Berita Wisata

Kereta api di Sulawesi Berlari lebih cepat daripada di Jawa

Liputan6.com, Jakarta – Direktorat Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan (Kemenhub) telah melakukan uji coba terbatas jalur KA Makassar-Parepare di Sulawesi Selatan, mulai Sabtu, 29 Oktober 2022.

Dalam uji coba ini, warga Kabupaten Barru dan Kabupaten Pangkep dapat mencoba kereta pertama di Sulawesi secara gratis selama masa uji coba terbatas.

Dalam uji coba ini, Kementerian Perhubungan dan PT KAI (Persero) mengoperasikan KA Andalan Celebes dan Lontara. KA Andalan Celebes untuk menyeberang stasiun Garongkong menuju stasiun Mangilu. Sedangkan untuk arus balik dari Stasiun Mangilu ke Stasiun Garongkong menggunakan KA Lontara.

Pj Dirjen Perkeretaapian Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Zulmafendi mengatakan jalur kereta api Bumi Celebes merupakan salah satu jalur kereta api di Indonesia yang menggunakan standar lebar rel (pengukur standar) dengan lebar 1435 mm.

“Dengan lebar rel, KA Sulawesi akan bisa melaju lebih cepat dan nyaman dibandingkan KA Pulau Jawa,” kata Zulmafendi dalam keterangan tertulis, Minggu (30/10/2022).

Selain itu, Zulmafendi juga menyampaikan bahwa jalur kereta api ini memiliki potensi wisata yang sangat tinggi. Menurutnya, keindahan pemandangan di sepanjang jalur tersebut akan menjadi daya tarik wisata tersendiri.

Belum lagi banyak kawasan wisata seperti Wisata Alam Anjungan Sumpang Binangoe, Wisata Alam Pantai Ujung Batoe, Wisata Mangrove Dewi Biringkassi, jelasnya.

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button