Tempat Wisata

Lau Kulap, keajaiban kolam pemandian dan sungai super jernih di Langkat

harga tiket: 10.000 Rp Jam operasional: 09.00-17.30 WIB, Alamat: Garunggang, Kec. Kuala, Kab.Langkat, Sumatera Utara; Map: verifikasi lokasi

Salah satu tempat wisata yang sangat direkomendasikan untuk Anda dan terletak di Kabupaten Langkat, Sumatera Utara adalah Lau Kulap, resort yang menawarkan pemandian alam. Di tempat ini Anda akan menemukan banyak kolam renang yang dikelilingi perbukitan hijau.

Air yang mengalir ke kolam tersebut berasal dari mata air alami di sekitar pegunungan. Oleh karena itu, tidak heran jika tempat ini mengalami cuaca yang sangat sejuk dan suhu yang rendah, sehingga sangat cocok bagi Anda yang mencari tempat yang tenang untuk bersantai.

Pemandian ini terletak di Desa Telagah, Sumatera Utara. Lokasi Lau Kulap sebenarnya berada di kawasan yang cukup tersembunyi, namun hal tersebut tetap tidak menyurutkan pengunjung untuk mengunjungi tempat tersebut. Tempat tersembunyi inipun dijadikan sebagai salah satu daya tarik tersendiri.

Daya tarik Lau Kulap

Atraksi Lau Kulapfoto dari Fordyce di Twitter

✦ Bersihkan kolam dan sungai

Jika Anda berlibur ke Lau Kulap, nantinya kolam dan sungai dengan air yang begitu jernih menanti Anda. Wisatawan perlu menyiapkan tenaga yang cukup untuk menuju ke kawasan wisata. Karena seperti yang sudah dijelaskan, tempatnya jauh dari perkotaan dan cukup tersembunyi.

Selama perjalanan, Anda akan disuguhi pemandangan yang begitu indah dan alami yang akan membuat perjalanan Anda seru. Lelah selama perjalanan akan terbayar lunas setibanya Anda di lokasi Kolam Renang Babarsari.

Kolam Renang Babarsari terbagi menjadi dua kategori diantaranya kolam dewasa dan kolam anak. Kolam dewasa memiliki kedalaman kurang lebih 160 cm. Nantinya di kolam tersebut Anda bisa merasakan airnya yang begitu jernih, segar dan juga dingin.

Air yang berasal dari mata air alami sangat bervariasi dan begitu menyegarkan, jadi jangan lewatkan kesempatan Anda untuk berendam di Lau Kulap. Kolam renang di lokasi ini juga sangat aman untuk anak Anda karena tidak menggunakan bahan kimia atau kaporit untuk membersihkan area kolam.

Sehingga ketika liburan tiba, kunjungan ke tempat ini sangat dianjurkan. Meski kawasan wisata ini jauh dari perkotaan, Anda tidak perlu khawatir dengan fasilitasnya. Fasilitas di tempat wisata sangat memadai dan harga tiket masuk juga terjangkau.

Selain itu, nantinya Anda akan menemukan kolam yang begitu jernih, di titik ini juga terdapat sungai yang airnya terlihat begitu jernih dan segar. Sungai berjarak sekitar 100 m dari kolam. Jadi Anda hanya perlu berjalan kaki jika ingin ke sungai.

✦ Suasana pegunungan yang nyaman

Daya tarik Lau Kulap selanjutnya adalah suasananya yang begitu nyaman namun sangat alami. Seperti yang sudah disebutkan di atas, tempat wisata ini berada di daerah Langkat, Sumatera Utara. Tempat tersebut menawarkan wisata berupa kolam renang di mata air alami yang muncul dari gunung.

Bagi Anda yang sangat menyukai suasana alam yang masih belum tersentuh polusi, tempat ini sangat direkomendasikan. Karena resort ini berada di daerah pegunungan, wajar jika udara yang dihasilkan di sana sangat sejuk.

Ketika Anda berada di sana Anda pasti akan merasa nyaman dan betah. Selain itu, ada banyak kegiatan yang menyenangkan. Maka dari itu, jangan lupa luangkan waktu untuk berlibur di tempat ini.

✦ Tempat foto yang menarik

Tersedia berbagai spot foto untuk objek wisata terakhir yang bisa ditemukan di kawasan Lau Kulap. Spot foto yang disediakan pengelola memang sangat up to date dan dinikmati oleh banyak kalangan remaja. Maka tidak heran jika wisata kolam renang belakangan ini semakin populer dan cukup viral di media sosial.

Spot foto yang disediakan sangat dipentaskan dan disana anda akan menemukan miniatur bangunan dengan desain belanda, balon udara dan juga ada tempat dimana anda bisa menyewa pakaian khas kolonial belanda. Ini akan membuat liburan lebih seru dan menghibur. Jadi jangan lupa membawa kamera saat berkunjung.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat Lau KulapFoto oleh Fits Halomon di Google Maps

Buat kamu yang ingin mengunjungi Kolam Renang Lau Kulap, kamu bisa langsung ke Kabupaten Langkat Sumatera Utara. Lokasi persisnya berada di distrik Kuala.

Bagi Anda yang berasal dari luar kota dan belum familiar dengan kawasan tersebut, Anda bisa menggunakan Google Maps untuk mengetahui lokasi tempat wisata tersebut. Dengan begitu, pencarian kolam renang tentu dirasa lebih mudah.

Koneksi jalan menuju resort ini sangat bagus, jadi anda bisa kesana dengan sepeda motor atau mobil jika ingin kesana. Penggunaan kendaraan pribadi sangat disarankan karena nantinya Anda bisa lebih fleksibel.

