Tempat Wisata

Lawang Sewu: harga tiket, foto, lokasi, fasilitas dan spot

Lawang Sewu adalah simbol Wisata Semarang tak boleh dilewatkan saat berkunjung ke kota ini. Dikenal dengan nama bangunan angker dengan seribu pintu yang sering membingungkan. Nyatanya, tidak membuat tempat ini sepi pengunjung. Hal ini pun rupanya menjadi daya tarik tersendiri karena membangkitkan rasa penasaran.

Daya Tarik Lawang Sewu

Berikut beberapa atraksi dan aktivitas yang bisa dilakukan wisatawan saat mengunjungi gedung seribu pintu ini:

1. Jelajahi seribu pintu

Lawang Sewu adalah bahasa Jawa dan berarti “seribu pintu”. Hal ini tidak lain karena gedung ini memiliki banyak pintu. Jadi susah dihitung. Saat berkunjung ke tempat ini, wisatawan antara lain harus mencoba menjelajahi ribuan jarum yang ada di dalam gedung.

Jika Anda punya banyak waktu, Anda bisa mencoba menghitung jumlah pintu pada bangunan tersebut. Apakah benar ada seribu pintu atau tidak? Ini akan menjadi kegembiraan dan tantangan tersendiri. Apalagi jika Anda melakukannya bersama teman atau bahkan keluarga.

2. Berburu foto

Salah satu tujuan utama pengunjung bangunan kuno ini adalah berburu barang antik. Dengan konsep desain antik ala Belanda yang unik, tempat wisata ini memang menjadi tempat mencari foto yang bagus. Apalagi jika Anda memiliki hobi fotografi. Saya pasti tidak sabar untuk mengabadikan gaya yang dibangun di sini dengan lensa.

3. Menara Cupola

Daya tarik bangunan ini terletak pada bentuk menara berkubah yang menjulang di atasnya. Yang dipadukan dengan gaya arsitektur klasik. Hal ini membuat kemegahan bangunan yang dibangun sejak tahun 1904 ini semakin terlihat. Anda yang menyukai hal-hal artistik pasti akan terpesona saat memasuki pelataran tempat ini.

4. Perjalanan pendidikan

Selain itu terlihat fotogenik dan sebagai tempat berfoto. Bangunan ini juga sangat cocok untuk dikunjungi sebagai bagian dari wisata edukasi. Apalagi bagi Anda yang ingin mengajak anak berlibur. Bisa jadikan museum seribu pintu ini pilihannya. Karena tempat ini sarat akan sejarah yang menjadi nilai plus bagi wisatawan.

Seperti yang mungkin sudah Anda ketahui, gedung tua berlantai dua ini dulunya adalah kantor Biro Perkeretaapian Republik Indonesia. Lawang Sewu memiliki sejarah yang panjang dan agak kelam dan sangat layak untuk dikunjungi bagi anda yang menyukai hal-hal berbau sejarah.

5. Uji adrenalin

Bagi pecinta olahraga jantung atau olahraga horor, Anda bisa menyulap bangunan tua ini menjadi tempat menguji adrenalin. Jika Anda tidak kuat untuk datang pada malam hari itu karena Anda tidak terbiasa dengan medannya. Anda dapat mengambil tantangan menjelajahi bangunan kuno ini sendiri di siang hari. Dijamin bikin kamu merinding.

Sudah menjadi rahasia umum bahwa tempat ini dikenal angker. Banyak cerita horor beredar tentang sejarah kelam, terutama tentang ruang bawah tanah tempat pembantaian dulu terjadi. Dan tidak bisa dipungkiri bahwa hal ini juga membuat banyak orang penasaran untuk membuktikan bagaimana atmosfir magis meraja di sini.

6. Santai

Terletak di pusat kota yang ramai, bangunan yang memberikan kesan angker ini juga bisa dijadikan tempat bersantai. Di tempat ini terdapat area taman yang luas dimana Anda bisa menghabiskan waktu bersama orang tersayang saat berlibur. Hal ini tentu saja menjadi nilai plus untuk akhir pekan singkat Anda.

7. Kunjungan malam

Meski terdengar menakutkan dan tidak biasa. Namun jangan salah, kawasan sekitar Lawang Sewu cukup bersahabat di malam hari. Biasanya pengunjung hanya mengambil foto dari luar. Bangunan klasik ini justru akan terlihat lebih megah di malam hari. Apalagi di remang-remang lampu gedung.

Fasilitas umum di Lawang Sewu

  1. Parkir untuk kendaraan
  2. taman
  3. Toilet
  4. tempat beribadah
  5. zona tenang

Harga tiket Lawang Sewu

  • Biaya masuk untuk dewasa: Rp 20.000
  • Biaya masuk untuk anak-anak: Rp 10.000
  • Harga tiket internasional: Rp 30.000

(Diperbarui April 2023)

Jam buka Lawang Sewu

  • Hari kerja 08.00 – 17.00 WIB
  • Akhir pekan 08.00 – 20.00 WIB\

Lokasi dan rute menuju Lawang Sewu

Lawang Sewu terletak di kawasan Jalan Pemuda, Kompleks Tugu Muda, Kota Semarang, Jawa Tengah. Karena letaknya yang strategis di pusat kota, lokasi ini mudah ditemukan. Anda dapat mencapai kawasan ini dengan kendaraan pribadi maupun angkutan umum. Untuk kenyamanan, Anda bisa menggunakan Simpang Lima sebagai patokan.

Jika Anda datang dari Bandara Terboyo, Stasiun Kereta atau Terminal Bus, Anda bisa naik angkutan umum atau bus Trans. Harga tiket yang harus dibayar penumpang juga sangat murah hanya Rp 4.000/orang sampai tujuan di halte terdekat. Anda kemudian dapat menanyakan kepada petugas nomor bus mana yang akan Anda ambil. Untuk memudahkan Anda bisa naik ojol atau taksi.

Tempat ini menawarkan pemandangan yang tidak biasa dari kemegahan bangunan kuno dan selalu ramai pengunjung. Menariknya, tak hanya turis lokal saja yang tertarik datang ke sini, tapi juga dari mancanegara. Sebenarnya hal itu wajar saja mengingat Lawang Sewu merupakan salah satu tempat wisata di Jawa Tengah yang namanya sudah dikenal seantero dunia.

Peta wilayah Lawang Sewu

Tips mengunjungi Lawang Sewu

Jadikan liburan anda dan keluarga di Lawang Sewu lebih menyenangkan dan berkelas. Berikut adalah beberapa tips dari kami untuk digunakan sebagai referensi liburan:

  • Waktu terbaik untuk mengunjungi Lawang Sewu adalah liburan panjang.
  • Datanglah ke Lawang Sewu bersama orang tersayang dan dapatkan pengalaman liburan yang tak terlupakan.
  • Gunakan jasa biro perjalanan untuk liburan nyaman dan bebas stres di Lawang Sewu.
  • Bawa kamera dan cari foto terbaik dengan kamera terbaik.
  • Usahakan agar tubuh tetap prima saat berlibur di Lawang Sewu.

Galeri Foto Lawang Sewu

Bangunan bersejarah Lawang SewuIbu Iriana di Lawang Sewumenara bangunanPotret dari balkonPotret bangunan dari jalan raya

Source: www.tempatwisata.pro

Related Articles

Back to top button