Tempat Wisata

Laut Bekah, tempat terbaik menikmati keindahan lautan dengan pesona alam yang memukau di Gunung Kidul

Laut Bekah di Gunung Kidul Ini adalah tempat terbaik untuk menikmati keindahan lautdan juga menawarkan tempat memancing ideal yang dikelilingi pesona alam yang eksotik.

Harga tiket: Bebas, Jam beroperasi: 24 jam, Alamat: Temon, Kecamatan Giripurwo. Purwosari, Kab.Gunung Kidul, DI Yogyakarta; Map: Periksa lokasinya

Laut Beka mungkin masih asing bagi banyak wisatawan, namun tidak bagi mereka yang hobi memancing. Tempat ini memiliki tempat yang sangat menguntungkan, tempat berkumpulnya ikan-ikan besar dan kecil. Setiap harinya para pemancing dari berbagai daerah menyempatkan diri untuk berkunjung. Meski harus menempuh perjalanan jauh, semua akan terbayar.

Faktanya, bukan hanya tempat memancing saja yang membuat tempat ini selalu menjadi magnet pengunjung. Selain itu, keindahan alam yang ditawarkan cukup mempesona. Beberapa wisatawan bahkan menganggapnya sebagai Uluwatu-nya Jogja. Dari atas Anda bisa menikmati pesona keindahan alam yang menyuguhkan diri kepada Anda.

Meski bernama “laut”, namun objek wisata yang kita bahas kali ini bukanlah pantai. Namun tetap dikaitkan dengan wisata bahari karena tempat ini menawarkan pemandangan laut dari ketinggian. Ditambah lagi, ombaknya yang unik dan menimbulkan suara menderu layaknya lagu alam yang indah. Angin kencang tak henti-hentinya membelai kulit. Jadi Anda tidak akan bosan saat berada di sini.

Cek hotel murah di Gunung Kidul

Daya Tarik Laut Bekah

Daya tarik Danau BekahFoto oleh Santosoadies di Google Maps

Tak heran jika wisatawan memilih Danau Bekah sebagai destinasi utama. Meski Jogja memiliki beragam tempat wisata menarik, namun tempat ini populer di kalangan beberapa kalangan. Alasannya sederhana karena memiliki berbagai daya tarik yang berfungsi seperti magnet alam.

Periklanan. Gulir untuk melanjutkan membaca.

1. Tempat memancing yang ideal

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, daya tarik utama dari tempat wisata di Jogja ini adalah menawarkan spot yang ideal untuk memancing. Ada banyak batu yang tersebar di beberapa tempat. Batuan ini kemudian menjadi tempat memancing yang populer karena ikan biasanya bersembunyi di balik batu dan mencari makan.

Laut Bekah Gunung Kidul terletak di dataran tinggi sehingga penangkapan ikan memerlukan antrean panjang. Anda bisa mencari ikan tepat di atas tebing. Meski terlihat sulit, sebenarnya tidak. Teknik memancing yang digunakan aman, begitu pula umpan yang tepat.

Spot yang bertengger tinggi di atas tebing ini justru menjadi tantangan tersendiri bagi sebagian pemancing. Bagaimana tidak, diperlukan teknik khusus untuk mengangkat ikan saat umpannya dimakan. Kalau salah sedikit saja, ikannya bisa lepas. Pemancing biasanya datang pada malam hari atau saat permukaan air sedang tinggi.

Tour Gunung Kidul Jogja: Pantai Kukup/Krakal – Pemandangan Laut Heha

2. Pemandangan alam yang mempesona

Daya tarik Laut Bekah di Gunung Kidul selanjutnya adalah pemandangan alamnya yang mempesona. Dari atas tebing Anda bisa melihat hamparan laut yang sangat luas. Warnanya terlihat jelas biru, permukaannya bening sekali. Dari atas tidak ada kendala, yang terlihat hanya laut dengan segala keindahannya.

Ombak yang datang relatif besar, meski terkadang ada juga ombak yang cukup kecil. Ombak yang bergulung-gulung ini bahkan bisa disaksikan dari kejauhan, membuat pemandangan semakin eksotis. Saat menghantam karang di sekitarnya, suara gemuruh terdengar jelas. Apalagi jika menabrak permukaan batu, kebisingan yang dihasilkan jauh lebih besar.

Sementara itu, angin yang bertiup di Laut Beka seringkali kencang. Suasana seperti ini biasanya menyebabkan ikan-ikan berdatangan ke tepi pantai. Pemandangannya semakin indah jika Anda beruntung bisa melihat kawanan lumba-lumba yang kerap datang ke tepian pantai. Ada juga penyu atau penyu yang berukuran cukup besar, meski tidak setiap hari Anda temukan.

3. Suasana asri dan alami

Secara umum suasana di sekitar laut terasa sangat kering dan udara terasa panas. Selama Anda mengunjungi objek wisata kali ini, tidak demikian, justru sebaliknya. Suasananya sangat asri karena banyak pepohonan yang tumbuh di sekitar lokasi. Ini juga menciptakan warna hijau yang cukup menyejukkan pemandangan.

