Tempat Wisata

Lava Bantal, destinasi wisata alam yang menawan di Sleman Jogja

harga tiket: Gratis, Waktu aktif: 09.00 – 17.00 WIB, Alamat: J L. Berbah Prambanan, Desa Kalitirto, Kec. Berbah, Kab.Sleman, DI Yogyakarta; map: Cek lokasi

Lava Bantal merupakan kawasan geokultural yang masih sangat alami, juga merupakan peninggalan sejarah terjadinya Pulau Jawa 60 juta tahun yang lalu. Nama itu sendiri karena batuan lava beku yang mengelilingi aliran sungai sangat unik dan terlihat seperti tumpukan bantal.

Destinasi wisata ini berbentuk tebing sungai yang berarus deras, di kanan kirinya berupa bebatuan dengan warna yang berbeda dari satu sisi ke sisi lainnya. Dibuka sebagai tempat wisata sejak tahun 2016, awalnya tempat ini tidak seramai dan sepopuler tempat wisata di Sleman Yogyakarta lainnya. Namun kini jumlah pengunjungnya telah meningkat berkali-kali lipat dibandingkan saat dibuka.

Dengan potensi wisata tersebut, pengelola objek wisata Lava Pillow sendiri sebenarnya telah merancang dan membangun berbagai fasilitas agar ramah pengunjung. Blok juga dipasang di sekitar lokasi objek wisata agar pengunjung dapat menikmati berbagai aktivitas dengan nyaman dan aman. Perkembangan ini membuat destinasi ini semakin banyak pengunjungnya.

Daya tarik yang dimiliki Pillow Lava

Atraksi Lahar Bantal SlemanSumber gambar: Google Maps Budi Sutrisno

Meskipun Lava Pillow awalnya tidak banyak pengunjung dan kurang populer dibandingkan wisata lainnya di Jogja, sekarang berbeda. Ada banyak atraksi, baik dari segi fasilitas maupun alam, yang menarik banyak pengunjung. Berikut beberapa atraksi yang membuat destinasi ini layak untuk dikunjungi.

1. Warisan Geologi

Geoheritage menjadi daya tarik wisata lava bantal. Batuan yang sangat unik ini berasal dari lahar beku puluhan juta tahun yang lalu dan memiliki andil besar dalam pembentukan pulau Jawa. Bentuknya yang unik, menyerupai bantal, juga menjadi alasan penamaan destinasi wisata ini.

Bentuk dari batu lava ini tidak hanya unik tapi juga sangat indah. Warnanya juga terlihat berbeda dari sisi kiri dan kanan. Oleh karena itu, banyak pengunjung yang akhirnya datang untuk melihat sendiri keindahannya. Tak jarang pengunjung menjadikannya sebagai spot foto yang justru menghasilkan gambar-gambar indah yang bisa diunggah ke media sosial.

2. Pemandangan yang indah

Destinasi wisata ini juga menyuguhkan pemandangan yang sangat indah dan asri. Sungai yang jernih berpadu dengan bebatuan lava juga dikelilingi pepohonan hijau yang membuat kawasan ini terlihat sangat alami dan asri. Tidak hanya itu, areanya juga bersih. Tidak ada sampah berserakan sehingga mengganggu pemandangan.

Tempatnya yang asri menjadi daya tarik tersendiri terutama bagi pengunjung yang bosan dengan suasana kota yang sibuk. Dengan banyaknya pepohonan, kawasan ini juga menjadi lebih segar dan sejuk. Sangat cocok bagi pengunjung yang mencari tempat untuk menyegarkan pikiran dan tubuh.

Daya Tarik Lahar Bantal SlemanSumber gambar: Twitter Putu Ayu Ratna Dian

3. Wahana

Daya tarik lain yang menarik banyak pengunjung adalah sungai yang mengalir cukup deras sehingga bisa digunakan untuk berbagai aktivitas seru seperti tubing dan arung jeram. Karena itu, pengelola juga menyediakan fasilitas dan wahana untuk membuat Anda merasa nyaman mengendarai wahana yang cukup menantang ini menyusuri sungai.

Wahana seru ini dirancang tidak hanya untuk orang dewasa tetapi juga untuk anak-anak. Oleh karena itu, tempat liburan ini juga cocok untuk waktu liburan bersama keluarga. Ditemani pemandu dan keamanan, pengunjung tidak perlu khawatir dan takut lagi untuk mencoba aktivitas seru yang menantang adrenalin ini.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat Lava Bantal SlemanKredit foto: Google Maps Sangat Bege

Bantal Lava ada di Jl. Berbah – Prambanan, Kabupaten Sleman, DI Yogyakarta. Lokasi sangat mudah dijangkau dan dekat dengan bandara Adisucipto. Untuk menuju lokasi dari pusat kota Jogja berjarak sekitar 13 kilometer atau sekitar 25 menit. Anda bisa menggunakan kendaraan pribadi, baik roda dua maupun roda empat, bahkan bus wisata juga bisa menuju ke tempat-tempat menarik.

Anda bisa mengambil rute dari Kota Jogja dengan arah timur menuju Janti lalu ke Blok-O Kompleks TNI AU. Kemudian ikuti jalan tersebut sampai bertemu dengan Akademi Angkatan Udara, Anda tinggal melanjutkan perjalanan ke Jl. Berbah-Prambanan.

Sedangkan jika Anda datang dari Prambanan, Anda bisa berkendara menuju Piyungan. Setelah kurang lebih 8 kilometer, pergilah ke barat dan ikuti saja jalan menuju Jembatan Berbah, yang melintasi Sungai Opak. Kemudian Anda tinggal menuju ke lokasi. Untuk mempermudah perjalanan Anda, aplikasi GoogleMap dapat memandu Anda ke tempat-tempat wisata.