Wisata kolam renang ini memiliki jarak sekitar 80 km jika dimulai dari pusat kota Langkat. Waktu yang dibutuhkan untuk akhirnya tiba di tempat wisata sekitar 3 jam.

Biaya masuk dan jam buka

Anda juga akan dikenakan biaya masuk atau tiket untuk menikmati kemeriahan dan keindahan alam Lau Kulap. Namun Anda tidak perlu khawatir karena biaya tiketnya cukup murah sehingga tidak akan menguras kantong Anda. Harga tiketnya sendiri adalah Rp 10.000 per orang.

Ada juga biaya parkir sebesar Rp 5.000 bagi Anda yang membawa kendaraan pribadi. Terdapat kolam, gubuk dan beberapa spot foto di tempat wisata ini. Anda akan dikenakan biaya tersendiri untuk menggunakan semua fasilitas tersebut.

Bagi Anda yang ingin menyewa kabin, biayanya adalah Rp 20.000. Sedangkan pengunjung yang ingin berendam atau berenang di dalamnya bisa berfoto di spot yang disediakan pihak pengelola Lau Kulap dengan biaya Rp 5.000,- kolam akan dikenakan biaya Rp 5.000.

Dengan biaya tersebut, Anda bisa menikmati semua keseruan yang ditawarkan tempat wisata ini. Jadi jangan ragu untuk segera meluncur ke kolam air sejuk ini bersama keluarga.

Kegiatan yang menarik

Aktivitas di Lau KulapFoto oleh Visit.Langkat di Instagram

1. Menikmati indahnya panorama Lau Kulap

Ada banyak aktivitas menarik dan seru yang bisa dilakukan di Lau Kulap. Salah satunya untuk menikmati panorama yang masih asri di kawasan pegunungan. Taman hiburan dan kolam air alami memang sangat populer dan menjadi tujuan wisata, terutama di kalangan wisatawan lokal.

Selain itu, tempat ini sangat cocok dijadikan tujuan liburan bersama keluarga dan anak-anak Anda. Begitu sampai di area gerbang, Anda langsung disuguhi pemandangan alam yang sangat indah, betapapun hijaunya, dan bebatuan dengan dimensi yang besar.

2. Santai

Di Lau Kulap, Anda tidak hanya bisa menikmati panorama, tapi juga sekedar bersantai sambil menyaksikan beberapa kawanan monyet liar di pepohonan sekitar. Anda bisa duduk santai di atas gazebo yang bisa disewa untuk beristirahat sejenak.

3. Berenang di kolam renang

Aktivitas menarik selanjutnya adalah berenang di kolam renang. Kolam tersebut memiliki keunikan tersendiri dibandingkan dengan kolam di tempat wisata lainnya. Kolam di tempat ini menggunakan mata air pegunungan asli, sehingga Anda bisa merasakan kesegaran saat mandi dan berendam di kolam.

Lebih tepatnya, kolam ini dibangun pada tahun 2015 dan langsung mendapatkan popularitas besar di kalangan pengunjung. Nanti Anda akan merasakan udara yang begitu sejuk dan air yang begitu menyegarkan. Pohon-pohon yang sangat rindang tumbuh di sekitar kolam, yang membuat suasana menjadi lebih menyenangkan.

Terdapat 3 kolam di Lau Kulap, salah satu kolam juga dilengkapi wahana berupa seluncuran air yang panjang dan berkelok-kelok. Selain itu, kolam-kolam lainnya dihias dengan berbagai hal menarik, sehingga berendam di sana akan membuat Anda betah.

4. Berburu foto

Seperti disebutkan di atas, resor wisata ini memiliki banyak peluang foto modern dan menarik. Anda bisa menggunakan spot foto sebagai background untuk mendapatkan foto yang instagramable. Salah satu tempat yang paling populer dan banyak dicari oleh wisatawan adalah balon udara.

Berpose di balon udara panas pasti memberi Anda citra yang dipentaskan. Ada pula miniatur rumah yang didesain semenarik mungkin sehingga bisa menarik wisatawan untuk berfoto di Lau Kulap.

5. Bermalam di keluarga angkat atau tenda

Memang, berkemah adalah pilihan bagi pengunjung yang ingin tinggal secara lokal. Mendirikan kemah di tengah suasana pegunungan tentu akan menciptakan nuansa alam yang eksotik. Apalagi saat malam menjelang, kamu bisa mengumpulkan kayu bakar untuk membuat api unggun.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

tanaman Lau KulapFoto oleh Aris Kurnianda Safar di Google Maps

Lau Kulap sebenarnya termasuk salah satu wisata yang dikelola dengan sangat baik, sehingga fasilitas yang bisa didapatkan di tempat ini juga cukup memadai. Anda akan menemukan fasilitas berupa ruang ganti, toilet, paviliun kecil untuk relaksasi, penginapan, mushola dan warung dengan berbagai menu.

Untuk menambah daya tarik pengelola, fasilitas berupa titik foto area kolam renang dan tempat-tempat menarik lainnya untuk dikunjungi di tempat ini juga telah ditambahkan.

Anda yang ingin menginap bisa menginap dengan homestay yang tersedia di tempat-tempat wisata. Fasilitas host family sangat lengkap dan harga juga relatif murah. Jika ingin suasana yang lebih alami dan biaya yang lebih murah, Anda juga bisa mencoba mendirikan tenda.

Lau Kulap di Langkat sangat direkomendasikan bagi anda yang saat ini sedang mencari destinasi wisata berupa kolam pemandian dengan suasana alam. Selama berada di kota Langkat, sangat disarankan untuk mampir ke tempat wisata ini.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Back to top button