Laut Bekah Jogja bisa dikatakan masih alami karena pengunjungnya masih sangat sedikit. Tidak ada sama sekali, meski ada yang datang setiap hari, namun jumlahnya tidak terlalu banyak. Hal ini menjadi keuntungan bagi wisatawan karena kondisinya tampak alami dan jarang terjadi campur tangan manusia.

Jogja Day Tour : Sunrise Lava Tour Merapi, Gua Pindul dan Sungai Oya

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat Laut BekahFoto oleh Rizky Ikhsan di Google Maps

Sebenarnya tidak mudah untuk mengunjungi objek wisata menawan ini karena jarak dari pusat kota yang cukup jauh. Bahkan akses jalan yang Anda lalui pun akan terjal dan menanjak. Pasalnya, letaknya berada di ketinggian, tepat di atas tebing. Namun jangan khawatir, karena semua kesulitan yang kamu lalui nantinya akan terbayar dengan segala keindahannya.

Secara administratif Laut Bekah terletak di Temon, Giripurwo, Kecamatan Purwosari, Kabupaten Gunung Kidul, DI Yogyakarta. Jarak dari Alun-Alun Wonosari sekitar 37 kilometer. Biasanya jalur ini dapat ditempuh dalam waktu 1 jam dengan kendaraan bermotor. Disarankan menggunakan kendaraan pribadi karena tidak terhubung dengan angkutan umum.

Jika keluar dari pusat kota, harap terlebih dahulu mengambil jalur menuju Jalan Veteran. Selanjutnya menuju Jalan Ki Ageng Giring, Jalan Siraman Pulutan dan Jalan Playen Paliyan. Ikuti jalur utama menuju Jalan Raya Panggang hingga mencapai Jalan Legundi dan Jalan Pantai Selatan Jawa.

Dari sini Anda tinggal mengikuti jalan utama, Danau Bekah berjarak sekitar 5 kilometer. Sesampainya di lokasi, harap mencari tempat parkir yang aman. Tidak perlu membayar biaya masuk, tiket masuknya gratis. Hanya saja harus membayar biaya parkir tergantung jenis kendaraannya, tidak mahal juga.

Kegiatan yang menarik

Aktivitas Menarik Laut BekahFoto oleh Fathan Firdaus di Google Maps

Traveling selalu menjadi suatu keharusan saat berlibur, apapun tujuannya. Meski bukan objek wisata alam, namun banyak keindahan yang bisa dinikmati di sini. Selain itu banyak juga aktivitas menarik yang bisa kamu lakukan, berikut beberapa di antaranya!

Tantangan memancing di tebing

Aktivitas menarik pertama saat berada di Danau Bekah Gunung Kidul tak lain adalah memancing. Bahkan bisa dikatakan saat ini merupakan kegiatan wajib dan menjadi alasan mengapa wisatawan datang. Ada hal menarik yang bisa kamu dapatkan, jadi tidak hanya sekedar memancing saja. Karena lokasinya berada di atas tebing, mendapatkan ikan cukup menantang.

Padahal, tempat yang ditawarkan sangat menjanjikan karena banyak terdapat bebatuan karang di bawahnya. Namun, mengangkat ikan bukanlah hal yang mudah. Hal ini menjadi tantangan di kemudian hari karena memerlukan teknik khusus. Tidak jarang para pemancing kehilangan ikannya karena lepas saat diangkat.

Nikmati pemandangan alam Laut Bekah

Laut Bekah Gunung Kidul menawarkan pemandangan alam yang menakjubkan. Di atas sudah kita bahas apa saja yang membuat objek wisata ini begitu mempesona. Mulai dari ombaknya yang tinggi, bebatuan karang yang eksotis, hingga vegetasi hijau yang menghiasinya. Akan sangat rugi jika Anda melewatkannya begitu saja tanpa menikmati seluruh panorama yang ditawarkan.

Berburu spot foto

Meski tidak wajib dan bukan kegiatan utama, spot berburu sepertinya cukup menarik di sini. Bagaimana tidak, karena banyak tempat yang bisa dijadikan background foto. Bukan tempat yang istimewa, melainkan tempat liar yang menawarkan banyak pesona alam. Contohnya adalah hamparan laut luas dengan air berwarna biru yang dihiasi bebatuan karang.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Fasilitas Kelautan BekahFoto oleh Masfui Tri Wibowo di Google Maps

Harga tiket Laut Bekah di Gunung Kidul memang gratis, namun bukan berarti minim fasilitas. Secara teknis, fasilitas-fasilitas wajib tempat wisata hadir di sini. Misalnya saja tempat parkirnya yang cukup luas dan bisa menampung mobil dan sepeda motor. Tersedia toilet serta warung makan dan pendopo yang dapat digunakan untuk beristirahat.

Tidak dapat dipungkiri bahwa mengunjungi tempat wisata memerlukan banyak pertimbangan. Tujuan merupakan hal yang paling penting, namun juga biaya yang harus dikeluarkan. Setelah menyimak semua penjelasan di atas, Danau Bekah layak untuk dikunjungi bagi Anda yang ingin menikmati keindahan alam sekaligus memancing tanpa mengeluarkan banyak biaya.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Back to top button