Biaya masuk objek wisata

Tiket Lahar Bantal SlemanKredit foto: Google Maps Aleon Cell

Lava Pillow buka setiap hari dari jam 9 pagi sampai jam 5 sore WIB. Tidak ada tiket masuk jika ingin memasuki kawasan ini, cukup membayar Rp 2.000 untuk parkir motor atau Rp 5.000 untuk mobil.

Sedangkan untuk aktivitas tubing dikenakan biaya sebesar Rp15.000 untuk dewasa dan Rp10.000 untuk anak-anak. Sedangkan arung jeram dikenakan biaya Rp 55.000 per orang.

Aktivitas menarik di Lava Pillow

Aktivitas Lahar Bantal SlemanSumber gambar: Google Maps Ifan Heryanto

Menikmati liburan menjadi sangat membosankan jika tidak melakukan berbagai aktivitas seru. Itu sebabnya Anda harus mencoba mengunjungi Lava Pillow. Di destinasi wisata alam ini, Anda bisa merasakan berbagai aktivitas menyenangkan sekaligus memacu adrenalin dan pastinya membuat liburan Anda semakin berkesan.

1. Tabung

Tubing adalah kegiatan yang sangat populer di kalangan pengunjung Lava Pillow. Jika menggunakan ban, Anda bisa menyusuri sungai dengan arus yang cukup deras sambil menikmati keindahan bebatuan lava. Rute saat ini cukup berliku dan naik turun, namun Anda tidak perlu khawatir karena ada pemandu yang akan mendampingi Anda.

2. Arung Jeram

Arung jeram juga merupakan kegiatan yang sangat menyenangkan, apalagi jika Anda membawa keluarga atau sekelompok teman. Dengan arus sungai yang deras dan banyak bebatuan yang mencuat, aktivitas ini tidak hanya seru tapi cukup memacu adrenalin untuk memuaskan rasa petualangan Anda.

Kegiatan ini tidak hanya menyenangkan tetapi juga sangat terjangkau tergantung peralatannya. Hanya dengan Rp 55.000 Anda sudah bisa mendapatkan guide, transportasi pulang pergi dan asuransi.

3. Fitur air

Jika Anda tidak ingin mencoba wahana yang ditawarkan, Anda cukup bermain-main di bebatuan. Ada beberapa spot yang aliran sungainya cukup tenang sehingga Anda bisa merendam kaki di air. Meski terbilang tenang, Anda tetap perlu waspada dan berhati-hati agar tidak terjadi hal yang mungkin tidak diinginkan.

4. Nikmati pemandangannya

Aktivitas seru bantal lava di SlemanKredit foto: Google Maps widya winata

Pemandangan di sekitar bantaran sungai masih sangat asri dan hijau. Anda dapat menikmati pedesaan di sekitarnya sambil menghirup udara segar. Kegiatan ini tentunya akan menghilangkan rasa lelah dan stres. Oleh karena itu, tempat ini sangat cocok bagi Anda yang sudah jenuh dengan aktivitas sehari-hari yang membosankan.

Anda dapat berjalan-jalan di sekitar sungai untuk menemukan tempat yang cukup nyaman untuk menikmati pemandangan dan merasakan udara segar. Jika tidak ingin berjalan terlalu jauh, pengelola juga telah menyediakan beberapa gazebo gratis untuk beristirahat, duduk, dan menikmati tepian sungai.

5. Ambil foto

Kegiatan ini sepertinya menjadi kegiatan yang sayang untuk dilewatkan. Mereka memiliki banyak spot foto dengan pemandangan alam yang sayang untuk dilewatkan. Banyak pengunjung yang menyempatkan diri untuk berfoto di atas bebatuan lava yang sangat berperan dalam pembentukan pulau Jawa. Bentuknya yang unik membuat foto terlihat lebih cantik.

Ada juga jembatan yang membelah sungai. Jembatan ini juga menjadi spot foto yang cukup sering digunakan oleh pengunjung, tentunya karena tempatnya yang sangat instagramable. Jembatan ini dipenuhi rerumputan hijau di kanan dan kirinya, sehingga terlihat lebih alami dan berbeda dari jembatan lain pada umumnya.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Tanaman Lava Bantal SlemanSumber gambar: Google Maps Budi Sutrisno

Lava Pillow sudah memiliki berbagai fasilitas yang menunjang kenyamanan pengunjung. Fasilitas ini juga memungkinkan pengunjung untuk menikmati aktivitas yang lebih seru dan menyenangkan. Parkir tersedia bagi mereka yang datang dengan kendaraan sendiri. Ada juga mushola, warung makan dan pendopo untuk istirahat.

Selain itu, berbagai spot foto telah disiapkan bagi pengunjung yang datang untuk berburu foto-foto instagramable. Ada juga fasilitas untuk kegiatan tubing dan arung jeram. Fasilitas ini juga mencakup perlengkapan keselamatan seperti pelampung dan helm untuk melindungi kepala. Setelah bermain air, ada kamar mandi untuk membersihkan badan dan berganti pakaian.

Kawasan ini masih sangat alami dan bersih. Menjaga kebersihan membuatnya enak dipandang. Oleh karena itu, ada juga tempat sampah di beberapa tempat. Dengan cara ini, pengunjung juga dapat membantu menjaga lingkungan dengan tidak lagi meninggalkan sampah.

Saat ini, Lava Pillow sangat diminati pengunjung karena menawarkan aktivitas yang sangat seru dan tak terlupakan. Menikmati tepian sungai sambil merenungkan bebatuan milik geoheritage tentu menjadi pengalaman yang tidak banyak didapatkan di tempat lain. Beragamnya tempat wisata juga membuat resor liburan ini layak untuk dikunjungi.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Back to top button