Tempat Wisata

Kolam Jatisrono dan Curug Wonorejo: Harga Tiket, Foto, Lokasi, Fasilitas dan Spot

Aktivitas atau pekerjaan yang intens yang Anda lakukan setiap hari seringkali menimbulkan rasa stres dan tekanan yang kuat dalam hidup Anda. Itulah mengapa liburan dianggap penting agar Anda bisa mengendurkan otot-otot tubuh dan menikmati keindahan alam ciptaan Yang Maha Kuasa Sekaligus melepaskan penat. Keadaan kota yang penuh dengan kemacetan lalu lintas dan polusi udara yang dapat membahayakan kesehatan. Banyuwangi sebagai salah satu kabupaten di Jawa Timur bisa menjadi tujuan wisata yang tepat apalagi jika anda mencari objek wisata alam karena disana anda bisa menemukan banyak tempat wisata alam yang menakjubkan diantaranya yang akan kita bahas kali ini yaitu Telaga Jatisrono dan Air Terjun Wonorejo.

Kolam Jatisrono merupakan kolam renang alami yang sering digunakan sebagai tempat rekreasi keluarga. Kolam renang ini berada di dekat Air Terjun Wonorejo yang juga menawarkan pemandangan alam dan udara segar. Kedua tempat tersebut berjarak sekitar 60 km dari Banyuwangi dan 5 km dari Kalibaru. Air Terjun Wonorejo terletak di Kalibaru Wetan (Kalibaru Timur) di lereng Gunung Raung sedangkan Kolam Swadaya Jatisrono terletak di Desa Kajarharjo. Tempat wisata ini terletak di kabupaten Kalibaru. Tanaman kopi dan kakao yang memenuhi tempat ini. Tempatnya sejuk dan indah. Pengunjung bisa bermalam di Kalibaru.

Kapan lagi datang ke tempat yang ada dua wisata sekaligus. Jalan menuju Telaga Jatisrono dan Curug Wonorejo tidaklah mudah, anda harus menempuh jalan yang sedikit berkelok dan menanjak, namun sesampainya disana anda akan disambut dengan pemandangan yang asri dan teduh sejauh mata memandang yang akan memberikan sensasi tersendiri bagi setiap orang. memberi lelah. Stres pun langsung hilang, apalagi udara disana bebas polusi dan sejuk, sehingga setiap orang yang datang ke sana betah untuk menginap.

Air kolam Jatisrono sendiri berwarna biru kehijauan yang indah kontras dengan pemandangan hijau yang mengelilingi area kolam. Perairannya yang tenang seakan mengajak Anda untuk berenang dan bersantai sambil menikmati panorama yang ditawarkan objek wisata ini.

Ada juga fakta menarik yang perlu anda ketahui tentang Air Terjun Wonorejo yaitu Konon katanya masyarakat setempat menyebut air terjun ini disebut air terjun kembar “Tirto Kemanten” karena ada dua (dua) aliran air yang mengalir turun sekilas terlihat seperti jajaran kedua mempelai. Lingkungan asri dan rindang di sekitar air terjun ini menjadi daya tarik tersendiri. Dan juga menurut warga sekitar, kemunculan (kronik dasar) air terjun ini konon dilakukan oleh Mbah Citro Wardoyo dan menjadikan tempat ini sebagai tier terakhir dari 7 (tujuh) air terjun yang ada di lereng Gunung Raung. . jalur Kalibaru.

Fasilitas di Kolam Jatisrono dan Air Terjun Wonorejo

Sayangnya tempat yang memiliki dua tempat wisata ini masih belum sepenuhnya dikelola oleh Pemerintah Kabupaten Banyuwangi. Jadi jangan heran jika Anda tidak menemukan banyak fasilitas pendukung. Tapi yakinlah, masih ada beberapa fasilitas yang bisa kamu gunakan saat datang ke sini, seperti;

– Area parkir

Untuk menuju objek wisata ini disarankan untuk membawa kendaraan sendiri, baik pribadi maupun sewaan, karena belum ada kendaraan umum yang dapat langsung mencapai tempat ini. Dengan tersedianya tempat parkir, Anda tidak perlu lagi bingung untuk memarkir kendaraan Anda di mana.

– Tempat peristirahatan umum

Meski tidak dibangun oleh pengelolanya melainkan oleh warga sekitar, setidaknya Anda tidak perlu lagi bingung atau takut tidak bisa menemukan toilet untuk buang air kecil.

– Area untuk berkemah

Bagi Anda yang menyukai wisata alam dan ingin lebih dekat dengan alam, daripada mencari penginapan, Anda bisa membawa perlengkapan berkemah kemudian mendirikan kemah di Telaga Jatisrono dan Air Terjun Wonorejo.

Semoga ke depannya Pemerintah Kabupaten Banyuwangi bisa lebih memperhatikan objek wisata ini, karena sangat disayangkan potensi tempat ini sangat besar jika tidak diperkenalkan kepada masyarakat umum.

Berburu foto di Telaga Jatisrono dan Curug Wonorejo

Bagi Anda yang hobi fotografi, di sini Anda bisa mengabadikan sepuasnya pemandangan Telaga Jatisrono dan Air Terjun Wonorejo yang indah dan mempesona, keduanya memberikan kesan alam yang mempesona. Karena air terjun di sini juga tidak terlalu tinggi dan deras, Anda juga bisa lebih dekat untuk berfoto dengan latar belakang air terjun. Kolam Jatisrono sendiri sangat cocok jika Anda membawa kamera anti air agar bisa mengabadikan keseruan bermain atau berenang di kolam tersebut.

Baca Juga: Pantai Banyu Tibo, Keajaiban Air Terjun di Pantai

Akses jalan menuju Telaga Jatisrono dan Curug Wonorejo

Para pecinta travel yang penasaran bisa langsung mulai merencanakan perjalanannya ke objek wisata ini. Berikut rute yang bisa Anda tempuh. Sekitar 20 meter dari stasiun kereta Kalibaru ada belokan ke kiri jalan, selanjutnya tinggal ikuti petunjuk menuju lokasi air terjun. Dan jangan lupa pastikan kendaraan anda dalam keadaan baik karena jalan menuju lokasi merupakan jalan perkebunan yang cukup terjal penuh dengan bebatuan Prejeng.

Biaya masuk ke kolam Jatisrono dan air terjun Wonorejo

  • Biaya masuk: Rp3.000/orang

(Diperbarui Agustus 2023)

Jam Buka Curug Wonorejo

  • Buka setiap hari dari pukul 08.00 – 17.30

Tips liburan ke kolam Jatisrono dan Curug Wonorejo

  • Persiapkan daya tahan tubuh Anda
  • Pastikan kendaraan Anda dalam kondisi baik
  • Karena tidak ada warung, jangan lupa membawa makanan dan minuman
  • Berhati-hatilah saat berenang atau saat mendekati air terjun
  • Jangan mencemari lingkungan

Galeri foto

Air Terjun Wonorejo
berburu foto
Potret pengunjung
Tempat foto terbaik

Source: www.tempatwisata.pro

Related Articles

Back to top button