Berita Wisata

Kondisi cuaca buruk, tanggul pantai Bonea jebol dan ratusan rumah terendam banjir ROB di Kepulauan Selayar

Kepulauan Selayar – Cuaca buruk dan gelombang pasang menerjang pantai barat Kepulauan Selayar di Sulawesi Selatan sejak Jumat malam hingga Sabtu (24/12/2022) dini hari.

Cuaca buruk dan gelombang menyebabkan sejumlah kerusakan antara lain tanggul jebol sepanjang 100 meter di Pantai Bonea, Desa Benteng Utara, Kecamatan Kepulauan Benteng, Selayar.

Tanggul jebol karena tak kuat diterjang ombak hingga akhirnya air laut naik ke pemukiman warga dan merusak tiga kios milik warga di tepi pantai Bonea.

“Cuaca ekstrem yang diikuti gelombang pasang dan hujan menyebabkan sejumlah kejadian malam ini di Kepulauan Selayar. Pemecah gelombang di pantai Bonea pecah dan air laut naik hingga ‘membanjiri rumah warga’. Selain itu, gelombang juga merusak tiga warga setempat. kios di pantai Bonea.

Tak hanya itu, malam ini ratusan rumah warga kecamatan Benteng dan Bontosikuyu terendam air laut akibat gelombang tinggi yang menerjang pesisir barat Kepulauan Selayar, kata Patta Bau, Sekretaris Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kepulauan Selayar, Sabtu ( 24/12/2022) pukul 02:00 WITA di venue Pantai Bonea.

Karena banyaknya insiden di tengah kondisi cuaca ekstrem selama dua hari terakhir, kami di BPBD membagi menjadi dua tim untuk meliput semua insiden. “Selain kejadian yang sudah saya uraikan, BPBD juga mencatat sejumlah pohon tumbang dan menimpa rumah warga serta tiang listrik patah atau roboh diterjang angin kencang yang melanda Jumat malam hingga Sabtu dini hari,” jelas Patta Bau.

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button