Berita Wisata

Ketahui benua yang tidak dilintasi garis khatulistiwa dan iklimnya

Ilustrasi benua yang tidak dilintasi garis khatulistiwa, yaitu. Sumber: Unsplash.com/Joey Csunyo Benua yang tidak dilintasi garis khatulistiwa adalah benua Australia. Ini karena seluruh bagian benua Australia berada di belahan bumi selatan. Secara astronomis, Australia terletak di antara 11 derajat lintang selatan dan 44 derajat lintang selatan dan 113 derajat bujur timur dan 153 derajat bujur timur. Berdasarkan letak astronomis benua-benua tersebut, dapat dipahami bahwa benua Australia merupakan benua terkecil di dunia. . Mengutip dari buku Bahas Lengkap 1001 Soal Dasar IPS menurut hasil kerja Tentor Forum (2009: 152), luas permukaan benua Australia dan beberapa pulau kecil yang mengelilinginya diketahui seluas 7,8 juta kilometer. Itu hampir 1/6 luas benua Asia, meski lebih kecil dari benua lain, Australia masih memiliki banyak destinasi wisata. Yuk, kenali destinasi wisata di Australia!

3 destinasi wisata di benua Australia

Ilustrasi tempat wisata di Australia. Sumber: Unsplash.com/Photoholgic

Benua yang juga merupakan negara ini memiliki banyak destinasi wisata yang asyik untuk dikunjungi saat berlibur. Tiga di antaranya, yaitu:

Sydney Opera House wajib dikunjungi karena merupakan salah satu tempat ikonik di Australia. Keunikan arsitektur tempat wisata ini sangat cocok bagi Anda yang gemar berburu foto Instagrammable.

Faser Island atau Pulau Phaser terletak di Queensland. Pulau Faser memiliki pemandangan alam yang sangat indah. Deretan hutan hujan, gumuk pasir, dan tebing pasir tentu bisa memanjakan mata memandangnya.

Great Barrier Reef adalah surga bagi para penyelam. Pasalnya, tempat ini memiliki formasi terumbu karang terbesar dan terindah.

Jika Anda ingin pergi ke Australia, ada hal yang perlu diperhatikan. Ini adalah pertanyaan untuk mengetahui musim yang terjadi di sana.

Memang kondisi benua yang tidak dilintasi garis khatulistiwa membuat Australia memiliki iklim yang berbeda dengan Indonesia. Tim Guru Indonesia (2010: 386) dalam bukunya yang berjudul BBuku Pintar Kursus SD/MI 5 in 1 menjelaskan bahwa iklim benua Australia terbagi sebagai berikut.

  • Iklim tropis di Australia utara.

  • Iklim subtropis Australia selatan.

  • Iklim laut sedang di Victoria selatan dan Tasmania.

  • Iklim gurun di daerah gurun.

Ini semua informasi tentang benua Australia. Sampai jumpa lagi dengan informasi menarik lainnya di Berita Terkini. (A A)

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button