Berita Wisata

Kratonan Solo Cultural House, destinasi wisata sejarah kekinian

KOMPAS.com – Rumah Budaya Kratonan bisa menjadi pilihan wisata sejarah saat berkunjung ke Kota Solo.

Lokasinya di Jalan Manduro nomor 6, Gang Kartotiyasan, Kecamatan Serengan, Solo, Jawa Tengah.

Di sana, pengunjung dapat menelusuri ruang-ruang pameran yang berisi informasi tentang sejarah politik di Indonesia, khususnya di Solo.

Baca Juga: 5 Solo Hangout yang Instagramable

Kisah yang dimaksud meliputi hari-hari awal kedatangan Vereenigde Oostindische Compagnie (VOC) ke dalam revolusi.

Meski merupakan destinasi wisata bersejarah, namun Rumah Budaya Kratonan membungkusnya dengan penyampaian yang lebih kekinian.

Suasana di Rumah Budaya Kratonan Solo, Sabtu (11/5/2022).Dermaga KEMENTERIAN PARIWISATA DAN EKONOMI KREATIF Suasana di Rumah Budaya Kratonan Solo, Sabtu (11/5/2022).

Hal ini juga diapresiasi Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Uno saat berkunjung ke sana.

“Saya tidak tahu apa yang ingin saya lihat sebelumnya, tetapi ternyata ada campuran yang sangat padat antara sejarah dan budaya, tetapi ada juga sesuatu yang kontemporer tentang itu.”

“Ada sebuah tempat selfiedan disana tempat foto-foto yang menarik wisatawan,” kata Sandiaga, saat berkunjung ke Rumah Budaya Kratonan Solo, Sabtu (11/5/2022), dikutip Kompas.com dalam siaran persnya.

Baca Juga: 10 Solo Tour Dekat Race Station, Banyak Bangunan Bersejarah

Selain sejarah politik Indonesia, pengunjung njva dapat merasakan berbagai aktivitas budaya di destinasi ini. Beberapa di antaranya adalah latihan tari, latihan gamelan, latihan bahasa Jawa, diskusi budaya melalui buku dan film.

Jam buka dan tiket masuk Kratonan Cultural House

Suasana di Rumah Budaya Kratonan Solo, Sabtu (11/5/2022).TAMU KEMENTERIAN PARIWISATA DAN EKONOMI KREATIF Suasana di Rumah Budaya Kratonan Solo, Sabtu (11/5/2022).

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button