan untuk membawa perlengkapan sendiri dari rumah. Kepulauan ini menawarkan banyak aktivitas menarik seperti snorkeling, diving, dan memancing.

Memancing di Kepulauan Widi

Salah satu aktivitas menarik yang bisa Anda lakukan di Kepulauan Widi adalah memancing atau mengolah ikan asin.

Kegiatan ini paling sering dilakukan oleh warga kabupaten Halmahera Selatan. Anda bisa membawa perlengkapan sendiri untuk menikmati aktivitas memancing ini sepuasnya.

Nikmati keindahan pulau yang unik

Akhirnya Anda bisa menikmati suasana dan pemandangan yang indah. Hampir semua wisatawan yang berkunjung ke pulau-pulau ini terkesima dengan keindahannya.

Anda bisa melihat dengan jelas keindahan laut dan ikan-ikan di antara karang. Selanjutnya Anda bisa berjalan-jalan di sekitar danau berwarna biru kehijauan.

Kawasan danau laut ini dikelilingi oleh vegetasi bakau yang lebat dan terletak di atas pasir putih. Bahkan jika beruntung, Anda bisa melihat hiu bermain di hamparan karang dan padang lamun.

Kawasan lain yang bisa dikunjungi antara lain kawasan hutan mangrove dan juga hutan pinus yang ditumbuhi pepohonan khas pulau terumbu karang lainnya.

Fasilitas yang tersedia di kawasan pulau

Fasilitas Kepulauan WidiFoto: Google Maps/Mnasrul Latulanit

Kawasan wisata indah Kepulauan Widi di Halmahera Selatan belum dilengkapi dengan fasilitas yang memadai. Bahkan, fasilitas wisata seperti pendopo dan tempat istirahat lainnya dibangun pada tahun 108.

Fasilitas ini dibangun pada saat Widi International Fishing Tournament. Namun sayang, fasilitas tersebut telah rusak karena kelalaian.

Bagi Anda yang menyukai kawasan dengan pemandangan menakjubkan, Anda wajib datang ke Kepulauan Widi di Maluku Utara. Terdapat 3 atol dan 2 gugusan pulau diantaranya Pulau Daga Gane dan Pulau Daga Weda.

Nikmati liburan tak terlupakan di kawasan wisata penuh keindahan alam yang mempesona ini!

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Back to top button